SOLOPOS.COM - Edutorium UMS di Jl Adi Sucipto, Solo, yang akan menjadi lokasi pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah, 18-20 November mendatang. (Solopos.com/Suharsih)

Solopos.com, SOLO — Edutorium UMS yang berada di Karangasem, Laweyan, Solo, menjadi lokasi utama digelarnya acara akbar Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 pada 18-20 November 2022.

Bangunan super megah itu akan menjadi lokasi utama digelarnya acara tersebut. Namun, untuk pembukaan Muktamar Muhammadiyah dilakukan di Stadion Manahan pada hari ini, Sabtu (19/11/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mengutip situs resmi Muhammadiyah, gedung yang mampu memuat 10.000 orang ini disebut-sebut mirip dengan Stadion Allianz di Jerman. Pembangunan Edutorium UMS yang menelan biaya sebanyak Rp386 Milyar dan baru saja diresmikan oleh Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Juli 2021 lalu.

Berdiri di atas lahan seluas 54.842,78 m2 dengan luas bangunan 14.400 m2, Edutorium UMS yang jadi lokasi Muktamar Muhammadiyah ke-48 ini memiliki lima lantai dengan fasilitas super lengkap.

Baca Juga: Sosok di Balik Kemegahan Edutorium UMS yang Jadi Lokasi Muktamar Muhammadiyah

Beberapa di antaranya, halaman parkir yang bisa menampung 330 mobil dan 800 mobil. Selain itu,  terdapat musala dan main hall yang mampu menampung sekitar 4.000 orang. Kemudian ada tribune dengan built in seats sekelas bioskop berkapasitas 2.000 orang. Ditambah lagi dukungan area selasar yang luas memungkinkan gedung memuat 10.000 orang.

Edutorium UMS juga dibekali dengan sistem suara dan bunyi 78.000 watt, 1.000 kursi VIP, pendingin ruangan, panggung, petugas keamanan dan kebersihan.

Baca Juga: Edutorium UMS Punya Fasilitas Superlengkap, Mirip Allianz Arena

Di luar bangunan, area ini juga dilengkapi dengan kawasan ruang terbuka hijau milik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai tempat alternatif untuk berolahraga, bersantai, dan dilengkapi dengan danau, lintasan lari (jogging track), area bermain anak, serta restoran. Menurut rencana, Edutorium UMS bakal dilengkapi dengan Museum Peradaban Islam Asia Tenggara.

Meskipun memiliki fasilitas megah, ternyata harga sewa Edutorium UMS, lokasi Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo dibilang cukup terjangkau. Khusus acara pernikahannya, harga sewanya mencapai Rp75 juta saat hari kerja awal pekan. Sedangkan untuk akhir pekan, tarif sewa Edutorium UMS bagi masayrakat umum sebesar Rp100 juta.

Baca Juga: Lirik Lagu Muktamar Muhammadiyah di Solo, Ciptaan Haedar Nashir dan Eross

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya