SOLOPOS.COM - Gedung Edutorium UMS yang akan digunakan sebagai tempat penghelatan Muktamar Muhammadiyah ke-48. (Istimewa/@Muktamarmuhammadiyah.48).

Solopos.com, SOLO — Edutorium UMS yang berlokasi di Karangasem, Solo, Jawa Tengah, sebentar lagi akan menjadi lokasi acara akbat Muktamar Muhammadiyah ke-48 pada 18-20 November 2022.

Bangunan super megah itu akan menjadi lokasi utama digelarnya acara tersebut. Namun, untuk pembukaan Muktamar Muhammadiyah akan dilakukan di Stadion Manahan pada 19 November 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mengutip situs resmi Muhammadiyah, gedung yang mampu memuat 10.000 orang ini disebut-sebut mirip dengan Stadion Allianz di Jerman. Di balik kemegahan bangunan tersebut, ada sosok Muhammad Siam Priyono Nugroho yang merupakan arsitek Edutorium UMS.

Muhammad Siam Priyono merupakan dosen di program studi Arsitek UMS. Tak hanya Edutorium UMS, Muhammad Siam Priyono juga pernah menjadi arsitek perencana Masjid at-Tanwir, yang lokasinya berada di kompleks Kantor PP Muhammadiyah di Menteng Raya, Jakarta.

Baca Juga: Tak Hanya Gaji, Fasilitas yang Diterima Anthony Ginting dkk Setelah Jadi PNS

Menjadi lokasi Muktamar Muhammadiyah ke-48, Edutorium UMS menggabungkan lima fungsi, yaitu convention, celebration, exhibition, art space dan sport hall.

Pembangunan Edutorium UMS yang menelan biaya sebanyak Rp386 Milyar dan baru saja diresmikan oleh Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Juli 2021 lalu.

Baca Juga: Diresmikan Besok! Cek Profil Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang Tampak Megah

Berdiri di atas lahan seluas 54.842,78 m2 dengan luas bangunan 14.400 m2, Edutorium UMS yang bakal jadi lokasi Muktamar Muhammadiyah ke-48 ini memiliki lima lantai dengan fasilitas super lengkap.

Beberapa di antaranya, halaman parkir yang bisa menampung 330 mobil dan 800 mobil. Selain itu,  terdapat musala dan main hall yang mampu menampung sekitar 4.000 orang. Kemudian ada tribune dengan built in seats sekelas bioskop berkapasitas 2.000 orang. Ditambah lagi dukungan area selasar yang luas memungkinkan gedung memuat 10.000 orang.

Baca Juga: Dituduh Ngaspal Jalan Jogja Buat Nikahan Kaesang, Gibran: Jan Pinter Tenan!

Edutorium UMS juga dibekali dengan sistem suara dan bunyi 78.000 watt, 1.000 kursi VIP, pendingin ruangan, panggung, petugas keamanan dan kebersihan.

Di luar bangunan, area ini juga dilengkapi dengan kawasan ruang terbuka hijau milik UMS sebagai tempat alternatif untuk berolahraga, bersantai, dan dilengkapi dengan danau, lintasan lari (jogging track), area bermain anak, serta restoran. Menurut rencana, Edutorium UMS bakal dilengkapi dengan Museum Peradaban Islam Asia Tenggara.

Baca Juga: Sejarah Hari Ayah Nasional, Ternyata Lahir di Solo dan Diprakarsai Ibu-ibu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya