SOLOPOS.COM - Mahendra Siregrar (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Komisi XI DPR resmi menetapkan tujuh Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027 pada Kamis (7/4/2022).

Mahendra Siregar dan Mirza Adityaswara resmi menjadi Ketua dan Wakil Dewan Komisioner OJK jilid ketiga. Anggota Komisi XI dari Fraksi PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga, menuturkan bahwa pemilihan Anggota Dewan Komisioner OJK Periode 2022 -2027 dipilih melalui musyawarah mufakat.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Ya benar, [pemilihan Dewan Komisioner OJK] secara musyawarah mufakat bukan voting,” ujar Eriko kepada Bisnis, Kamis.

Baca Juga: Robot Trading – Pinjol Ilegal, Ini Isi Obrolan Santai OJK Solo dan SWI

Berikut adalah susunan Anggota Dewan Komisioner OJK 2022-2027:

– Ketua Dewan Komisioner: Mahendra Siregar

– Wakil Ketua Dewan Komisioner: Mirza Adityaswara

– Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan: Dian Ediana Rae

– Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal: Inarno Djajadi

– Kepala Eksekutif Pengawas IKNB: Ogi Prastomiyono

– Ketua Dewan Audit: Sophia Issabella Watimena

– Anggota yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen: Friderica Widyasari Dewi

Baca Juga: Robot Trading & Pinjol Ilegal, Ini Isi Obrolan Santai OJK Solo dan SWI

Sebelumnya, dalam paparan di uji kelayakan dan kepatutan, Mahendra menuturkan bahwa efektivitas kepemimpinan OJK yang bersifat kolektif bakal ditingkatkan.

Hal ini dilakukan agar pelaksanaan pengawasan lebih terintegrasi dan kualitas perlindungan konsumen meningkat.

Selain itu, penyesuaian dan penguatan struktur organisasi dan sumber daya manusia di industri keuangan non-bank dan pasar modal. I

ni bertujuan menjamin jalannya pengaturan dan pengawasan efektif seiring berkembangnya inovasi produk di masing-masing bidang.

Baca Juga: OJK: Bank Wakaf Mikro Salurkan Pembiayaan Rp87,2 Miliar Per Maret 2022

Sementara itu, Mirza Adityaswara menuturkan diperlukan transformasi dan pembenahan proses kerja internal OJK guna mewujudkan fungsi OJK yang menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan terintegrasi terhadap seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

“Pengalaman kami berada dalam OJK, transformasi proses kerja menjadi sangat penting agar terwujud menjadi OJK yang satu [terintegrasi],” kata Mirza dalam uji kepatutan dan kelayakan.

Izin Presiden

Sebelumnya, Mahendra Siregar mengaku sudah mendapat izin dari Presiden Joko Widodo dan Menlu Retno Marsudi untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi XI DPR sebagai Calon Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2022-2027.

“Saya telah memperoleh izin dari atasan saya, baik tentu Bapak Presiden dan Ibu Menlu. Hal itu tentu dalam penugasan, Insya Allah jika dipercaya, saya fokus akan kepada Ketua OJK, dengan kata lain tidak untuk posisi yang lain,” kata Mahendra dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu seperti dilansir Antaranews.

Meskipun pada jabatan terakhirnya, Mahenrda menempati posisi di luar industri jasa keuangan, ia meyakini dapat memberikan kontribusi signifikan karena memiliki bekal pengalaman yang melimpah di industri keuangan.

Ia menjelaskan pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan dan sekaligus sebagai Ketua Harian Komite Stabilitas Sektor Keuangann (KSSK) yang anggotanya terdiri dari Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Wakil Ketua OJK, dan Wakil Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).



Baca Juga: Disetujui DPR, Ini Anggota Dewan Komisioner OJK yang Baru

Oleh karena itu, Mahendra mengklaim cukup memahami tugas OJK terkait dengan fungsi pengaturan dan pengawasan industri jasa keuangan serta peran koordinasi dengan lembaga lainnya dalam KSSK.

Ia juga menyampaikan pernah bermitra dengan Komisi XI DPR RI saat penyusunan Rancangan Undang-Undang OJK Nomor 21 Tahun 2011.

Mahendra juga tercatat pernah menjadi Wakil Menteri Perdagangan RI dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai CEO Indonesia Eximbank. Saat ini, Mahendra juga merupakan Komisaris Utama PT Sarana Multi Infrastruktur Persero.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya