SOLOPOS.COM - Tangkapan layar situs jual beli properi rumah.com yang menawarkan tanah di Ngargoyoso, Karanganyar. (Dok)

Solopos.com, KARANGANYAR — Wilayah Kecamatan Ngargoyoso kini tela menjelma menjadi kawasan wisata utama di Kabupaten Karanganyar selain Tawangmangu. Sama-sama berada di kaki Gunung Lawu, Ngargoyoso juga menawarkan kesejukan dan keindahan alam yang tak kalah dengan Tawangmangu.

Di saat Tawangmangu terlalu padat dengan wisawatan, banyak orang yang menjadikan Ngargoyoso sebagai destinasi alternatif yang tak kalah mengasyikkan. Di kecamatan ini banyak objek wisata yang recommended untuk didatangi. Sebut saja kebun teh kemuning dan Air Terjun Jumog.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Transformasi Ngargoyoso menjadi kawasan wisata berdampak selain pada geliat ekonomi warganya, juga mendongkrak harga tanah di sana. Kini, sulit didapai harga tanah pekarangan dengan harga di bawah Rp500.000 per meter persegi. Rata-rata sudah menyentuh jutaan rupiah per meter perseginya.

Baca Juga: Di Jlono Ngargoyoso, Umat Kristen dan Hindu Ikut Bangunkan Sahur

Kepala SMKN Ngargoyoso, Sukidi, mengaku pernah dimintai tolong seorang temannya asal Solo untuk dicarikan tanah di Ngargoyoso untuk dibangun rumah. Setelah bertanya ke sejumlah warga, rata-rata harganya sudah di atas Rp1 juta bahkan mencapai lebih dari Rp2 juta tergantung lokasi. “Meski lokasinya jauh dari kota, harga tanah di sini [Ngargoyoso] tak kalah dengan di kota. Karena di sini sudah jadi kawasa wisata,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com, belum lama ini.

Pada Senin (11/4/2022), Solopos.com mencoba mengecek harga tanah di marketplace rumah.com terlihat memang harga tanah di Ngargoyoso rata-rata sudah menyentuh jutaan rupiah per meter persegi.

Contoh tanah di Desa Kemuning, Ngargoyoso, tanah seluas 240 meter persegi ditawarkan dengan harga Rp240 juta. Di situs yang sama, tanah pekarangan masih di Kemuning yang disebut oleh penjualnya cocok untuk dibangun restoran dan homestay dijual dengan harga Rp5,455 miliar dengan luas 2.182 meter persegi, atau Rp2,5 juta/meter persegi.

Baca Juga: Hujan Lebat, Sejumlah Dusun di Ngargoyoso Diterjang Tanah Longsor

Informasi serupa didapat saat membandingkannya dengan situs jual beli rumah123.com. Tanah di Ngargoyo seluas 1.100 meter persegi dijual Rp1,7 miliar. Lokasinya di dekat Pasar Kemuning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya