SOLOPOS.COM - Pohon salam berusia 630 tahun di Punden Sumber Lanang, Dusun Badan, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar tumbang Senin (30/12/2019) dini hari. (istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR - Empat potongan pohon berusia ratusan tahun di Dusun Badan, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar yang tumbang pada Senin (30/12/2019) dijual oleh masyarakat. Hasil penjualan empat potongan pohon tersebut akan digunakan untuk merevitalisasi kerusakan dan pembangunan.

Penanggung jawab penjualan batang pohon, Eko Wuryanto, mengatakan sebelum dijual, masyarakat sudah merundingkan hal tersebut terlebih dulu dengan juru kunci Punden Sumber Lanang dan para sesepuh.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Megah! Gedung Terpadu Setda Sukoharjo Punya 10 Lantai

Berdasarkan musyawarah menurutnya dihasilkan keputusan empat potong batang pohon dari total 10 potong akan dijual. Uang hasil penjualan menurutnya akan digunakan untuk memperbaiki kerusakan dan membangun tempat tersebut.

“Jadi memang tidak ada yang menentang karena uang hasil penjualan akan digunakan untuk perbaikan kerusakan. Akan dialirkan ke situ lagi juga. Sebelumnya kami sudah ngomong ke juru kunci dan sudah diizinkan. Kami melakukan musyawarah dulu sebelum memutuskan karena pohonnya sudah berusia ratusan tahun dan berada di punden,” beber dia kepada Solopos.com, Selasa (7/1/2020).

Menurutnya saat ini sudah ada beberapa orang yang menawar untuk membeli empat batang pohon salam berusia ratusan tahun tersebut. Keempat potongan pohon berdiameter sekitar 1 meter tersebut ditawarkan seharga Rp15 juta. Enam sisa potongan batang pohon menurutnya akan digunakan untuk membuat bangunan di kawasan sekitar punden.

“Kemarin sudah ada yang menawar. Saat ini sedang dalam proses negosiasi harga. Nanti sisanya mau dibuat gazebo untuk di sana. Karena totalnya kan 10 potong dan diputuskan dijual empat potong. Uangnya itu selain untuk memperbaiki juga untuk menutup biaya evakuasi yang masyarakat lakukan,” imbuh dia.

Eli Nasoka Batal Gabung, Persis Solo Beralih Incaran

Seperti diketahui, Pohon berusia ratusan tahun di Dusun Badan, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, tumbang Senin (30/12/2020) dini hari. Diduga pohon tumbang lantaran akar yang sudah lapuk dan tidak kuat menahan pohon yang besar dan tinggi.

Pohon Salam itu tumbang menimpa bangunan gapura yang ada di sebelah Pasar Mbathok. Kejadian tumbangnya pohon diduga pada pukul 01.30 WIB. Tak ada korban jiwa akibat dari tumbangnya pohon tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya