SOLOPOS.COM - Sejumlah peserta gowes berfoto bersama saat pelaksanaan gowes bareng ITNY, Aptisi, dan LLDikti Wilayah V Yogyakarta

Solopos.com, KULON PROGO–Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menjadi tuan rumah dalam gowes bersama Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) dan Lembaga Layanan Pendidikaan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Yogyakarta.

Rektor ITNY, Dr. Ir. Ircham, M.T mengatakan melalui kegiatan ini juga untuk menjalin keakraban dan kerja sama dalam menggaet mahasiswa baru untuk mengenyam pendidikan di DIY.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Baca Juga: PT Freeport Siap Tingkatkan Kerja Sama dengan ITNY di Berbagai Bidang

“Sehingga bisa saling bersinergi tanpa harus bersaing satu sama lain,” ujar dia di sela-sela kegiatan gowes, Minggu (20/3/2022).

Rektor ITNY menambahkan setelah ITNY menjadi tuan rumah gowes, dilanjutkan pada dua bulan kemudian AKPRIND dan dilanjutkan UII.

Kepala LLDikti Wilayah V Yogyakarta, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D menambahkan gowes ini diikuti oleh 3 kepala lembaga, 15 rektor, dan beberapa pejabat. Diketahui, LLDikti wilayah V Yogyakarta membawahi 102 perguruan tinggi swasta.

Sehingga ajang gowes bersama bisa dijadikan saling tukar menukar informasi terbaru baik akreditasi dan program kuliah yang dikemas melalui kampus merdeka.

Baca Juga: Mahasiswa ITNY Naik Podium di Ajang Grasstrack di Sulawesi

Program ini mulai disosialisasikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 3 Tahun 2020. Seperti program magang, kampus mengajar, pendanaan, kompetitif dan program lainnya.

“Jadi bisa untuk silaturahmi, olahraga sekaligus membangun jaringan yang dilakukan secara gotong royong untuk memajukan pendidikan di DIY,” jelas dia.

Sementara, Ketua Aptisi V, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D menambahkan acara ini bisa untuk membangun forum komunikasi yang lebih cair antarpihak, dari LLDikti, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi), dan pemerintah daerah (pemda).

“Saya berharap acara bisa ikut meningkatkan ekonomi lokal,” papar dia.

Sedangkan Ketua gowes, Prof. Dr Edy Suandi Hamid.,M.Ec mengatakan rute gowes ditempuh mulai dari halaman kampus ITNY di Kalibawang hingga Kopi Ingkar Janji di Girimulyo berjarak sekitar 11,6 kilometer.

Dalam gowes ini juga mengundang dari Menoreh Bikers yang mayoritas beranggotakan pejabat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo.

Staf ahli Bupati Kulon Progo, Bambang Sutrisno, yang juga anggota Menoreh Bikers mengapresiasi acara ini dengan gowes bareng yang mengambil rute di wilayah paling barat DIY dalam mendukung program Bela Beli Kulon Progo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya