SOLOPOS.COM - Cessna Citation Latitude. (tangkapan layar Youtube/Fitra Eri)

Solopos.com, SOLO-Jet pribadi yang diaku sebagai milik Juragan 99 diketahui merupakan jenis Cessna Citation Latitude, lalu apa sajakah keunggulannya? Proyek Citation Latitude diumumkan oleh Cessna di konvensi tahunan NBAA Oktober 2011.

Sebelumnya, Gilang Widya Pramana alias Juragan 99 melalui kuasa hukumnya telah mengakui bahwa jet pribadi jenis Cessna Citation Latitude itu merupakan kontrak kerja sama alias leasing.  Kendati demikian saat pesawat itu kali pertama datang dari Amerika Serikat dan mendarat di Indonesia, Gilang sempat mengakui telah membeli pesawat itu.  “Ini pesawat pertama Cesna Citation Latitude di Indonesia. Pesan dari September 2020 dan Desember akhir datang. Baru kemarin landing di Halim dari Amerika lalu ke Surabaya. Harga terjangkau tapi fasilitas luas dan yang pasti pesawat nyaman jadi banyak yang merekomendasikan ini. Iya, ini yang pertama kali,”papar Gilang dikutip dari kanal Youtube Fitra Eri pada Rabu (23/2/3033).

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Dikutip dari situs resmi Cessna pada Rabu (23/3/2022), Citation Latitude adalah pesawat pertama di kelasnya yang mendorong tingkat kenyamanan sehingga memiliki banyak keunggulan.  “tambahan inovasi cerdas, kinerja terdepan di kelasnya, kabin yang luas, dan perlengkapan standar yang melampaui ekspektasi menengah. Semua ini dengan harga untuk kinerja jet lain tidak bisa menandingi. Jet Cessna Citation Latitude menawarkan lantai datar yang lebar dengan kabin berdiri setinggi 6 kaki dengan harga menengah,” demikian tulis Cessna.

Baca Juga: Status Jet Pribadi Juragan 99 Terkuak Berkat Kecurigaan Warganet

Citation Latitude diluncurkan sebagai pesawat yang lebih besar daripada Cessna Citation XLS + dan lebih murah daripada Citation Sovereign. Pesawat ini memiliki kapasitas tempat duduk 9 dan fitur mesin turbofan kembar Pratt & Whitney Canada PW306D. Seperti Citation lain, Citation Latitude menampilkan ekor salib.

Sejak kali pertama diluncurkan pada 2015 lalu, sampai sekarang baru ada 200 Cessna Citation Latitude di seluruh dunia. Pesawat dengan bentang sayap dari kiri ke kanan 22 km ini mampu terbang hingga ketinggian 13.000 km lebih di atas permukaan tanah dengan kecepatan mencapai 800 km/ jam.

Interior kabin penumpang didominasi kulit dan kayu sehingga terlihat mewah.  “Di dalam kabin ini tuh bau kulitnya kayak [di dalam mobil] Bentley,” ujar Youtuber Om Mobil mengulas jet pribadi Juragan 99 saat kali pertama terbang seperti dikutip dari kanal Youtube Om Mobi pada Rabu (23/3/2022).

Baca Juga: Koleksi Mobil Juragan 99, dari Tesla Hingga Supercar McLaren

Pesawat juga dilengkapi dengan toilet yang dioperasikan dengan tombol sentuh untuk urusan flushing. Saat toilet tidak digunakan, dudukan toilet bisa berubah fungsi menjadi bangku penumpang.

Sedangkan di area kemudi menggunakan glass cabin dan layar sentuh.  Setirnya lapis kulit sehingga terlihat mewah. Dari urusan kelistrikan, bahan bakar, tekanan dalam kabin dan sebagainya semua bisa dipantau dan dikontrol dari kabin pengemudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya