Inspektorat Solo: Tak Ada Penyimpangan Dana Bantuan RTLH di Mojosongo

Inspektorat Kota Solo memastikan tidak ada penyimpangan dana bantuan sosial perumahan swadaya atau RTLH yang diduga dipakai membangun kamar lantai II di Mojosongo, Jebres.

 Ilustrasi rumah (JIBI/Solopos/Dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Inspektorat Kota Solo telah melakukan penyelidikan terkait dugaan penyimpangan penggunaan dana Bantuan Sosial Perumahan Swadaya (BSPS) atau biasa disebut bantuan RTLH (rumah tidak layak huni) di Kelurahan Mojosongo, Jebres.

PromosiDesain dan Konsep IKN Nusantara Sepenuhnya Kota Masa Depan

Hasilnya, petugas Inspektorat tidak menemukan adanya penyimpangan penggunaan dana tersebut, termasuk pada rumah yang dibangun dengan kamar di lantai II. Penjelasan itu disampaikan Kepala Inspektorat Solo, Lilik Joko Saptyanto, kepada Solopos.com di kantornya, Senin (29/11/2021).

“Yang di Mojosongo, dari hasil pengecekan kami, bangunan awalnya sudah memenuhi [syarat]. Kalau ada bangunan [warga penerima] berlantai dua, itu swadaya. Awalnya tidak berlantai dua,” ujarnya.

Baca Juga: Libur Sekolah & ASN Solo Dipersingkat, Gibran: Biar Tak Pulang Kampung

Kepala Inspektorat Solo itu menjelaskan dana bantaun perbaikan RTLH merupakan bantuan stimulan dari pemerintah pusat bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Penyaluran dana bantuan dari pusat melalui Balai Perumahan Swadaya di Semarang.

Dana bantuan disalurkan melalui rekening warga penerima. Nilai dana BSPS Rp20 juta per penerima yang terdiri atas Rp17,5 juta untuk pembelian material bangunan dan Rp2,5 juta untuk jasa tukang bangunan.

Sedangkan untuk tenaga fasilitator lapangan (TFL), menurut Lilik, juga dibiayai APBN. TFL bertugas memverifikasi calon penerima, menyetujui daftar penerima hibah, hingga tahap pelaksanaan dan laporan.

Baca Juga: Suporter Persis Solo Nekat Konvoi Rayakan Keberhasilan Masuk 8 Besar

Data E-SIK

“Artinya kalau semua begitu, berarti pertanggungjawabannya TFL langsung ke Balai Ruswa-Rumah Swadaya di Semarang di bawah Kementerian PUPR. Kewenangan Pemkot sediakan data penerima hibah,” urainya.

Pada tahun ini, menurut Lilik, ada 1.000 unit RTLH di Solo yang mendapat bantuan dana BSPS. Sebanyak 100 unit di antaranya berada di Kelurahan Mojosongo, Jebres. Daftar penerima BSPS dari data E-SIK Dinsos Solo.

Data itu, menurut Lilik, berisi warga atau penduduk miskin Kota Bengawan. “Karena Pemkot sudah punya data E-SIK, maka diambilkan dari situ. Dari Dinas Sosial Solo. Verifikasinya oleh TFL. Syaratnya cukup ketat,” terangnya.

Baca Juga: FPKS DPRD Solo Dukung Pelarangan Konsumsi Daging Anjing

Selain syarat MBR, Lilik menerangkan dana BSPS hanya bisa diperuntukkan pembangunan aset yang berstatus hak milik. Tanah yang berstatus magersari atau sewa tidak boleh mendapatkan kucuran dana BSPS atau RTLH.

“Kalau orang punya aset lain, punya dua aset tidak boleh. Dari sisi bangunan juga yang bisa didanai BSPS itu untuk struktur nonfondasi. Kalau fondasi ndak boleh. Kolom, balok, dan struktur atap, itu peruntukannya,” katanya.

Lilik menegaskan dana BSPS hanya bersifat stimulan sehingga memang diharapkan ada dana swadaya pembangunan dari warga penerima. Untuk penerima dana BSPS di Sabrang Lor, Mojosongo, sudah sesuai kriteria. Sebelum dibangun dengan dana BPSPS, rumah warga sudah dicek dan memenuhi syarat yang ditentukan.

Sebelumnya, perbaikan rumah menggunakan dana bantuan RTLH atau BSPS di wilayah Mojosongo, Jebres, Solo, menjadi sorotan karena diduga dipakai membangun kamar lantai II. Hal itu dinilai tidak tepat sasaran.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Kasus Covid-19 Meningkat, Klaten Kembali Perketat Pendatang

Kasus Covid-19 Klaten meningkat berawal dari para perantau yang berdatangan ke Klaten.

Ada Penyelundupan Narkoba, Tes Urine Warga Binaan Rutan Solo Negatif

Hasil tes urine secara acak terhadap 15 penghuni sel narkoba di Rutan Solo diketahui negatif. Tes urine ini menindaklanjuti penyelundupan jeruk berisi benda diduga sabu-sabu.

Peduli, Polres Klaten Bedah Rumah Warga di Karanganom

Kegiatan bedah rumah itu dilakukan bersama Kodim Klaten, Pemerintah Desa (Pemdes) Kunden, sukarelawan, dan elemen warga lainnya di Karanganom dan sekitarnya.

Pemkot Solo Siapkan 3 Lokasi Darurat bagi Pedagang Pasar Mebel Gilingan

Selama pembangunan sentra IKM, sebanyak 85 pedaagang Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, akan dipindahkan sementara ke pasar darurat di tiga lokasi.

Keren, Desa Pondok Klaten Ubah TPS Liar Jadi Taman-Fasilitas Olahraga

Pembangunan kawasan taman sekaligus fasilitas olahraga di lahan tanah kas desa seluas kurang lebih 5.000 meter persegi itu menjadi bagian penataan wajah desa di Pondok.

Penyelundupan Barang ke Rutan Solo Masih Terjadi, Terus Apa Solusinya?

Penyelundupan barang-barang terlarang ke dalam Rutan Solo masih saja terjadi meski pengamanan dan pemeriksaan sudah sangat ketat.

Menyusut 34,43 Persen, Alokasi Pupuk Subsidi NPK di Wonogiri 6.391 Ton

Alokasi awal pupuk bersubsidi jenis NPK Phonska sebesar 17.752 ton atau 34,43 persen dari rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK).

DPRD Karanganyar Minta Pemerintah Beri Solusi Bagi Tenaga Honorer

Wakil Ketua DPRD Karanganyar meminta pemerintah tidak serta merta menghapus tenaga honorer tanpa memberi solusi bagaimana nasib masa depan mereka.

Angka Kasus Covid-19 Karanganyar Naik Lagi, Jangan Abaikan Prokes

Dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Karanganyar. Warga diminta waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Belum Punya Kartu Tani? Petani Boyolali Bisa Bawa KTP Saat Tebus Pupuk

Penyerapan pupuk bersubsidi tak optimal tersebut lantaran ada kendala yang dihadapi, salah satunya petani Boyolali yang belum memiliki kartu tani.

Tak Ada Proteksi, Pengusaha Bus Lokal Wonogiri Semakin Tergerus

Ada dua proteksi yang diharapkan pengusaha bus AKAP lokal Wonogiri, yakni pemberian izin trayek sesuai faktor muat penumpang atau loadfactor dan pembatasan akses bus AKAP dari luar daerah sampai terminal tipe A.

Nunggak Pajak, Aset Satu Perusahaan di Solo Disita KPP Pratama

KPP Pratama Surakarta menyita aset salah satu perusahaan di Kota Solo yang menunggak pembayaran pajak. Penyitaan diharapkan memberi efek jera.

Coba Terapi Pasien Stroke, Pejabat Sukoharjo Ini Puji Layanan RSIS Yarsis

Efek terapi TMS di RS Yarsis bisa dirasakan oleh pasien secara bertahap, tergantung perkembangan kondisinya.

Wow! Komunitas Sedekah Sampah Indonesia Hargai Jelantah dengan Emas

Ketua Komunitas Sedekah Sampah Indonesia, Danang Widyatmoko, menunjukkan emas murni yang disiapkan untuk ditukar dengan jelantah di gudang komunitas, Dukuh Krajan, Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah, Jumat (28/1/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Wujudkan Wisata Heritage Kestalan, Camat Banjarsari Belajar ke Kemukus

Camat Banjarsari Solo Beni Supartono Putro berencana melakukan studi banding ke kawasan Kemukus, Sragen, terkait upaya mengembangkan wisata heritage di Kestalan.