SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo jalani pengambilan swab di Setda Solo, Sabtu (25/7/2020). (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo atau akrab disapa Rudy memastikan hasil tes swab terhadap dirinya menunjukkan negatif Covid-19.

"Yang jelas saya pun juga negatif [Covid-19]. Hasilnya keluar kemarin," kata Wali Kota Solo, dalam rekaman pernyataan yang dikirimkan kepada wartawan, Rabu (29/7/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rudy menjelaskan karena tugas-tugasnya banyak berhadapan dengan masyarakat, dirinya meminta hasil swab didahulukan. Sebelumnya diberitakan, Rudy dan sejumlah orang lainnya dari berbagai kalangan diuji swab setelah Wakil Wali Kota (Wawali) Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19 pada pekan lalu.

"Saya minta didahulukan. Hasil saya negatif. Swab yang dulu Hari Sabtu dan Minggu [17-18/7/2020] negatif semua," kata Rudy.

Lebih lanjut Wali Kota membeberkan kiatnya saat ditanya soal upaya menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Kalau saya tidak lawaran artinya ada niat yang tulus. Bukan lawaran kita punya kemampuan di luar itu, tidak. Kita punya prinsip dulu dan punya niat bahwa saya nggak akan nulari tapi protokol kesehatan harus diterapkan," jelas dia.

Hasil Tes Swab Wawali Solo Negatif Covid-19, Begini Penjelasan Wali Kota dan DKK

Rudy juga memaparkan tiga kunci yang menurutnya ampuh menangkal Covid-19.

"Kuncinya ada tiga, tidak boleh stres, ndak boleh takut dan ndak boleh marah. Kalau saya cengengesan itu untuk meningkatkan imun," ungkap dia.

Rudy juga mengaku rutin mengonsumsi jamu herbal untuk memperkuat daya tahan tubuhnya.

Sebelumnya, Wawali Solo Achmad Purnomo telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.Wawali dinyatakan negatif Covid-19 setelah melakoni uji swab ketiga pada Jumat (24/7/2020) atau selang sepekan dari uji swab pertama dan kedua pada Jumat (17/7/2020) dan Sabtu (18/7/2020).

Uji swab Covid-19 ketiga tersebut dilakukan Achmad Purnomo secara mandiri di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo. Hasil diagnosis menyebut RNA virus Covid-19 tidak terdeteksi di swab nasofaring dan orofaringnya.

Positif Corona Solo Jadi 250 Orang, Klaster Nakes Tambah 5 Kasus Baru

Dalam dokumen diagnosis yang dikirimkan Purnomo kepada wartawan disebutkan hasil 'tidak terdeteksi' tidak menyingkirkan dugaan infeksi Covid-19. Artinya tidak terdeteksi bukan berarti Purnomo tidak terpapar virus corona.

Salah Satu Proses

Diperlukan korelasi klinis dengan riwayat pasien dan informasi diagnostik lain untuk memastikan Purnomo benar-benar bebas Covid-19.

Rudy pun memastikan Wawali telah negatif Covid-19.

"Hasilnya Pak Pur [Achmad Purnomo) setelah di-swab tanggal 28 [Juli 2020] kemarin itu saya minta untuk dipercepat. Sehingga diantar sendiri dan hasilnya sudah keluar dan negatif [Covid-19]," kata Rudy.

"Artinya ketika beliau swab tanggal 17 & 18 [Juli] keluar tanggal 23 positif dan beliau swab tanggal 24 keluar tanggal 27 negatif, ini merupakan salah satu proses. Proses inkubasi mulai Bapak Wakil Wali Kota mulai rapid test dengan hasilnya di ambang batas lantas melakukan swab dan hasilnya positif. Sehingga masa inkubasi OTG [orang tanpa gejala] itu, karena beliau sehat bugar, itu bisa tujuh hari memenuhi persyaratan [kesehatan]. Kira-kira menurut ilmu kedokteran begitu," urai Rudy.

Wawali Solo Sembuh Dari Covid-19 Lebih Cepat Atau Deteksi Virusnya Yang Terlambat?

Kendati Wawali Solo sudah dinyatakan negatif Covid-19, Wali Kota meminta Purnomo tetap melakukan isolasi selama 14 hari.

"Saya minta [Wawali] untuk istirahat dulu selama 14 hari. Biar tenang dulu. Tapi yang jelas saya pun juga negatif [Covid-19]. Hasilnya keluar kemarin," kata Wali Kota Rudy.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya