Tutup Iklan

Ini Target Waktu Pembebasan Lahan Tol Jogja Solo Seksi 1

Proses pembebasan lahan jalan tol Jogja Solo di Purwomartani, Kalasan sudah menyerap anggaran Rp344 miliar.

 GM Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Margo Makmur MT Amin (kiri) bersama warga Cupuwatu 2 Purwomartani Kalasan yang menerima UGK pembangunan jalan Tol Jogja-Solo, Selasa (26/10). (Harian Jogja-Abdul Hamid Razak)

SOLOPOS.COM - GM Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Margo Makmur MT Amin (kiri) bersama warga Cupuwatu 2 Purwomartani Kalasan yang menerima UGK pembangunan jalan Tol Jogja-Solo, Selasa (26/10). (Harian Jogja-Abdul Hamid Razak)

Solopos.com, SLEMAN– Proses pembebasan lahan jalan tol Jogja Solo di Purwomartani, Kalasan sudah menyerap anggaran Rp344 miliar. Jumlah tersebut belum termasuk penyaluran uang ganti kerugian (UGK) untuk Cupuwatu senilai Rp126 miliar.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Jogja-Solo, Wijayanto mengatakan pemerintah menyalurkan UGK kepada warga Cupuwatu 2. Penyaluran UGK digelar dalam dua hari, Selasa (26/10/2021) sebanyak 50 warga dan Rabu (27/10) sebanyak 40 warga.

“Untuk Cupuwatu 2, dana UGK yang salurkan sebesar Rp126 miliar sebanyak 96 bidang. Hari ini [kemarin] diberikan kepada 50 pemilik bidang. Besok [Kamis] bagi 46 pemilik bidang,” katanya, Selasa (26/10).

Baca juga: Cinta Ditolak, Pemuda Ini Sebar Foto Bugil ABG Gebetan di Medsos

Dia menjelaskan, hingga Oktober ini dana UGK yang disalurkan pemerintah untuk pembebasan lahan tol Jogja Solo sudah sebesar Rp1,93 Triliun. Dana tersebut disalurkan untuk membebaskan 157,95 hektare atau 1.924 bidang.

Sebagian besar lahan yang dibebaskan berada di Jawa Tengah. Rinciannya, sebanyak 1.631 bidang atau 145,5 hektare dengan dana UGK yang disalurkan sebesar Rp1,58 triliun. Sementara DIY baru mencapai sebanyak 293 bidang atau 12,4 hektare dengan dana UGK yang disalurkan sebesar Rp344 miliar.

“Ini belum termasuk Cupuwatu 2. Kami masukkan setelah ada berita acara realisasi karena bisa jadi ada yang diretur,” katanya.

Baca juga: Gempa Bantul Pagi Ini, Hanya Terasa 5 Detik

Konstruksi Tol Jogja Solo

Disinggung soal kelanjutan kegiatan musyawarah warga Temanggal 1, Kalasan, ia belum dapat memastikan jadwalnya. Jika masih memungkinkan, kegiatan musyawarah warga Temanggal 1 akan digelar pada November mendatang.

“Kalau masih ada sisa anggaran musayawarah warga Temanggal 1 kami gelar November. Sehingga diharapkan UGK Tol Jogja Solo bisa disalurkan pada awal tahun depan. Kalau Desember tidak memungkinkan karena LMAN tutup tahun,” katanya.

GM Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Margo Makmur MT Amin mengatakan secara umum proses pembebasan lahan baik di DIY maupun Jateng berjalan lancar. Konstruksi tetap berjalan di Kartasura, Jawa Tengah. Untuk di Purwomartani, katanya, masih menyelesaikan proses kliring lahan.

“Mungkin setelah Cupuwatu selesai dibebaskan kegiatan konstruksi bisa dilakukan. Mungkin dilaksanakan tahun ini, tapi saya masih perlu koordinasi dengan tim konstruksi dulu,” katanya.

Baca juga: Ngeri! Wisatawan Di Bantul Temukan Bangkai Penyu Tanpa Kepala

Pihaknya menargetkan seluruh pembebasan lahan untuk Tol Jogja Solo bisa selesai maksimal pada pertengahan tahun 2022. Sebab selain menjadi batas waktu berlakunya Penlok (penetapan lokasi), pemerintah menyediakan dana Rp3 triliun untuk menyelesaikan pembebasan sisa lahan untuk seksi 1 di Klaten dan Sleman.

“Untuk anggaran tahun depan disediakan Rp5 triliun. Untuk menyelesaikan pembebasan lahan disediakan Rp3 triliun. Insyaallah pertengahan tahun depan selesai sebelum Penlok selesai Juli tahun depan semua sudah bisa dibebaskan. Keburu Penlok habis,” katanya.

Salah seorang warga Cupuwatu 2 penerima UGK Purwantara mengatakan dua bidang tanah sawahnya terkena proyek jalan tol sekitar 1400 meter persegi. Ia mengaku UGK yang diterima sesuai dengan ekspektasinya. Bahkan dana yang diterima dibelikan sawah lagi.

 

 


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Diperiksa Polda DIY Gara-Gara Video Vulgar di YIA, Apa Status Siskaeee?

Terduga pemeran video tak senonoh yang terjadi di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) beberapa waktu lalu,  tiba di Polda DIY, Minggu (5/12/2021) untuk menjalani pemeriksaan.

Kronologi Penangkapan Siskaeee, Wanita Pamer Genitalia di Bandara YIA

Aparat Polda DIY menjelaskan kronologi penangkapan Siskaeee, perempuan yang diduga merekam dengan video aksi ekshibisionisme di Bandara YIA, Kulonprogo, dan viral di medsos.

Polisi Ungkap Fakta Baru Diduga Siskaeee Pamer Payudara-Kelamin di YIA

Polisi mengungkap bahwa kasus eksibisionis yang dilakukan perempuan diduga Siskaeee di Bandara YIA menjadi catatan penting bagi Polres Kulonprogo.

Banjir Lahar Dingin Merapi, Bupati Sleman Tetapkan Tanggap Darurat

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menetapkan status tanggap darurat bencana banjir lahar dingin Gunung Merapi.

Sleman Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Lahar Dingin Merapi

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menetapkan status tanggap darurat banjir lahar dingin Merapi agar upaya penanganannya bisa lebih cepat dilakukan.

Kunjungi Seniman Bantul, Rachmat Gobel Pesan 6 Robot dari Motor Rosok

Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel mengapresiasi usaha kreatif Eri Sudarmono, 42, warga Bantul yang menyulap motor tua menjadi replika robot.

Libur Akhir Tahun Mau Ke Jogja? Ketahui Dulu 3 Lokasi Penyekatan Ini

Penyekatan akan kembali dilakukan Pemprov DIY di tiga lokasi pada libur Nataru mendatang. Akan ada pemeriksaan sampel pula untuk mendeteksi penyebaran Covid-19.

Dinas Kebudayaan DIY Salurkan Gamelan ke Pesantren, Jadi Media Dakwah

Dinas Kebudayaan DIY menyalurkan seperangkat gamelan kuningan pelog dan slendro kepada sejumlah pesantren.

Bikin Susah, Warga Nanggulan Tolak Penambangan Pasir Kali Progo

Sejumlah warga dari Kapanewon (Kecamatan) Nanggulan, Kulonprogo, mengeluhkan aktivitas penambangan pasir di sekitar Kali Progo.

Disdikpora Bantul Usulkan Gerakan Pasermas Lidi, Apa Maksudnya?

Disdikpora Bantul mengatakan, secara regulasi belum ada aturan yang mengatur keterlibatan masyarakat itu dalam dunia pendidikan.

Pemkot Jogja Tidak Lakukan Pendataan Jaminan Sosial 2021, Ini Alasannya

Pemerintah Kota Jogja tidak mendata ulang keluarga sasaran jaminan perlindungan sosial pada 2021. Pemkot menggunakan data tahun lalu.

Ini Dia! Sosok Siskaeee yang Disebut Pamer Organ Vital di Bandara YIA

Sosok pengguna akun siskaeee tengah ramai dibicarakan setelah video viral perempuan yang memamerkan payudara dan alat vital di Bandara YIA.

Tak Ada CCTV, Tempat Diduga Siskaeee Pamer Payudara-Kelamin di YIA

Perempuan diduga Siskaeee melakukan aksi eksibisionisme di akses jalan penghubung antara lantai satu dan dua parkir Bandara YIA yang tidak terpasang cctv dan jarang dilalui orang.

Kata Bandara YIA Soal Perempuan Pamer Payudara dan Kelamin di Parkiran

PT AP I (Persero) selaku pengelola Bandara YIA merasa dirugikan oleh perempuan yang melakukan aksi eksibisionisme, yakni pamer payudara dan kemaluan di lantai dua parkir Bandara YIA.

+ PLUS PKL Harus Pindah agar Malioboro Menjadi Mirip Orchard Road

Konsep besar yang segera direlisasikan adalah mengembangkan Malioboro menjadi seperti kawasan Orchard Road di Singapura. Basisnya adalah penataan dan pemberdayaan sumbu filosofis keraton dan Kota Jogja.

Polisi Kantongi Identitas Perempuan Pamer Payudara dan Kelamin di YIA

Polres Kulonprogo mengantongi identitas perempuan yang diduga melakukan aksi eksibisionisme di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).