Kategori: Bisnis

Ini Strategi Perusahaan Jasa Pengiriman Sambut Banjir Paket Jelang Lebaran


Solopos.com/Bisnis/Anitania Widya Puspa

Solopos.com, JAKARTA -- Perusahaan jasa pengiriman menyiapkan berbagai hal untuk menyambut lonjakan pengiriman paket sebagai dampak kenaikan belanja online jelang Lebaran.

Meski masih dilanda pandemi, nyatanya belanja online tetap tinggi, begitu pun pengiriman paket. Apalagi menjelang Lebaran di mana masyarakat biasanya meningkatkan konsumsi produk makanan maupun fashion.

Dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber, berikut sejumlah strategi yang diterapkan perusahaan jasa pengiriman menyambut banjir paket jelang Lebaran. Ada yang memaksimalkan promo gratis ongkos kirim (ongkir) hingga memberikan layanan super cepat.

Baca juga: Fin Bledhex, Mobil Listrik Segala Medan Buatan Asli Cimahi

TIKI

PT. Citra Van Titipan Kilat alias TIKI bekerja sama dengan Wehelpyou untuk memperluas jangkauan pemesanan daring terhadap berbagai produk selama Ramadan 2021.

Direktur Utama TIKI Yulina Hastuti mengatakan kerja sama ini semakin menambah pilihan jasa kurir bagi pelanggan Wehelpyou yang sesuai dengan kebutuhan.

Melalui kerja sama ini, para pelanggan dapat mengakses berbagai pilihan pengiriman paket, mulai dari Same Day Service (SDS), Over Night Service (ONS), Regular (REG), Economy (ECO), dan Trucking (TRC).

Baca juga: SpaceX Teken Kontrak Rp42 Triliun untuk Bangun Wahana Pendaratan di Bulan

Ke depannya, layanan TIKI PUTAR atau layanan kurir instan unggulan TIKI yang menawarkan pilihan pengantaran hingga 3 jam pada hari yang sama juga akan tersedia di Wehelpyou.

“Selain kemudahan proses booking secara online, pelanggan juga dimudahkan karena kurir akan menjemput barang ke titik penjemputan yang telah ditentukan pelanggan sehingga tidak perlu lagi datang ke gerai TIKI untuk mengantarkan barang kiriman,” ujarnya, Minggu (18/4/2021), seperti dikutip Bisnis.com.

Baca juga: Pemkot Jogja Akan Manerapkan Sistem Parkir Kompak, Apa Itu?

J&T Express

J&T Express mengoptimalkan pergerakan pesawat kargo atau air freighter, hasil kerja sama dengan Trigana Air, untuk menghadapi lonjakan pengiriman paket pada periode Ramadan dan Idulfitri 2021.

CEO J&T Express Indonesia Robin Lo menuturkan persiapan yang dilakukan menjelang periode Ramadan tahun ini tak berbeda jauh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Resep Tahu Walik Sambal Colo-colo Ala Chef Arnold, Bisa Jadi Menu Buka Puasa!

J&T memperluas gudang sortir bila dibutuhkan, menyiagakan peralatan, SDM, serta memastikan jumlah angkutan yang mencukupi.

Tambahan pesawat kargo tersebut akan membuat layanan lebih efisien karena dapat secara fleksibel mengatur waktu dan memuat pengiriman paket lebih banyak dalam satu waktu pengiriman.

“Target volume pengiriman setiap tahun tentunya bertambah sekitar 50–70 persen untuk tahun ini. Tentunya dengan adanya air freighter ini akan membantu memaksimalkan lonjakan pengiriman yang terjadi saat Ramadan,” ujarnya, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: 126 Warga Binaan Rutan II B Blora Diajak Ramaikan Ramadan 1442 H

JNE

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) bekerja sama dengan Bukalapak dan Tokopedia untuk menawarkan promo gratis ongkir pengiriman paket selama Ramadan 2021.

VP of Marketing JNE Eri Palgunadi mengatakan beragam program promo telah disiapkan untuk menarik pelanggan sekaligus memudahkan pengiriman saat Ramadan. Program promo juga diikuti dengan kesiapan operasional agar dapat memberikan kualitas pelayanan prima.

Ramadan membuat sebagian besar masyarakat antusias dengan tradisi saling berbagi dengan keluarga dan kerabat sehingga turut mendorong peningkatan kebutuhan pengiriman paket.

Baca juga: Neraca Jahe Dalam Negeri Masih Positif, Ini Penjelasan Kementan

“Pada Ramadan 2021, JNE bekerja sama dengan Bukalapak dan Tokopedia, dalam bentuk promo free ongkir kepada para pembeli yang berbelanja di aplikasi kedua e-commerce tersebut, dan memilih pengiriman dengan menggunakan JNE dan servis reguler,” ujarnya, Minggu (18/4/2021).

Promo di Tokopedia berlangsung pada 1 April–31 Mei 2021. Sementara di Bukalapak, periode promo pengiriman paket adalah 5 April-1 Mei 2021 dan berlaku untuk kiriman ke seluruh Indonesia.

Sedangkan bagi para penikmat kuliner Pesona Nusantara, JNE memberikan voucher diskon 50 persen untuk kiriman ke seluruh tujuan di Indonesia dan transaksi dapat dilakukan di website pesonanusantara.co.id. Promo ini berlaku dari 19 April 2021 hingga 2 Mei 2021.

Share
Dipublikasikan oleh
Tika Sekar Arum