Tutup Iklan

Ini Penampakan Kantor Pinjol Ilegal di Surabaya Usai Digerebek Polisi

Polisi tidak memasang garis polisi pada bangunan kantor pinjol ilegal di Surabaya yang digerebek Kamis (21/10/2021).

 Kantor pinjol ilegal di Surabaya yang digerebek Polda Jatim.(Detikcom)

SOLOPOS.COM - Kantor pinjol ilegal di Surabaya yang digerebek Polda Jatim.(Detikcom)

Solopos.com, SURABAYA — Polisi tidak memasang garis polisi pada bangunan kantor pinjaman online (pinjol) ilegal di Surabaya yang digerebek Kamis (21/10/2021). Kantor tersebut sempat merekrut pegawai dan berubah nama sebelum akhirnya digerebek polisi.

Seperti dilansir Detikcom, Jumat (22/10/2021), kantor dengan pagar besi warna hitam itu tampak sepi dan tak ada aktivitas seusai digerebek. Polisi juga tidak memasang garis polisi. Di depan kantor, tepatnya di pagar, terpasang bendera merah putih. Satu jendela tampak dibuka setengah.

Baca Juga : Giliran Kantor Pinjol Ilegal di Surabaya, 13 Orang Ditangkap

Salah satu sekuriti di perumahan Satelit Indah, Nasir, 50, mengaku tidak tahu perihal penggerebekan yang dilakukan Polda Jawa Timur. Namun, dia membenarkan bahwa gedung yang kini kosong itu sempat digunakan PT Duyung Sakti Indonesia.

“Biasanya kalau ada apa-apa kami pasti diberitahu. Tapi pas penggerebekan saya enggak jaga. Teman saya yang jaga juga sama, enggak tahu,” ujar Nasir, Jumat (22/10/2021).

Nasir mengungkapkan kantor itu sudah kosong sejak lama. Kali terakhir dimanfaatkan PT Laut Selatan. Bahkan, menurut Nasir, PT Laut Selatan sempat membuka rekrutmen karyawan. Seusai perekrutan, lanjut Nasir, PT Laut Selatan mengubah nama menjadi PT Duyung Sakti Indonesia.

Baca Juga : Bongkar 13 Kasus Pinjol Ilegal Lintas Provinsi, 57 Orang Jadi Tersangka

“Ruko itu kosong. Terus ditempati PT Laut Selatan sekitar 3 bulan lalu. Sempat ada perekrutan karyawan. Setelah itu berubah menjadi PT Duyung Sakti,” jelas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur menggerebek kantor pinjol ilegal di Jalan Raya Satelit Indah BN 8, Surabaya, Kamis (21/10/2021). Polisi menangkap 13 orang pada penggerebekan tersebut.

Dilansir dari Antara, kantor itu berdiri atas nama PT Duyung Sakti Indonesia. Selain menangkap belasan orang, polisi juga menyita sejumlah barang. Beberapa di antara laptop, sim card, dan dokumen lain.

Baca Juga : Daftar 106 Pinjol Resmi Terdaftar OJK 2021, Jangan Sampai Salah Pilih!

Kantor pinjol ilegal tersebut disinyalir sebagai desk collection atau bagian penagihan pinjol ilegal. Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Polisi Gatot Repli Handoko, mengonfirmasi penggerebakan terhadap salah satu kantor pinjol ilegal di Surabaya. “Benar (menangkap 13 orang),” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (22/10/2021).

Kombes Gatot juga menyampaikan 13 orang yang ditangkap itu sedang menjalani pemeriksaan di Mapolda Jatim. Sayangnya, Gatot belum mau memberikan pernyataan detail penggerebekan tersebut. “Ini masih kami dalami lagi. Nanti akan kami rilis, Senin,” ujarnya.


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Ibu Novia Tolak Autopsi, Kasus Bunuh Diri Anaknya Dianggap Musibah

Ibu Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerto yang bunuh diri di makam sang ayah, sudah ikhlas menerima kasus kematian anaknya sebagai musibah.

Kasus Novia Bunuh Diri, Ini Pengakuan Ibunya

Ibunda Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerjo, Jatim, yang bunuh diri di kuburan ayahnya menolak jasad anaknya diautopsi dan meminta kasus tersebut tidak dibesar-besarkan.

Catatan Erupsi Gunung Semeru Sejak 1818-2021

Gunung Semeru memiliki catatan sejarah erupsi yang panjang sejak 1818 sampai sekarang.

Misteri Gunung Semeru: Paku Bumi Jawa Ditancapkan Para Dewa

Gunung Semeru menyimpan sederet kisah misteri, termasuk asal-usulnya yang disebut sebagai paku bumi Jawa yang dibawa para dewa.

Gunung Semeru Erupsi, Masyarakat Lumajang Diminta Jauhi DAS

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan aktivitas pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Seluruh Rumah Warga di Satu Dusun Hancur Akibat Erupsi Gunung Semeru

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, melaporkan hampir seluruh rumah di satu dusun hancur akibat erupsi Gunung Semeru.

Potensi Erupsi Susulan Gunung Semeru, Ini Kata PVMBG

PVMBG mengaku terus memantu potensi terjadinya erupsi susulan di Gunung Semeru, Jawa Timur (Jatim), yang baru saja meletus dan mengeluarkan abu vulkanik.

Lewat Siaga Kita, Pekerja Informal di Madiun Terima Perlindungan Sosial

Pemkot Madiun memberikan jaminan sosial bagi pekerja informal melalui program Siaga Kita, yakni jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

Sejarah Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jatim

Gunung Semeru yang berada di Lumajang, Jawa Timur (Jatim), kembali meletus atau erupsi, berikut sejarah erupsi gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu.

Kisah Pilu Mahasiswi Mojokerto Viral Lewat Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI

Viral tagar #SAVENOVIAWIDYASARI menjadi trending di jagat Twitter terkait kasus kematian Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Brawijaya yang diduga bunuh diri pada Kamis (2/12/2021).

Semeru 2 Kali Muntahkan Guguran Lava Pijar, Dua Kecamatan Gelap Pekat

PVMBG Kementerian ESDM menyebut dua guguran lava pijar meluncur dengan jarak 500 meter dan 800 meter.

Gunung Semeru Erupsi, Begini Suasana di Lumajang

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), mengalami erupsi atau meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Beredar Isi Percakapan Mahasiswi Mojokerto Sebelum Meninggal, Soal Apa?

Sejumlah tangkapan layar berisi percakapan mendiang NWR, 23, dengan seseorang yang dia panggil "Mama" beredar di media sosial.

Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Mengarah ke Curah Kobokan

Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore dan Awan Panas Guguran [APG] turun mengarah Curah Kobokan.

Beredar Video Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Panik Selamatkan Diri

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021).