SOLOPOS.COM - Perairan Waduk Gajah Mungkur yang kaya dengan ikan menjadi sumber pasokan para penjual makanan khas di sekitar waduk itu, seperti misalnya aneka ikan goreng. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Solopos.com, WONOGIRI — Di dekat Stasiun Wonogiri terdapat kuliner khas yang patut dicoba para wisatawan yang berkunjung setempat. Harga aneka kuliner di dekat Stasiun Wonogiri relatif terjangkau masyarakat.

Sebagaimana diketahui, PT Kereta Api Indonesia (KAI) turut melirik kawasan Wonogiri dengan melayani relasi Solo (Purwosari)-Wonogiri melalui KA Batara Kresna. KA berangkat dari Purwosari pada pukul 06.00 WIB, tiba di Wonogiri pada 07.45 WIB. Sebaliknya, keberangkatan dari Wonogiri ke Purwosari berlangsung pukul 08.00 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Jadwal berikutnya dari Purwosari ke Wonogiri dimulai pukul 10.00 WIB. Sedangkan jadwal dari Wonogiri ke Purwosari pukul 12.00 WIB.

Berikut kuliner khas di dekat Stasiun Wonogiri:

1. Wader Goreng WGM

Baca Juga: Aset di Zona I Objek Wisata WGM Wonogiri Senilai Rp1,01 Miliar

Salah satu kuliner khas di dekat Stasiun Wonogiri, yakni wader goreng di Waduk Gajah Mungkur (WGM). Rasanya yang gurih dan harganya relatif terjangkau menjadikan kuliner khas di Wonogiri ini sering dibeli pengunjung di WGM Wonogiri.

Saat libur Lebaran 2022, harga ikan goreng di WGM Wonogiri sempat naik 50% dari harga normal. Harga ikan wader saat momen Lebaran itu senilai Rp20.000 per seperempat kg.

“Karena ini Lebaran. Harganya naik. Ikan patin Rp60.000 per kg, ikan wader Rp20.000 per ¼ kg, Ikan Tawes Rp20.000 per ¼ kg,” kata pedagang ikan di Waduk Gajah Mungkur (WGM), Semi, 63, Kamis (5/5/2022).

2. Warung Botok Bu Karni

Baca Juga: Ratusan Ribu Benih Ikan Disebar di WGM Wonogiri, Ini Daftar Sebarannya

Warung Botok Bu Karni beralamat di Kedungareng, Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Warung botok ini menjadi salah satu kuliner yang relatif dekat dengan Stasiun Wonogiri.

Harga makanan di Warung Botok Bu Karni tergolong murah. Misalnya, botok ikan dengan harga Rp5.000.

3. Sego Tiwul Angkringan Sopo Ngiro Wonogiri

Angkringan Sopo Ngiro yang terletak di Jl. Srigunting III No.7, Sukorejo, Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Angkringan Sopo Ngiro menyediakan berbagai menu menarik. Mulai dari sego bandeng, camilan khas Angkringan Sopo Ngiro, hingga sego berkat.

Baca Juga: Ini Lokasi Cafe Hits di Wonogiri

“Ada tiga makanan yang menjadi signature angkringan ini, yaitu sego brokohan, sego berkat, dan sego tiwul. Untuk minumannya, kami punya signature bir pletok dan Seje atau serai jeruk,” kata pemilik Angkringan Sopo Ngiro, Norman, saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (13/7/2022).

4. Gurami Pak Glinding

Di sekitar WGM Wonogiri juga terdapat warung makan legendaris, yakni Warung Makan Pak Glinding dengan menu andalan, seperti gurami, ayam, lele, dan lainnya. Di samping itu terdapat pula aneka sayuran.

Harga menu makanan di Pak Glinding juga cukup terjangkau, Rp3.000 hingga Rp60.000. Lokasi kuliner di Warung Makan Pak Glinding ini relatif dekat dengan Stasiun Wonogiri karena dekat dengan Stasiun Wonogiri

Baca Juga: Di Wonogiri Ada 63 Objek Wisata, Ini Daftarnya

5. Olahan Ikan Tawar di Pondok Makan Moro Seneng Tenan

Pondok Makan Moro Seneng Tenan beralamat di Jl. Jend Sudirman, Jajar, Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pondok Makan Moro Seneng Tenan menyajikan menu ikan-ikan tawar, ayam, bakso, hingga sup. Pondok Makan Moro Seneng bahkan menyajikan menu ikan tuna.

Demikian tadi lima rekomendasi kuliner di dekat Stasiun Wonogiri. Di samping kelima kuliner tersebut, masih banyak kuliner khas yang ada di Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya