SOLOPOS.COM - Kereta Api (KA) Bandara Internasional Adisoemarmo (BIAS) melintasi rel KA di Viaduk Gilingan, Jl. Ahmad Yani, Gilingan, Banjarsari, Solo, Rabu (8/6/2022). Viaduk Gilingan menjadi bagian rangkaian proyek strategis nasional (PSN) pembangunan rel layang Joglo. Rencananya proyek revitalisasi viaduk untuk lebih dilebarkan dan diperdalam agar dapat dilewati bus ber-AC yang akan dikerjakan beriringan selama enam bulan dengan proyek rel layang Joglo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Buntut proyek renovasi viaduk Gilingan di Jl Ahmad Yani, Solo, Jawa Tengah, ada buka-tutup jalan yang dimulai pada Agustus 2022 hingga Februari 2023. Untuk menghindari sistem buka-tutup di jalan tersebut, di bawah ini terdapat jalur alternatif yang bisa dilalui pengendara.

Pada tahap I pengerjaan proyek viaduk Gilingan ini, kendaraan dengan ketinggian lebih dari 2,3 meter dilarang melintas sampai pekerjaan penurunan elevasi selesai.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Tahap selanjutnya berupa penurunan elevasi jalan yang berlangsung Februari 2023 sampai April 2023. Selama pekerjaan tahap II itu  Jl A Yani ditutup total. Penutupan terkait pengerjaan perbaikan viaduk Gilingan, Solo, dari ruas Jl A Yani segmen Simpang Ngemplak dan Simpang Gilingan.

Untuk itu, masyarakat bisa melalui jalur alternatif ketika ada pengerjaan proyek viaduk Gilingan baik itu sistem buka-tutup jalan pada Agustus 2022-Februari 2022 hingga penutupan total pada Februari 2023 mendatang.

Baca Juga: Ini Dia Lokasi SPBU Vivo di Indonesia, yang Jual BBM Lebih Murah dari Pertamina

Mengutip informasi unggahan akun Instagram resmi Pemkot Solo, terdapat jalur alternatif bagi pengendara baik yang dari barat maupun timur. Pengendara bisa melalui Jl Ahmad Yani – Simpang Gilingan – Jl S Parman – Simpang Proliman Balapan – Jl Monginsidi – Simpang Ringin Semar.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu (4/9/2022) siang, tidak ada pekerja di sekitar viaduk Gilingan, Solo. Sementara ada satu ekskavator besar terparkir dan ada kerangka besi yang tampak baru dirangkai. Beberapa tumpukan besi ada di lokasi tersebut.

Baca Juga: Viaduk Gilingan Solo Direnovasi dan bakal Ditutup, Ini Jadwal Pelaksanaannya

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Taufiq Muhammad, menjelaskan pekerjaan viaduk Gilingan sudah dimulai namun belum berdampak pada lalu lintas Jl A Yani sejauh ini karena belum ada penutupan total.

“Pekerjaan itu merupakan rangkain proyek pembangunan jalur ganda Solo-Semarang yang dibangun tahap I, yakni Solo sampai Gemolong [Kecamatan Gemolong, Sragen], yang dibuat Solo [Gilingan dan Nusukan] sampai Kadipiro dibuat elevated rail. Salah satu paketnya menata underpass Gilingan,” jelasnya.

Baca Juga: Sederet Fasilitas Mewah Al Azhar IIBS, Sekolah Anak Irfan Hakim di Karanganyar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya