Ini Dia Bripka Singgih, Polisi Sragen Si Ahli Hipnosis

Seorang anggota Polres Sragen bernama Bripka Singgih Pambudi Rachmat, diganjar penghargaan dari Kapolres karena aksinya menolong orang lain melalui hipnosis.

 Bripka Singgih Pambudi Rachmat. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Bripka Singgih Pambudi Rachmat. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN — Banit Sat Intelkam Polres Sragen, Bripka Singgih Pambudi Rachmat, terbilang polisi istimewa. Ia memiliki kemampuan hipnosis yang jarang dimiliki polisi lain. Kemampuannya ini bukan untuk menipu orang. Sebaliknya, kemampuan hipnoterapi Bripka Singgih ini digunakan untuk membantu orang lain.

Selain bertugas sebagai aparat kepolisian, Bripka Siggih juga memiliki kegiatan lain di luar kerjanya yang bersifat sosial. Ia melayani hipnoterapi untuk para santri Pondok Pesantren & Rumah Asuh Daarul Muthola’ah, Kecamatan Kalijambe, Sragen agar mudah menghafal Al Qur’an.

PromosiGunung Lawu Habitat Macan Tutul Jawa dan Peluang Jadi Taman Nasional

Ia juga membantu para anggota Bhayangkari Polres Sragen yang mengalami kecemasan berlebihan untuk mengatasinya. Bukan cuma itu, Bripka Singgih juga menolong narapidana narkoba di Lapas Madiun agar lepas dari kecanduan barang harap tersebut. Semuanya ia lakukan secara cuma-cuma.

BAca Juga: Di Tangan Ibu RT Asal Palur Ini, Minyak Jelantah Bisa Jadi Cuan

Ditemui pada Rabu (26/1/2022), Singgih menjelaskan hipnoterapi merupakan terapi hipnotis yang menggiring orang supaya orang tersebut dapat khusyuk atau fokus. Cara kerjanya dengan masuk ke alam bawah sadar seseorang. Pasien yang diterapi akan mendapatkan manfaat pengobatan atau motivasi, namun syaratnya harus mau terbuka atau pasrah.

Terapinya untuk para santri Ponpes Daarul Muthola’ah berasal dari sebuah kegiatan bakti sosial akhir tahun lalu. Dia mendapat sejumlah masalah yang dihadapi para santri, seperti malas, rasa terbebani sehingga sulit menghafal Al Quran hingga kecanduan gawai.

“Kami mengubah alam sadar mereka supaya ketika membuka Al Qur’an itu semangat,” kata bapak dua anak tersebut.

polisi ahli hipnosis polres sragen
Bripka Singgih Pambudi Rachmat (kiri) melakukan terapi hipnoterapi kepada para santri supaya bisa menghafal ayat suci di Pondok Pesantren & Rumah Asuh Daarul Muthola’ah, Kecamatan Kalijambe, Sragen belum lama ini. (Istimewa/Bripka Singgih Pambudi Rachmat)

Baca Juga: Ungkap Kasus Tabrak Lari, 4 Anggota Satlantas Polres Sragen Raih Award

Ia lantas mengadakan hipnoterapi secara massal dengan melibatkan 30 santri selama 30 menit. Terapi massal dilakukan karena para santri tersebut memiliki masalah yang sama. Para santri itu dibuat tertidur beberapa saat, namun masih bisa mendengarkan suara. Singgih lalu memberikan motivasi kepada mereka sebelum terbangun. Tidak ada efek samping bagi pasien yang diterapi.

“Setelahnya, anak-anak timbul semangat belajar dan lebih giat. Tidak lagi tergantung kepada gadget,” klaimnya.

Singgih juga memberikan terapi secara personal kepada pengurus ponpes yang memiliki trauma.

Selain itu, ada seorang anggota Bhayangkari yang mengalami kecemasan berlebihan atau serupa psikosomatik. Antara lain takut keluar rumah karena bisa terjatuh dan takut tiba-tiba napasnya hilang.

Baca Juga: Ini Cerita Polisi Ungkap Kasus Truk Tabrak Lari Bocah 9 Tahun di Sragen

“Ada teman cerita, sudah berobat ke sana ke mari ke Solo juga hipnoterapi. Ada perkembangan, namun karena jauh jadi jaranf terapi. Kemudian saya coba menerapinya. Alhamdulillah ada perkembangan sedikit-sedikit. Itu tergantung orangnya,” paparnya.

Beri Semangat Hidup

Layanan hipnoterapi Singgih juga dilakukan hingga ke salah satu lapas di Madiun. Sata itu ia 25 pasiennya ada 25 narapidana. Secara umum, kondisi pasien yang diterapi adalah orang yang kecanduan narkoba serta kehidupan rumah tangganya berantakan.

“Metode hipnoterapi memberikan semangat hidup dan forgiveness [memaafkan] kepada diri sendiri dan orang lain. Saya memberikan pemahaman bahaya narkoba. Masuk gelombang pada teta itu menyampaikan narkoba tidak ada fungsinya, malah berbahaya apabila diteruskan. Akan terpuruk dengan jauh dari orang lain dan jauh dari Tuhan,” paparnya.

Baca Juga: Ini Syarat Bikin SKCK di Polres Sragen

Berkat aksi sosialnya ini, Bripka Singgih diganjar penghargaan oleh Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi, bersama enam anggota Polres lain pada Senin (24/1/2022) lalu lalu.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

+ PLUS Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

Frasa ”aja kesusu” atau jangan terburu-buru yang dikemukakan Presiden Joko Widodo dalam acara Rapat Kerja Nasional Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5/2022), adalah pesan yang berlaku umum, namun juga bisa ditafsirkan lebih sempit sesuai konteks dan ruangnya.

Berita Terkini

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.

Ganjar Pranowo Ikuti Blusukan Jokowi di Solo, Terpisah Dari Rombongan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah lokasi di Solo namun memisahkan diri dari rombongan.

Menikahi Adik Jokowi, Segini Harta Kekayaan Ketua MK Anwar Usman

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tengah menjadi sorotan seusai resmi menikah dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati pada Kamis (26/5/2022) di Solo.

Pedagang Sapi Wonogiri Ini Ketakutan saat Didatangi Polisi, Kenapa?

Pedagang sapi di Wonogiri mengaku tertekan dengan kehadiran aparat polisi saat proses pemeriksaan kesehatan yang diselenggarkan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) ternak di pasar hewan.

Pemain Srimulat Hil Yang Mustahal Kunjungi Griya Solopos, Ngapain Aja?

Sejumlah pemain film Srimulat: Hil Yang Mustahal mengunjungi Griya Solopos dalam rangkaian tur mereka di Solo, Kamis (26/5/2022).

Bukan Kaus, Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng di Pasar Mojosongo Solo

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan modal usaha dan BLT minyak goreng kepada masyarakat saat berkunjung ke Pasar Mojosongo Solo pada Kamis (26/5/2022).

Kenaikan Isa Almasih, Begini Suasana di Gua Maria Marganingsih Bayat

Umat Katolik melaksanakan ziarah dan doa bersama di Gua Maria Marganingsih, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Kamis (26/5/2022).

Area Parkir Graha Saba Buana Solo Banjir Karangan Bunga, Dari Siapa?

Area parkir Graha Saba Buana Solo, Jawa Tengah penuh dengan karangan bunga ucapan selamat untuk pernikahan adik Jokowi, yakni Idayati, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman.

Jijik! Sampah Menumpuk di Jembatan Sido Dadi Perbatasan Pedan-Trucuk

Tumpukan sampah terjadi di Jembatan Sido Dadi, Jl. Pedan-Trucuk, Kecamatan Pedan, Klaten, Selasa (24/5/2022).