Ini Daftar Golongan Pelanggan PLN Penerima Subsidi

Vice President Komunikasi Korporat Gregorius Adi Trianto menjelaskan besaran subsidi listrik yang diterima konsumen rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA tergantung pada jumlah pemakaian energi listriknya.

 Petugas PLN melakukan pengecekan meteran untuk mengetahui adanya dugaan pencurian listrik di klaten. (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS)

SOLOPOS.COM - Petugas PLN melakukan pengecekan meteran untuk mengetahui adanya dugaan pencurian listrik di klaten. (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, JAKARTA–Pemerintah akan menaikkan tarif dasar listrik bagi kelompok rumah tangga dengan golongan 3.000 VA.

Namun, masih ada kelompok pelanggan yang mendapatkan subsidi.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Hal ini sesuai amanah Undang-undang (UU) No. 30/2007 tentang Energi yang menyebutkan bahwa, pemerintah dan pemerintah Daerah menyediakan dana subsidi untuk kelompok masyarakat tidak mampu.

Pelanggan yang memperoleh bantuan dari pemerintah ini masuk kategori pelanggan subsidi, sedangkan di luar itu merupakan pelanggan nonsubsidi.

Sesuai dengan Pasal 2 ayat 1 Peraturan Menteri ESDM No 29/2016, subsidi tarif listrik untuk rumah tangga dilaksanakan melalui PLN diberikan kepada pelanggan rumah tangga dengan daya 450 volt ampere (VA) dan 900 VA masyarakat prasejahtera yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga: Waspada, Penipuan Pendaftaran Subsidi Listrik Melalui Website

Dengan jumlah pemakaian listrik yang sama, konsumen yang memperoleh tarif bersubsidi akan membayar rekening atau tagihan listrik lebih rendah daripada konsumen yang tidak mendapatkan subsidi.

Selisih antara tarif bersubsidi dengan tarif keekonomian tersebut ditanggung oleh pemerintah, yang kemudian dibayarkan ke PLN.

Vice President Komunikasi Korporat Gregorius Adi Trianto menjelaskan besaran subsidi listrik yang diterima konsumen rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA tergantung pada jumlah pemakaian energi listriknya.

“Secara rata-rata, konsumen rumah tangga daya 450 VA mendapatkan subsidi listrik sebesar Rp80.000 per konsumen per bulan, dan untuk konsumen rumah tangga daya 900 VA adalah rata-rata Rp90.000 per konsumen per bulan,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (11/6/2022).

Penerima subsidi listrik terbesar pada 2021 adalah 24,3 juta konsumen rumah tangga dengan daya listrik 450 VA dan 8,2 juta konsumen rumah tangga 900 VA.

Baca Juga: Pengamat UGM: Subsidi Listrik PLN Menurunkan Pengeluaran Masyarakat

Subsidi yang diterima oleh konsumen rumah tangga tersebut mencapai Rp39,65 triliun atau 79,6% dari total subsidi listrik tahun anggaran 2021 sebesar Rp49,76 triliun.

Selain pelanggan rumah tangga 450-900 VA, pemerintah juga memberikan subsidi listrik kepada seluruh kelompok pelanggan sosial yang mencakup rumah ibadah dan sekolah yang tergolong dalam S1, S2 dan S3.

Pelanggan S1 merupakan pelanggan sosial dengan kapasitas daya 220 VA.

Sementara S2 merupakan pelanggan sosial dengan daya 450 VA hingga 200 kVA dan S3 pelanggan sosial di atas 200 kVa.

Kelompok bisnis (B) dan industri (I) juga ada yang masuk dalam golongan subsidi ini.

Mereka adalah pelanggan yang masuk kelompok golongan tarif B1 (kapasitas daya 450 VA – 5.500 VA) golongan tarif I1 (kapasitas daya 450 VA – 14 kVA VA), golongan tarif I2 (14 kVA – 200 kVA).

Pemerintah juga memberikan subsidi listrik untuk fasilitas umum seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan fasilitas publik lainnya dengan daya 450 VA hingga 5.500 VA.

Sementara, pelanggan di luar golongan pelanggan tersebut maka masuk ke kategori pelanggan nonsubsidi.

Pelanggan yang ingin melihat daftar tarif listrik non subsidi sendiri dapat diakses melalui https://web.pln.co.id/pelanggan/tarif-tenaga-listrik/tariff-adjustment.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Ini Daftar Golongan Tarif Listrik PLN yang Mendapat Subsidi

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Bukti adanya akses penyeberangan kuno Sungai Bengawan Solo yang dibangun pada masa Kerajaan Medang atau Mataram Kuno tertuang dalam Prasasti Telang yang ditulis pada 6 Poroterang bulan Posya tahun 825 Saka (11 Januari 903 M).

      Berita Terkini

      Pengamat UNS: Penataan PKL TSTJ Solo Harus Mempertimbangkan Berbagai Faktor

      Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk menata pedagang kaki lima (PKL) dari Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), dinilai berpotensi menimbulkan masalah baru.

      SGIC V 2022 Wujud Apresiasi Tertinggi kepada Inovator Terbaik Perusahaan

      PT Semen Gresik (PTSG) memberikan apresiasi tertinggi kepada para innovator terbaik di lingkup perusahaan dalam ajang awarding Semen Gresik Innovation Convention (SGIC) V 2022.

      Harga 43 Komoditas Pangan Pasar Legi Solo Stabil

      Harga komoditas pangan di dua pasar di Kota Solo terpantau stabil.

      Antam dan UBS Kompak Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 30 September 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Jumat (29/9/2022) hari ini kompak naik untuk kadar 24 karat UBS dan Antam.

      Ajak Anak Muda Peduli Lingkungan, Cinta Laura: BRI The Best ESG’s Mover

      Public figure multitalenta sekaligus brand ambassador BRI Cinta Laura Kiehl mengungkapkan rasa kagumnya terhadap komitmen BRI dalam menjalankan prinsip-prinsip berkelanjutan dalam ESG.

      Sekarang Kamu Bisa Convert Pulsa Jadi Uang Cepat & Aman!

      Saat ini aplikasi Viapulsa sudah di download 1 juta orang lebih, yang artinya sudah banyak orang yang merasakan manfaatnya.

      IHSG Dibayangi Ambruknya Wall Street, Cek Saham-Saham Ini

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan kembali melemah pada perdagangan, Jumat (30/9/2022) hari ini.

      Dinobatkan sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan, Ini Kata Dirut PLN

       Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dinobatkan sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional karena perannya memimpin transformasi PLN.

      Ratusan Stan Jajanan Meriahkan Festival Sekaten di Halaman Masjid Agung Solo

       Ratusan stan jajanan dan mainan tradisional yang tergabung dalam event Festival Sekaten Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kauman akan meramaikan Sekaten Keraton Solo.

      Jelang Akhir Pekan, Cek Jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja hadir untuk melayani masyarakat yang ingin menempuh perjalanan dari Jogja-Solo atau sebaliknya.

      Rupiah Melemah, Butuh Penanganan Tepat Pemerintah

      Melemahnya rupiah akhir-akhir ini hingga mencapai Rp15.200 per 1 dolar Amerika Serikat, perlu segera mendapatkan penanganan yang tepat.

      Kantor Imigrasi Surakarta Gandeng UNS Solo Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat

      Dalam pelatihan singkat yang diadakan Imigrasi Surakarta dan UNS Solo ini, para peserta diajari huruf alfabet serta kata-kata sederhana dalam bahasa isyarat.

      Pasar Tradisional Tujuan Relokasi Sepi, Nasib PKL TSTJ Solo Belum Jelas

      Paguyuban Bakul Taman Jurug terus memperjuangkan nasib 183 pedagang kaki lima (PKL) Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo.

      Deretan Ide Bisnis dengan Modal Rp1 Juta Bagi Pemula, Bisa Dicoba Nih!

      Membuka usaha dengan modal relatif terbatas semisal Rp1 juta merupakan hal yang bisa diwujudkan asal tahu strateginya

      Kedelai Kian Mahal, Perajin Tahu di Solo Belum Berani Naikkan Harga

      Perajin tahu di Kota Solo terus merasakan dampak kenaikan harga kedelai. Harga kedelai impor yang mereka pakai kini sudah Rp12.650/kg.