Tutup Iklan -->
Ini Daftar 6 RS Swasta Rujukan Corona di Karanganyar
RS Mojosongo 2. (Istimewa/RS Mojosongo 2)

Solopos.com, KARANGANYAR – Enam rumah sakit umum (RS) swasta di Karanganyar digandeng menjadi rujukan penanganan pasien corona. Keenaam RS tersebut disiagakan untuk mengantisipasi kekurangan ruang isolasi di RSUD Karanganyar.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Purwati, mengatakan terdapat enam rumah sakit swasta yang digandeng untuk penanganan Covid-19 lini III.

Keenam RS rujukan corona itu antara lain RSU PKU Muhammadiyah Karanganyar, RSAU dr Siswanto Lanud Adi Soemarmo, RSU Jati Husada, RSU Indosehat, RSU Jafar Medika, dan RSU Mojosongo 2.

#MediaLawanCovid19: Sayangi Keluarga, Plis Jangan Mudik!

Keenam RS rujukan tersebut diminta menyiapkan ruang isolasi dan alat penanganan khusus untuk pasien corona di Karanganyar.

“Kami sudah menggandeng rumah sakit swasta untuk membantu RSUD Karanganyar untuk penanganan Covid-19. Mereka sudah kami minta untuk menyiapkan ruang isolasi serta alat penanganan khusus,” jelas dia kepada wartawan Sabtu (28/3).

Digandengnya enam rumah sakit swasta tersebut membuat jumlah ruang isolasi penanganan Covid-19 di Karanganyar bertambah.

Project Pop Bikin Lagu Gara Gara Corona

Jumlah Ruang Isolasi

Total terdapat 23 ruang isolasi yang siap digunakan menangani pasien. Diantara 23 ruang tersebut, 15 di antaranya terdapat di RSUD Karanganyar dengan perincian lima ruang sudah digunakan dan 10 ruangan tambahan.

“Keseluruhan kami sudah siap menangani pasien Covid-19. Tapi kami memang terkendala untuk pengadaan APD yang semakin menipis. Tapi kami sudah berupaya memesan pembuatan APD mandiri ke pihak ketiga” imbuh dia.

Berdasarkan data yang diperoleh Solopos.com, RSU PKU Muhammadiyah Karanganyar menyiapkan sebanyak empat ruang isolasi. Sedangkan, lima rumah sakit lainnya masing-masing menyediakan satu ruang isolasi.

Tak Ada Hujan Abu, Begini Cara Warga Klaten Pantau Erupsi Merapi

Direktur RSUD Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo, mengatakan penambahan ruang isolasi dapat mengoptimalkan penanganan kasus Covid-19 di Karanganyar.

Saat ini, RSUD Karanganyar menjadi rumah sakit rujukan lini II pasien corona. Sedangkan untuk rumah sakit rujukan I tetap berada di RSUD dr Moewardi, Solo.

“Saat ini dengan penambahan 10 ruangan kami total punya 15 ruang isolasi. Pelayanan jadi lebih maksimal. Ya kami optimalkan ketersediaan ruang yang ada,” ucap dia.

Ratusan Jamaah Tabligh Diisolasi di Masjid Kebon Jeruk, Ini Hasil Rapid Test


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho