SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Cara mendongrak mobil sedan yang baik dan benar. (Auto2000.co.id)

Solopos.com, SOLO — Kendaraan pribadi seperti mobil sedan tidak selamanya berjalan sesuai keinginan, terkadang ada permasalahan di jalan.

Salah satunya ban bocor sehingga mau tidak mau Anda harus mengganti ban tersebut sendiri dengan ban cadangan yang ada di bagasi.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Untuk mengganti ban, pemilik mobil harus menggunakan dongkrak. Hanya saja Anda harus mengetahui cara mendongkrak mobil sedan dengan baik dan benar agar tidak merusak sasis dan badan mobil.

Dikutip dari Auto2000.co.id, untuk menghindari kerusakan pada mobil, sebelum menggunakan dongkrak ada baiknya membaca buku panduan mobilnya terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana cara mendongkrak mobil sedan yang baik dan benar tersebut, silahkan simak penjelasannya.

Baca juga: Apakah Mobil Harus Dipanaskan Setiap Hari? Ini Penjelasannya

1. Periksa Kondisi Dongkrak

Sangat penting memeriksa kondisi dongkrak sebelum menggunakan alat tersebut. Pengecekan dilakukan untuk memastikan semua komponen alat ini dalam keadaan baik dan masih lengkap.

Perhatikan apakah ada kebocoran oli atau ada komponen pendukung lainnya pada dongkrak, jika menemukan masalah pada dongkrak, maka hindari menggunakannya.

2. Dongkrak di Permukaan yang Rata

Sebelum menggunakan dongkrak, perhatikan posisi atau tempat memarkir mobil adalah tanah yang rata, hindari mendongkrak mobil di permukaan yang miring.

Karena ketidakseimbangan permukaan tempat mobil parkir dapat menyebabkan bahaya seperti mobil jatuh saat didongkrak.

Baca juga: Berapa Biaya Perpanjangan STNK Sepeda Motor

3. Kenali Titik Dongkrak Mobil

Setiap mobil memiliki titik dongkrak yang berbeda, karena ditentukan oleh desain dan dimensi mobil hingga konstruksi sasis yang dianut. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat di manual mobil Anda.

Umumnya setiap mobil memiliki empat titik dongkrak, dua titik dongkrak pertama terletak pada sasis di belakang roda depan. Sedangkan dua titik dongkrak lainnya terletak pada sasis di depan roda belakang.

4. Pastikan Mobil Tidak Diangkat Terlalu Tinggi

Batas ketinggian dongkrak cukup sekitar 10 cm sampai 15 cm saja. Sebab, jika mendongkrak mobil sedan terlalu tinggi, maka posisi mobil tersebut tidak akan bisa seimbang. Sedangkan jika posisinya terlalu rendah, proses perbaikan mobil sulit atau bahkan tidak akan bisa dilakukan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya