SOLOPOS.COM - Transmisi Daihatsu All New Ayla Matik (Antara)

Solopos.com, YOGYAKARTA-Jika kamu perhatikan, ada simbol huruf B pada peranti tuas transmisi mobil matik Daihatsu New Ayla. Apa maknanya?

Mobil Daihatsu baru, New Ayla resmi diluncurkan pada awal Maret 2023 lalu. Tidak seperti kendaraan matik lainnya yang memiliki simbol huruf huruf-huruf P, N, D, S, L atau tambahan angka seperti 1 dan 2, Daihatsu menggunakan simbol huruf B pada generasi terbarunya ini untuk menggantikan huruf L.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

“Jadi itu sebenarnya memiliki fungsi yang sama, baik B atau L. Fungsinya itu ketika kita sedang berada di turunan, jadi bisa menahan. B itu artinya Brake dalam istilah transmisi. Turunan terjal pakai B lebih aman dan efektif mobil tidak meluncur bebas,” kata R&D Product Planning Division Head PT ADM, Anjar Rosjadi pada saat sesi media test drive di Yogyakarta, Kamis (11/5/2023).

Fungsi lain ketika transmisi pada posisi huruf B diterapkan adalah meringankan beban kerja rem. Awak media pun sempat menjajal penggunaan transmisi B saat menuruni kawasan wisata Kaliurang yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Pada saat memindahkan tuas transmisi ke posisi B, mobil Daihatsu All New Ayla langsung memberikan respons yang berbeda dengan ketika tuas transmisi masih berada di posisi D. Mesin pun sedikit lebih tertahan dan tidak meluncur dengan bebas seperti ketika masih berada di D.

Sementara itu, simbol huruf S yang berada di Daihastu New Ayla juga memiliki arti yang berbeda pada huruf S lainnya. Huruf S yang berada di tuas transmisi ini memiliki arti Sloop.

Posisi S ini bisa digunakan ketika menemukan jalan yang menanjak, Anjar mengatakan memindahkan tuas D ke posisi S ketika jalan menanjak akan memiliki respon yang berbeda.

Meski terdapat fungsi penahan mesin ketika pengemudi menggunakan transmisi di posisi huruf B, pengendalian dari sang pengemudi untuk melakukan injakan rem masih tetap dibutuhkan. Bukan semata-mata, mempercayakan kinerja tersebut pada teknologi yang ada di alamnya.

“Kalau posisi B itu nantinya komputer saja udah yang mengatur, kan D-CVT tetap pakai sabuk, intinya dia bisa menahan ketika diajak turun. Kalau S atau Sloop itu efektif untuk tanjakan agar lebih responsif,” jelas dia.

Sementara itu, Ayla baru dibekali dua pilihan mesin yakni 1.2L WA-VE, dan 1.0L VVT-i, yang siap memberikan akselerasi responsif dengan standar EURO 4, sehingga lebih ramah lingkungan.

All New Ayla juga dilengkapi dengan transmisi Dual Mode Continuously Variable Transmission (D-CVT) membuat akselerasi kendaraan lebih halus, dan bahan bakar yang lebih efisien.

Daihatsu resmi meluncurkan model LCGC (Low Cost Green Car) Hatchback generasi terbarunya dengan ubahan total, All New Astra Daihatsu Ayla di Gaikindo Jakarta Auto Week, Jakarta, pada Jumat (10/3/2023). (Istimewa)
Daihatsu resmi meluncurkan model LCGC (Low Cost Green Car) Hatchback generasi terbarunya dengan ubahan total, All New Astra Daihatsu Ayla di Gaikindo Jakarta Auto Week, Jakarta, pada Jumat (10/3/2023).
(Istimewa)

Daihatsu secara total memiliki 9 varian All New Ayla yaitu

  • M MT di harga Rp134 juta
  • X MT Rp146,9 juta
  • X CVT Rp166,9
  • 2 RMT Rp164 juta
  • 2 R CVT Rp184 juta
  • 2 R ADS MT Rp169,9 juta
  • 2 R ADS CVT Rp189,9 juta
  • X ADS MT Rp152,8 juta
  • X ADS CVT Rp172,8 juta

 

Pada Daihatsu Ayla baru disematkan dua pilihan mesin tiga silinder, pertama 1.000cc dengan kode 1KR-VE DOHC VVT-i bertenaga 67 PS di 6.000 rpm, dan torsi 89 Nm di 4.000 rpm.

Kemudian 1.200cc berkode WA-VE DOHC Dual VVT-i, mesin baru yang serupa dengan Agya itu memiliki tenaga 88 PS di 6.000 rpm, dan torsi 113 Nm di 4.500 rpm. Kedua mesin tersebut didukung transmisi matik D-CVT, dan manual 5-percepatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya