Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mendaftar pilkada atau Pilgub Wonogiri di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah di Kota Semarang, Jateng, Kamis (12/12/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Bupati Wonogiri Joko Sutopo akhirnya memutuskan untuk mengikuti kembali kontestasi pilkada atau Pilgub Wonogiri. Bupati yang akrab sapa Jekek itu bahkan telah mendaftar sebagai bakal calon (balon) bupati Wonogiri melalui DPD PDIP Jateng, Kamis (12/12/2019).

Keputusan Jekek ini jelas melegakan para pendukungnya. Terlebih lagi, sebelumnya, Jekek menyatakan tidak berminat untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2020 atau mencalonkan diri sebagai cabup Wonogisi.

Saat ditanya wartawan alasannya akhirnya mencalonkan diri lagi, dengan diplomatis Jekek mengaku ada beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah desakan dari masyarakat yang mengingkan dirinya kembali memimpin Wonogiri.

"Setelah mendengarkan saran dan masukan masyarakat, serta beberapa elemen akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar sebagai balon bupati Wonogiri," ujar Joko.

Desakan masyarakat ini pulalah yang membuat Joko merasa percaya diri. Ia pun merasa tak khawatir jika akan diadang biaya politik yang tinggi dalam pencalonannya itu.

"Statmen Pak Tito [Mendagri] yang mengatakan untuk kontestasi pilkada menghabiskan Rp30-50 miliar tidak diterima logika saya. Saat saya diadang biaya politik yang tinggi, saya enggak akan maju. Tapi setelah dapat masukan tokoh masyarakat dan perangkat desa, apalagi ada deklarasi untuk menyukseskan Pak Jekek tahap kedua tanpa biaya, bahkan ada yang siap mendanai para saksi di TPS, saya siap maju," ujarnya.

Jekek menambahkan selain desakan masyarakat, keinginannya untuk kembali mencalonkan diri juga berasal dari instruksi partainya. DPD PDIP Jateng, diakui Jekek telah memerintahkannya untuk fokus kepada pencalonan kembali sebagai bupati pada Pilkada Wonogiri.

"Kata beliau Pak Bambang Wuryanto [Ketua DPD PDIP Jateng] punya pengaruh besar terhadap kinerja dan kerja partai. Makanya saya disuruh fokus pencalonan. Selain itu, surveinya katanya juga menunjukkan angka yang baik," tutur Joko.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten