Ini 4 Kiat Jitu Tampilkan Bisnis Anda di Google Maps
Ilustrasi mobil perekam sistem pemetaan street view Google. (maps.google.co.id)

Solopos.com, JAKARTA — Pernahkah Anda memperhatikan beberapa bisnis dan wirausaha selalu berada tepat di bawah iklan berbayar di Google Maps, sementara yang lain tidak pernah muncul? Bagaimana cara menampilkan bisnis sestrategis itu di Google Maps?

Mereka yang ditampilkan tak jauh dari dari iklan berbayar di Google Maps itu pada umumnya telah lebih dulu melakukan empat hal pada profil bisnis mereka. Langkah itu mereka lakukan dengan lebih baik daripada orang lain.

Setidaknya ada empat kiat jitu untuk menampilkan bisnis di Google Maps. Sebelum membahas empat hal tersebut, penting untuk diketahui bahwa bisnis Anda tidak akan muncul di Google Maps kecuali Anda membuat profil Google My Business (GMB) untuk setiap lokasi.

Ulang Tahun, RM BTS Sumbangkan Rp1,2 M untuk Museum Seni Nasional

Google frasa "Google My Business" untuk menemukan link langsung untuk menyiapkan profil GMB Anda. Data nanti akan terhubung ke akun Google Anda.

Jika Anda membuka lokasi baru, Anda akan memilih antara lokasi layanan dan lokasi fisik. Lokasi fisik adalah kantor sebenarnya atau ruang ritel yang dikunjungi orang, seperti kantor dokter atau pengacara.

Lokasi layanan adalah tempat Anda melayani lingkungan atau kota tetapi tidak memiliki kantor atau ruang ritel. Contohnya termasuk tukang ledeng, makelar barang atau teknisi servis.

Pasien Covid-19 Bisa Kena Happy Hypoxia, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Dalam kedua kasus tersebut, Anda memerlukan alamat surat agar Google dapat mengirimkan verifikasi kepada Anda. Anda "mengklaim" listing Anda dan mulai mengendalikan keberadaan online bisnis Anda.

Dengan langkah dasar tersebut, mari kita bahas empat cara cepat dan mudah untuk menampilkan bisnis Anda di Google Maps ketika orang-orang menelusuri bisnis lokal seperti milik Anda.

1. Siapkan Banyak Foto

Ambil foto tempat bisnis Anda sebanyak mungkin. Pastikan untuk mengubah nama setiap foto untuk menyertakan nama bisnis dan apa yang digambarkan pada foto.

Pelabelan akan membantu Google dengan mudah memahami tentang apa visi foto itu. Dengan demikian, pelabelan itu memudahkan algoritme untuk memberikan hasil yang lebih akurat.

Ide lain untuk foto termasuk suasana di dalam tempat bisnis yang menunjukkan kegiatan dengan klien, pelanggan, foto produk, makanan dan lain-lain selama masih relevan dengan bisnis Anda.

2. Sematkan Profil Google Maps

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk mengirimkan sinyal ke Google bahwa profil GMB Anda mendapatkan lalu lintas adalah dengan memanfaatkan lalu lintas situs web Anda yang ada. Sematkan peta Google kecil di situs Anda.

Setiap kali seseorang mengunjungi situs Anda, mereka secara tidak sengaja melihat properti Google yang tersemat. Google menangkap ini bahkan jika mereka tidak mengklik peta.

Telusuri bisnis Anda di Google Maps. Saat Anda menemukannya, klik opsi "bagikan" dan pilih "sematkan peta". Salin kode itu dan letakkan di situs Anda dengan cara yang sama seperti Anda menyematkan video Youtube.

3. Susun Ulasan Lengkap dan Profesional

Semakin banyak klik yang didapat profil Anda, semakin tinggi dan lebih sering Google menampilkannya sebagai hasil mesin pencari di Google Maps. Semakin banyak ulasan yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan orang akan mengklik profil Anda. Ini dikenal sebagai social proof.

Anda harus pandai meminta ulasan dari pelanggan, klien, teman, dan keluarga Anda. Mendapatkan ulasan adalah seni. Semakin sering Anda melakukannya, Anda akan menjadi lebih baik.

Studi menunjukkan bahwa Anda lebih mungkin mendapatkan ulasan setelah pelanggan mengalami pengalaman positif. Ini biasanya terjadi setelah pembelian atau makanan yang memuaskan. Pada saat itulah Anda dan tim Anda harus meminta ulasan mereka.

4. Jaga Keakuratan Informasi

Pastikan nomor telepon bisnis, situs web, dan jam kerja Anda adalah yang terbaru dan akurat. Ini semua tentang pengalaman pelanggan dan semakin lama Anda mempertahankan pelanggan di profil GMB Anda, semakin berharga Anda di mata Google.

Dengan ruang bisnis yang semakin kompetitif ruang bisnis, profil GMB Anda harus lebih lengkap dan profesional. Jika profil bisnis Anda tidak lengkap, memiliki informasi yang tidak akurat, dan tidak ada foto bisnis atau foto Anda di kantor, Anda mungkin tidak akan muncul pada hasil mesin pencari

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom