SOLOPOS.COM - Gedung Rektor UIN SGD. (uinsgd.ac.id)

Solopos.com, SOLO — Webometrics Ranking Web of Universities kembali merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Tercatat ada delapan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) berhasil masuk 100 besar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia versi Webometrics. Selain Universitas Islam Negeri atau UIN terbaik ada juga Institut Agama Islam Negeri atau IAIN yang masuk daftar ini.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi menggunakan dua indikator, yakni webometrik dan bibliometrik. Kehadiran dan visibilitas web diyakini dapat menjadi indikator kinerja sebuah perguruan tinggi.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Pemeringkatan webometrics ini seringkali dijadikan acuan bagi para lulusan SMA maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Berikut 10 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri yaitu UIN dan IAIN terbaik  versi Webometrics Juli 2021 sebagaimana dikutip dari laman Kementerian Agama, Jumat (5/8/2021)

1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri terbaik se-Indonesia berdasarkan peringkat Webometrics. Dalam pemeringkatan tersebut, diketahui juga bahwa universitas yang berlokasi di Jalan A.H. Nasution no. 105, Cibiru, Bandung ini masuk dalam 100 besar perguruan terbaik Indonesia.

Baca Juga: Inilah 10 Perguruan Tinggi dengan Prodi Terakreditasi A Terbanyak, UNS Termasuk?

UIN SGD Bandung berada pada peringkat ke-38 dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia, sekaligus ranking ke-3.913 dunia versi Webometrics. Informasi selengkapnya tentang universitas yang memiliki sembilan fakultas ini dapat diakses pada laman https://uinsgd.ac.id/.

2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Di posisi ke-2 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri terbaik ditempati UIN Syahid Jakarta. Universitas yang telah melahirkan banyak cendekiawan ini menduduki peringkat ke-51 perguruan terbaik se-Indonesia sekaligus ranking ke-4.317 dari universitas dunia versi Webometrics.

Kampus yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan ini juga merupakan cikal bakal pengembangan pendidikan tinggi Islam di Indonesia. Informasi terkait UIN Syahid Jakarta dapat diakses pada laman https://www.uinjkt.ac.id/id/.

3. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri terbaik ke-3 versi Webometrics adalah UIN Raden Intan Lampung. Universitas yang menduduki posisi ke-60 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia ini memiliki slogan “Intelectuallity, Spirituality, Integriti”.

Baca Juga: Mahasiswa Drop Out Terbanyak Berasal dari 5 Program Studi Ini

Kalau tertarik mencari informasi tentang UIN Raden Intan Lampung, dapat mengunjungi laman https://www.radenintan.ac.id/.

4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Selanjutnya, Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri terbaik ke-4 versi Webometrics adalah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Universitas yang berlokasi di Jalan Marsda Adisucipto, Yogyakarta ini masuk dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia, tepatnya menduduki peringkat ke-70. Informasi seputar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat diakses pada laman https://uin-suka.ac.id/id.

5. Institut Agama Islam Negeri Kendari

Posisi ke-5 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri terbaik se-Indonesia versi Webometrics diduduki IAIN Kendari. Berdasarkan data pada laman Webometrics, IAIN Kendari menduduki posisi ke-72 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Informasi tentang perguruan tinggi Islam negeri terbesar di Sulawesi Tenggara ini dapat diakses pada laman http://iainkendari.ac.id/.

6. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

Masyarakat Tulungagung patut bangga memiliki IAIN Tulungagung. IAIN Tulungagung merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri terbaik ke-6 se-Indonesia berdasarkan pemeringkatan Webometrics.

Baca Juga: Kuliah di UT Surakarta Ternyata Fleksibel Banget, Lulusannya Banyak yang Jadi PNS Lho

IAIN Tulungagung saat ini berada pada posisi ke-74 di antara ribuan perguruan tinggi se-Indonesia. Jika penasaran dengan profil IAIN Tulungagung, anda dapat mengakses laman http://www.iain-tulungagung.ac.id/.

7. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Di posisi ke-7 PTKN terbaik se-Indonesia versi Webometrics ada UIN Sunan Ampel Surabaya. Universitas yang memiliki visi untuk menjadi universitas Islam yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional ini berada pada posisi ke-80 dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia, atau ranking ke-5235 se-dunia versi Webometrics. Info tentang universitas yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini dapat diperoleh melalui laman https://w3.uinsby.ac.id/.

8. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Masih dari daerah Jawa Timur, ada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang juga masuk dalam 100 besar perguruan tinggi se-Indonesia versi Webometrics. Berada pada posisi ke-99 di antara perguruan tinggi se-Indonesia, sekaligus menjadikan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bertengger sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri terbaik ke-8 se Indonesia.

Di laman resmi UIN Malang (https://www.uin-malang.ac.id/) pengunjung dapat berselancar dalam empat bahasa, yaitu: Bahasa Indonesia, Inggris, Arab, serta Mandarin.

9. Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Kampus Islam pertama di Kalimantan Barat, IAIN Pontianak, menduduki peringkat ke-9 PTKN terbaik se-Indonesia. Berdasarkan pemeringkatan Webometrics, IAIN Pontianak berada diurutan ke-104 dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia. Melalui laman https://iainptk.ac.id/, pengunjung dapat mengetahui berbagai informasi terkini dari IAIN Pontianak.

Baca Juga: Ada Kampus Jamu di Solo, Satu-Satunya di Indonesia Hlo

10. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Akhirnya, di posisi ke-10 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri terbaik se Indonesia, ada UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Berdasarkan data Webometrics, dibandingkan dengan seluruh perguruan tinggi se-Indonesia, UIN Sultan Syarif Kasim Riau berada pada peringkat ke-107. Informasi terkait universitas yang telah berkomitmen untuk menjadi World Class University ini dapat diakses pada laman https://uin-suska.ac.id/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya