Inflasi Terkendali, Pemerintah Terus Jaga Daya Beli Masyarakat

Airlangga Hartarto menegaskan, berbagai upaya pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi membutuhkan peran dan kerja sama dari seluruh stakeholder.

 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (ekon.go.id)

SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (ekon.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Berbagai upaya pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi membutuhkan peran dan kerja sama dari seluruh stakeholder.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian  Airlangga Hartarto mengajak masyarakat untuk terus optimistis dan mengoptimalkan peran di sektor masing-masing. Hal ini untuk memberi berkontribusi dalam pemulihan ekonomi yang ujungnya bisa menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Secara khusus, Airlangga mengakui peran media menjadi sangat penting untuk mewujudkan optimisme kestabilan sosial di masyarakat.

“Dengan bekerja sama, kita akan mampu memulihkan perekonomian nasional dan menjadi shock absorber berbagai gejolak yang ada. Saya berharap kita semua terus bekerja sama menciptakan optimisme untuk Indonesia ke depannya,” tutur Airlangga, Senin (15/8/2022) dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menambahkan, kerja sama ini sudah mulai menunjukkan hasil positif, karena perekonomian nasional terus menunjukkan optimisme dan keberhasilan.

Baca Juga: Menko Airlangga Beberkan Kunci Penting Pemulihan Ekonomi Indonesia

Ekonomi nasional berhasil tumbuh di atas 5 persen pada tiga kuartal terakhir. Bahkan, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,44 persen (yoy) pada Q2 tahun 2022.

Airlangga menegaskan, capaian positif tersebut merupakan hasil dari kebijakan yang diambil pemerintah antara lain dengan menyokong sektor manufaktur dan ekspor.

Kinerja positif tersebut juga didukung inflasi yang terkendali yaitu per Juli 2022 inflasi Indonesia 4,94 peren. Angka tersebut lebih baik dari Amerika Serikat yang mencapai 8,5 persen, Jerman 7,5 peren, dan Prancis yang mencapai 6,1 persen.

“Di tengah kenaikan harga-harga energi, Indonesia masih melakukan subsidi ataupun memanfaatkan kekuatan fiskal untuk menyerap sebagian daripada kenaikan harga pangan maupun energi. Sedangkan negara-negara lain melakukan pass-through yang berarti harga energi ditransmisikan kepada masyarakat,” ujar Airlangga.

Baca Juga: RI Raih Swasembada Beras dari IRRI, Jokowi: Kerja Keras Semua Pihak

Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini mengatakan, Pemerintah masih mengalokasikan anggaran Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional sebesar Rp455,6 triliun pada 2022.

Anggaran ini untuk memulihkan ekonomi dan juga mendorong program untuk pengurangan kemiskinan ekstrem. Sementara itu, APBN secara keseluruhan diarahkan untuk menjadi shock absorber.

Pemerintah juga terus mengedepankan dan menjaga daya beli masyarakat karena sebagian besar ekonomi Indonesia juga bergantung kepada konsumsi masyarakat.

Airlangga juga menjelaskan pemerintah terus menjaga dan mendorong pemulihan di berbagai sektor yang saat ini menjadi penghela seperti sektor industri, sektor perdagangan, sektor informasi komunikasi, serta sektor pertanian.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Disebut Lebih Ramah Lingkungan, Segini Harga Panel Surya di Pasaran

      aat ini panel surya merupakan salah satu pilihan untuk mendapatkan sumber energi yang ramah lingkungan. Lantas berapa harga panel surya yang dijual di pasaran?

      Pakar Keamanan Siber Imbau Masyarakat Tidak Asal Klik Link dan Instal Aplikasi

      Pakar Keamanan siber mengimbau kepada masyarakat untuk tidak asal klik link (tautan) yang mencurigakan atau mirip-mirip dengan akun resmi perbankan.

      Resesi Global Disebut Semakin Dekat, Ini Dampaknya bagi Indonesia

      Menteri Keuangan Sri Mulyani memprediksi resesi global terjadi pada tahun depan. Lantas pada dampak resesi global bagi perekonomian Indonesia?

      Komisaris Independen BSI Arief Rosyid Hasan Luncurkan Empat Buku

      Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI) Arief Rosyid Hasan meluncurkan empat buku.

      Para Investor Pemula Merapat! Berikut Tips Investasi Saham dari Kaesang

      Kaesang Pangarep mengaku punya investasi di sektor batu bara, hiburan atau entertainment dan kupon obligasi.

      BSU Tahap 3 Cair! Begini Cara Cek Data Penerima di Ponsel hingga Pencairannya

      Sekretaris Jenderal Kemenaker Anwar Sanusi mengatakan pihaknya akan mulai mencairkan subsidi gaji tahap 3 kepada 1,3 juta penerima yang datanya telah diterima dari BPJS Ketenagakerjaan.

      Kabar Tak Sedap Masih Hantui Mi Sedaap di Mancanegara

      Kabar tak sedap kembali menghantui Mi Sedaap. Produk Mi Sedaap varian Korean Spicy Chicken ditarik dari peredaran di Hong Kong karena dianggap mengandung etilen oksida, bahan kimia yang biasa dipakai dalam pestisida.

      PT Pos Tegaskan Tak Naikkan Tarif Logistik

      Kendaraan Pos Indonesia yang menggunakan BBM jenis Pertalite hanya sedikit, karena mayoritas kendaraan perseroan menggunakan Pertamax.

      Redakan Krisis Pangan, Bank Pembangunan Asia Gagas Program Senilai US$14 Miliar

       Bank Pembangunan Asia (ADB) berencana untuk menyediakan setidaknya US$14 miliar selama 2022-2025 dalam program dukungan komprehensif untuk meredakan krisis pangan di Asia dan Pasifik.

      Ikut Luncurkan Saham Rakyat, Kaesang Pangarep: Investasi Saham Tidak Rumit

      Kaesang Pangarep dan YouTuber Kevin Hendrawan digandeng Samuel Sekuritas saat meluncurkan aplikasi Saham Rakyat versi pro, yang bertujuan memudahkan masyarakat memahami investasi saham.

      Sampai Desember 2022, Pemerintah Tak Naikkan Tarif Listrik

      Pemerintah memastikan tidak ada kenaikan tarif listrik hingga Desember 2022 untuk 13 golongan pelanggan PLN.

      Antam dan UBS Kompak Anjlok! Cek Harga Emas Pegadaian, Rabu 28 September 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Rabu (28/9/2022) hari ini terpantau turun untuk cetakan UBS dan Antam masing-masing mencatat penurunan Rp2.000 per gram.

      Pergerakan IHSG Diprediksi Melemah, Cek Saham-Saham Ini

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) disebut berpotensi melemah pada perdagangan hari ini, Rabu (28/9/2022).

      Beban Operasional Makin Tinggi, Agen Mitra Ninja Xpress Tolak Skema Komisi Baru

      Agen mitra perusahaan jasa layanan logistik last mile Ninja Xpress menolak skema baru pemberian komisi.

      Lengkap! Berikut Jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini, 28 September 2022

      Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja hadir untuk melayani masyarakat yang ingin menempuh perjalanan dari Jogja-Solo atau sebaliknya.

      Cerita Markas Hydrofarm, Usaha Pertanian Hidroponik yang Dirintis Anak Muda

      Berbekal ilmu dasar mengenai hidroponik di kampusnyadan ilmu praktik saat dirinya magang di sebuah kebun hidroponik di wilayah Palur, Karanganyar, alumnus UTP berhasil berkebun sayuran hidroponik.