RI Raih Swasembada Beras dari IRRI, Jokowi: Kerja Keras Semua Pihak

Indonesia dinilai telah swasembada beras pada periode 2019-2021 oleh IRRI.

 Direktur Jenderal IRRI Jean Balie menyerahkan penghargaan swasembada beras kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta, Minggu (14/8/2022). (Istimewa/Setkab)

SOLOPOS.COM - Direktur Jenderal IRRI Jean Balie menyerahkan penghargaan swasembada beras kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta, Minggu (14/8/2022). (Istimewa/Setkab)

Solopos.com, SOLO–Pemerintah menerima penghargaan dari International Rice Riset Insitute (IRRI) atau lembaga penelitian padi internasional karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode 2019-2021.

Penghargaan yang bertajuk Acknowledgment for Achieving Agri-food System Resiliency and Rice Self-Sufficiency during 2019-2021 through the Application of Rice Innovation Technology diserahkan Direktur Jenderal IRRI Jean Balie kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara Jakarta, Minggu (14/08/2022).

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, utamanya kepada pelaku riil yang bekerja di sawah, para petani Indonesia, atas kerja kerasnya tentu saja, para bupati, para gubernur, Kementerian Pertanian yang semuanya bekerja sama dengan riset-riset dari universitas-universitas, perguruan tinggi yang kita miliki. Ini adalah kerja yang terintegrasi, kerja bersama-sama, kerja gotong-royong, bukan hanya milik kementerian saja,” ujar Presiden Jokowi seperti dilansir laman resmi sekretariat kabinet, Minggu (14/8/2022).

Presiden menjelaskan sejak 2015 pemerintah telah giat membangun infrastruktur di bidang pertanian, seperti bendungan, embung, dan jaringan irigasi.

“Seingat saya, sampai hari ini telah diresmikan 29 bendungan besar dan tahun ini akan selesai lagi totalnya 38 bendungan. Dan sampai 2024 akan kita selesaikan kurang lebih 61 bendungan plus embung 4.500 embung, dan 1,1 juta jaringan irigasi yang telah kita bangun selama 7 tahun ini,” papar dia.

Peningkatan infrastruktur pertanian diiringi dengan pemanfaatan varietas-varietas unggul padi serta program intensifikasi dan ekstensifikasi memacu peningkatan produksi pertanian beras di tanah air sehingga Indonesia berhasil berswasembada.

Pada 2019 produksi beras di Tanah Air 31,3 juta ton, jumlah yang sama dengan produksi pada 2020 dan 2021.

Stok beras yang dimiliki Indonesia hingga akhir April 2022, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), mencapai 10,2 juta ton.

“Inilah yang menyebabkan kenapa pada hari ini diberikan kepada kita sebuah sertifikat bahwa Indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah swasembada pangan,” jelas Jokowi.

Turut hadir dalam penyerahan penghargaan ini antara lain Kepala Perwakilan FAO untuk Indonesia dan Timor Leste Rajendra Aryal, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Hadir juga sejumlah perwakilan pemerintah daerah, perwakilan rektor, serta perwakilan petani dari seluruh asosiasi pertanian di Tanah Air.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kemenkes Tunjuk 3 Lab UI Jadi Pusat Riset Vaksin

      Kemenkes menunjuk tiga lab Universitas Indonesia menjadi pusat riset vaksin dan produk bioteknologi OIC.

      Zulhas Klaim Mampu Turunkan Harga Minyak Goreng dalam 100 Hari Kerja

      Kerja Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas genap mencapai 100 hari, Jumat (23/9/2022). Zulkifli menyebut terdapat beberapa pencapaian selama 100 hari kerja, mulai dari penstabilan harga minyak goreng, hingga penandatanganan perjanjian komprehensif dengan negara-negara lain.

      Produk Impor Ilegal Rp11 Miliar Dimusnahkan Kemendag

      Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) melakukan pemusnahan barang-barang impor hasil pengawasan tata niaga impor setelah melalui kawasan pabean (post border).

      KPK Geledah Mahkamah Agung, Bukti Suap Hakim MA Ditemukan

      Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selesai melakukan penggeledahan di Gedung Mahkamah Agung (MA) dan rumah tersangka kasus suap penanganan perkara. 

      Polisi Palembang Ditahan Akibat Miliki Usaha Penampungan BBM Ilegal

      Polisi Palembang, Sumatra Selatan, menahan Aipda S, 42, oknum polisi yang diduga memiliki usaha penampungan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi ilegal di kota setempat. 

      Bukan Bengawan Solo, Ternyata Ini Dia Sungai Terdalam di Indonesia

      Bukan Bengawan Solo, berikut ini sungai terdalam di Indonesia yang kedalamannya pernah mencapai 30 meter.

      Cek Infonya, MRT Jakarta Buka 2 Lowongan Pekerjaan

      PT MRT Jakarta (Perseroda) membuka lowongan kerja untuk sejumlah posisi yang tersedia untuk edisi September 2022. 

      Driver Ojol Air Asia Bisa Tangguk Gaji Rp10 Juta per Bulan

      Driver ojol Air Asia menjadi salah satu profesi yang cukup didambakan oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, reader atau driver ojol Air Asia akan menggunakan skema yang berbeda ketimbang ojek online lainnya seperti Grab atau Gojek.

      Meski Gaji Tak Seberapa, Tunjangan Hakim Agung Ternyata Luar Biasa

      Meski memperoleh gaji pokok tak seberapa, Hakim Agung di Indonesia memperoleh tunjangan yang luar biasa.

      Pemerintah Sasar Pengembangan Logam Dasar dan Hilirisasi

      Kinerja industri logam terus meningkat pada tahun ini. Pemerintah menyasar pengembangan berbagai jenis logam dasar dengan hilirisasinya.

      Sudrajad Jadi Tersangka Suap, Ternyata Segini Gaji dan Tunjangan Hakim Agung

      Sudrajad Dimyati ditetapkan sebagai tersangka suap KPK, ternyata Hakim Agung memperoleh gaji dan tunjangan yang fantastis hlo!

      Klik cekbansos.kemensos.go.id untuk Daftar BLT BBM Mandiri Pakai HP

      Buat Anda yang belum terdaftar sebagai penerima BLT BBM Rp600.000, kamu bisa mengajukan namamu sendiri. Cara yang harus dilakukan juga cukup mudah, karena bisa mengajukan melalui HP saja.

      KPK Sarankan MA Mutasi Rotasi Pegawainya untuk Menghindari Suap

      Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengatakan lembaganya memberikan rekomendasi kepada Mahkamah Agung untuk secara rutin merotasi pegawai-pegawainya.

      Gibran Bertemu Rocky Gerung, Bahas Human Genome Hingga Social Movement

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengunjungi pengamat politik Rocky Gerung di Sentul, Jawa Barat, Jumat (23/9/2022).

      Epidemiolog: Hanya WHO yang Berwenang Mencabut Status Pandemi

      Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman menegaskan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merupakan satu-satunya pihak yang berwenang dalam pencabutan status pandemi Covid-19.