Pelangi api di langit Kerjo, Karanganyar. (Instagram/@iks_infokaresidenansolo)

Solopos.com, KARANGANYAR – Penampakan awan pelangi di Kerjo, Karanganyar, Jawa Tengah, menghebohkan warganet. Keberadaan awan pelangi diperlihatkan lewat video viral unggahan pengelola akun Instagram @iks_infokaresidenansolo, Minggu (10/11/2019).

Video viral itu memperlihatkan awan pelangi yang menghiasi langit. Keindahan warna pelangi itu sangat kontras dengan kumpulan awan putih.

“Fenomena alam, langit daerah Kerjo, Karanganyar, tadi jam 15.00 WIB,” tulis @iks_infokaresidenansolo sebagai keterangan video viral yang disambut beragam komentar warganet.

“Rumahnya unicorn itu,” komentar @annastasyar.

“Itu namanya pelangi api. Kristal es atau titik air yang membiaskan cahaya matahari,” imbuh @lathifffauzi.

“Tadi juga lihat min, saya abadikan lewat HP pribadi,” imbuh @ari_abdullah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (12/11/2019), fenomena awan pelangi itu disebut sebagai lengkungan sirkumhorizontal alias circumhorizontal arc. Ada pula yang menyebutnya dengan istilah pelangi api atau flare rainbow.

Fenomena alam pelangi api tersebut sangat langka. Sebab, fenomena alam itu terjadi saat pelangi mengelilingi matahari. Pelangi terbentuk akibat pembiasan sinar matahari dari uap air di sekitar awan.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Fenomena alam,, langit daerah kerjo Karanganyar tadi jam 15.00

Sebuah kiriman dibagikan oleh Karesidenan Solo (@iks_infokaresidenansolo) pada


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten