IHSG Masih Dipengaruhi Sentimen Negatif, Cermati Saham-Saham Ini

IHSG diperkirakan masih menghadapi sejumlah sentimen negatif pada perdagangan hari ini, Senin (4/7/2022) dengan level resistance 6.860.

 Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih menghadapi sejumlah sentimen negatif pada perdagangan hari ini, Senin (4/7/2022) dengan level resistance 6.860.

Berikut rekomendasi saham dari beragam sekuritas. Berdasarkan data Bloomberg pada Jumat (1/7/2022), IHSG ditutup melemah 1,7 persen atau 117,25 poin ke level 6.794,32.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Sepanjang perdagangan IHSG bergerak pada rentang 6.940-6.777. Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Nafan Aji Gusta Utama mengungkapkan sejumlah sentimen negatif masih membayangi IHSG pada pekan depan.

“Perkiraan sentimen penggerak IHSG pekan depan di antaranya, kekhawatiran mengenai perlambatan pertumbuhan ekonomi global, kekhawatiran resesi, kekhawatiran terhadap aggressive tightening monetary policy, hingga kekhawatiran terhadap dampak perang antara Rusia dengan Ukraina,” urainya kepada Bisnis, dikutip Bisnis, Senin (4/7/2022).

Dari data internasional, investor juga bakal menanti data-data seperti US Nonfarm Payroll. Sementara itu, dari dalam negeri data positif bisa dinantikan dari pengumuman data cadangan devisa dan indeks keyakinan konsumen.

Baca Juga: IHSG Diprediksi Lanjutkan Pelemahan, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Dari dalam negeri juga bakal rilis data penjualan eceran, serta data neraca perdagangan yang akan dinantikan para pelaku pasar.

Secara teknikal, terang Nafan pergerakan IHSG masih berada pada area down channel dengan rentang area support 6.754 hingga 6.721, serta rentang area resistance pada 6.860 hingga 6.925.

Adapun, pada penutupan pekan kemarin, data inflasi tahunan bulan Juni yang melonjak 4,35 persen ikut memengaruhi pelemahan IHSG. Hal ini mengingat hasil data inflasi umum tersebut melebihi target inflasi umum maksimum dari BI sebesar 4 persen.

Di sisi lain, hasil data S&P Global Manufacturing PMI Indonesia per Juni yang mengalami perlambatan pada level 50.2.

Baca Juga: IHSG Berpotensi Menguat, Cek Rekomendasi Saham Selasa 28 Juni 2022

“Para pelaku pasar masih khawatir dengan adanya potensi ancaman resesi akibat aggressive tightening monetary policy yang dijalankan The Fed, serta data US ISM Manufacturing PMI per Juni yang diperkirakan melambat,” tuturnya.

Rekomendasi saham Mirae Asset Sekuritas pekan depan di antaranya, CPIN, SSMS, SMRA, AMRT, ADRO, ADMR, BMRI, BBNI, ISAT, INCO, PTBA, UNTR, dan WIKA.

Artha Sekuritas Indonesia mengungkapkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melemah ke level 6.734 sampai dengan 7.000 untuk perdagangan Senin (4/7/2022).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, IHSG ditutup melemah pada perdagangan akhir pekan. IHSG ditutup di level 6.794,32 atau turun 1,69 persen pada jumat (1/7/2022).

Baca Juga : IHSG Diprediksi Menguat Tipis, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

“IHSG ditutup melemah seiring pelemahan bursa saham secara global yang cukup khawatir The Fed akan kembali menaikkan suku bunga hingga 75 bps di bulan Juli,” kata Dennies, Minggu (3/7/2022).

Di sisi lain, lanjut Dennies, data inflasi dalam negeri juga menunjukkan kenaikan ke level 4,35 persen per bulan Juni 2022. Dennies memperkirakan IHSG akan melemah pada hari ini.

Menurutnya, secara teknikal candlestick membentuk long black body dengan stochastic melebar setelah deadcross dan MACD dalam trend distribusi mengindikasikan pelemahan.

“Investor cukup khawatir akan ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed di bulan Juli ini. Sementara di awal pekan akan minim sentimen dari data ekonomi,” ucapnya.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      HUT ke-6, Ini yang Ingin Dicapai Rumah Sakit UNS

      Di usia keenam ini, RS UNS terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan dan terus berupaya mencapai target sebagai rumah sakit pendidikan utama.

      Gaji Pegawai BUMN dan PNS, Lebih Besar Mana?

      Menjadi impian para pencari kerja sebenarnya lebih besar mana, gaji pegawai negeri sipil (PNS) dibandingkan pegawai BUMN? Berikut ulasannya.

      Kenapa Emas Antam Lebih Mahal? Ini Alasannya

      Sebagai salah satu instrumen investasi, tahukah Anda kenapa emas Antam harganya lebih mahal? Begini penjelasannya.

      Tarif Ojol Naik, Driver di Solo Tak Khawatir Customer Berkurang

       Sejumlah driver ojek online (ojol) di Kota Solo tak khawatir kehilangan pelanggan bila seandainya keseluruhan tarif ojol di Kota Solo ikut naik.

      Disebut akan Naik 3 Kali Lipat, Harga Mi Instan Jadi Berapa?

      Disebut-sebut terdampak naiknya harga gandum, berapa harga mi instan jika harganya naik hingga tiga kali lipat?

      Harga Pangan Rabu 10 Agustus 2022, Minyak Hingga Cabai Turun Harga

      Pantauan harga pangan di sejumlah daerah di Indonesia terpantau stabil dan cenderung banyak mengalami penurunan harga, Rabu (10/8/2022).

      Harga Mi Instan Berpotensi Naik 3 Kali Lipat, Pengaruhi Inflasi?

      Harga mi instan dalam negeri berpotensi naik hingga 3 kali lipat lantaran tingginya harga gandum dunia akibat adanya perang Rusia-Ukraina.

      BI Ajak Pemda Gelar Operasi Pasar, Ini Tujuannya

      Menggiatkan operasi pasar (OP) sebagai langkah agar inflasi pangan bisa turun ke level 6% atau bahkan 5%.

      Hadir di Pesta Rakyat Simpedes, SuperApps BRImo Makin Diminati

      Lebih dari 25.000 warga tumpah ruah dalam Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang digelar oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Lapangan Galuh Mas, Karawang, Jawa Barat.

      Antam dan UBS Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Rabu 10 Agustus 2022

      Harga emas hari ini yang dijual di Pegadaian, Rabu (10/8/2022) terpantau naik, baik untuk cetakan Antam dan UBS.

      BEI HUT ke-45, Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat Tipis

      Bertepatan dengan HUT pasar modal Indonesia yang ke-45, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Rabu (10/8/2022) hari ini diprediksi menguat.

      BCA Butuh 5.000 Talenta Digital 5 Tahun ke Depan, Cek Kualifikasinya

      PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) terus mencari  sumber daya manusia di bidang teknologi informasi (IT) alias talenta digital dalam jumlah besar. 

      BPJS Kesehatan Kenalkan Program Rehab, Begini Cara Menggunakannya

      Program rehab ini memungkinkan peserta BPJS Kesehatan bisa mencicil tunggakan iuran.

      Berburu Pertalite di Solo hingga Malam Hari

      Antrean pembelian Pertalite di sejumlah SPBU di Kota Solo terjadi sejak Selasa (9/8/2022) siang

      Mitsubishi Kenalkan New Colt L300 di Solo, Ini Keunggulan dan Harganya

      PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan New Colt L300 kepada  konsumen loyalnya di Solo, Selasa (9/8/2022).

      Antrean Panjang di Sejumlah SPBU Solo, Warga Sulit Cari Pertalite

      Antrean panjang pengisian BBM pertalite subsidi terjadi di beberapa SPBU Kota Solo, Selasa (9/8/2022) malam.