IHSG Diprediksi Rawan Terkoreksi, Saham Perbankan Tetap Dicari

Tim riset MNC Sekuritas menyatakan IHSG bergerak cenderung flat dan ditutup pada level 7.075. Adapun pergerakan IHSG masih berada di atas MA60.

 Ilustrasi jual beli saham. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jual beli saham. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih rawan terkoreksi secara teknikal.

Tim riset MNC Sekuritas menyatakan IHSG bergerak cenderung flat dan ditutup pada level 7.075. Adapun pergerakan IHSG masih berada di atas MA60.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Posisi IHSG saat ini kami perkirakan sedang berada pada bagian dari wave c dari wave (a) dari wave [y] pada label hitam, sehingga IHSG masih rawan terkoreksi untuk menuju ke 6.870-6.920. Kabar baiknya, IHSG sedang berada di awal wave (b) dari wave [y] pada skenario merah untuk menguji area 7.200,” tulis tim, Kamis (6/10/2022).

Pada hari ini tim riset MNC Sekuritas merekomendasikan beberapa saham sebagai berikut: DOID, ELSA, PGAS, dan PTPP.

Sejumlah analis kompak menyematkan rating overweight untuk saham sektor perbankan di Indonesia didukung katalis yang mengerek kinerja hingga akhir 2022.

Analis Mirae Asset Sekuritas, Handiman Soetoyo menjelaskan, saham perbankan disukai karena likuiditas yang besar, kemampuan mengembangkan aset terutama dengan imbal hasil tinggi, dan neraca serta kualitas aset yang sehat.

“Kami mempertahankan rating overweight di sektor perbankan dengan BBRI, BMRI dan BBCA sebagai pilihan utama kami,” ujarnya dalam riset, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: Winter Tech, Si Biang Kerok Startup Lakukan PHK Besar-Besaran

Dia menambahkan, secara umum pertumbuhan top line stabil, sedangkan laba berada sedikit di atas perkiraan konsensus.

Sementara itu, Tim Analis Samuel Sekuritas, Prasetya Gunadi dan Jonathan Guyadi menyatakan, bank-bank besar memiliki modal yang lebih kuat dan untuk memitigasi risiko penurunan kualitas aset. “Kami mempertahankan rating overweight pada sektor perbankan dan melakukan roll over valuasi kami ke 2023,” paparnya dalam riset, Rabu (5/10/2022).

Bank-bank besar seperti BBRI dan BMRI masih tetap akan mengungguli bank-bank kecil, bank digital, serta bank dengan keunggulan berupa rekam jejak yang lebih baik dalam manajemen kualitas aset, permodalan yang kuat, dan penetrasi segmen dengan imbal hasil tinggi.

Adapun risiko downside saham sektor perbankan mencakup pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat dari perkiraan, pertumbuhan NIM dan pinjaman di bawah ekspektasi, dan biaya kredit yang lebih tinggi.

Baca Juga: IHSG Diperkirakan Lanjutkan Penguatan, Cek Saham-Saham Berikut

Di sisi lain, Tim Analis NH Korindo Sekuritas menjelaskan, investor tengah mengharapkan kuartal IV/2022 sebagai periode pemulihan pasar saham setelah mengalami tekanan pada September 2022.

“Pelaku pasar juga mulai mengantisipasi earning results dari big four bank dan sejumlah konsumer di akhir Oktober ini,” terangnya.

Mirae Sekuritas merekomendasikan buy untuk saham BBRI dan BBNI dengan target harga masing-masing Rp6.100 dan Rp10.900 per saham dengan potensi upside hingga 31,5 persen.

Sedangkan saham BBCA mendapat rating hold di target harga Rp9.000 per saham, disusul saham BMRI dengan trading buy dengan target harga senilai Rp11.000.

Baca Juga : Elon Musk Putuskan Lanjutkan Akuisisi Twitter

Samuel Sekuritas merekomendasikan buy untuk saham BBRI, BMRI, BBNI, dan BBTN dengan target harga kisaran Rp5.800 hingga Rp11.500. Adapun saham BBCA dilabel hold dengan target harga Rp9.400.

Pada penutupan perdagangan Rabu, (5/10/2022) IDX Finance tercatat naik 0,069 persen ke level 1.488,36.

Secara year-to-date (ytd), saham sektor finansial tersebut turun tipis sebesar 4,28 persen. Saham BBRI terkoreksi paling dalam sebesar 2,16 persen ke posisi Rp4.540 per saham, disusul BBTN dan BBCA yang turun masing-masing 1,67 persen dan 1,17 persen.

Saham BBNI ditutup stagnan pada Rp8.850, sedangkan saham BMRI terkerek 0,54 persen menjadi Rp9.275 per saham.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tak Mau Pegang Saham Teknologi, Ini Alasan Kaesang Pangarep

      Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mengaku tidak ingin memegang saham teknologi karena tren yang menurun dari sisi global.

      Terapkan Affiliate Marketing, Pengguna Tokopedia Affiliate Raih Komisi Jutaan

      Tokopedia, melalui Tokopedia Affiliate Program, mempermudah siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan komisi dengan mempromosikan jutaan produk melalui link afiliasi yang dibagikan lewat media sosial sejak awal 2022.

      Resmi Diumumkan, Berikut Daftar Lengkap Harga BBM Hari Ini

      PT Pertamina (Persero) resmi mengumumkan perubahan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi hari ini, Kamis (1/12/2022).

      Cetak Laba Rp39,31 Triliun, Kontribusi BRI untuk Negara & Rakyat Kian Meningkat

      PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI membukukan pertumbuhan laba triple digit 106,14% Year on Year (YoY) sebesar Rp39,31 triliun pada kuartal III-2022.

      Bertabur Hadiah dan Promo Menarik, Candi Vaganza Exhibition Kembali Digelar

      Selain produk dengan kualitas terbaik, Candi Vaganza Exhibition juga menghadirkan beragam promo dan hadiah menarik.

      Naik Tipis! Simak Harga Emas Antam & UBS di Pegadaian, Kamis 1 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian Kamis (1/12/2022) hari ini, terpantau naik tipis untuk cetakan Antam dan cetakan UBS.

      IHSG Berpotensi Lanjutkan Penguatan, Cek Saham-Saham Ini

      Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan penguatan pada Kamis (1/12/2022) hari ini seiring dengan rilis data inflasi.

      Jadwal Perjalanan KRL Solo-Jogja Hari Ini, Cocok untuk Sarana Liburan

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja atau Commuterline pada hari ini, Kamis (1/12/2022).

      Bunga KPR 2022 Belum Naik Meski Suku Bunga Acuan di Level 5,25%

      Bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) 2022 belum mengalami kenaikan meski Bank Indonesia menaikan suku bunga acuan.

      Sejarah Mesin ATM Pertama di Indonesia

      Berikut adalah sejarah sejarah mesin ATM pertama di Indonesia.

      KA Batara Kresna Suguhkan Sensasi Perjalanan Solo-Wonogiri

      Kereta Api (KA) Perintis Batara Kresna yang menghubungkan Solo-Wonogiri menawarkan sensasi lain dalam menikmati perjalanan.

      Meroket 2 Kali Lipat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp2.000 Triliun

      Beberapa fitur yang paling sering digunakan atau killer features BRImo antara lain Digital Saving, Registrasi BRImo, BRImo Fast Menu, Tarik Tunai Tanpa Kartu.

      Waskita Beton Precast Raih Kontrak Baru Senilai Rp1,41 Triliun

      PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSBP) optimistis kinerja perusahaan terus membaik seiring dengan adanya sejumlah katalis positif.

      Kopdar UMKM se-Jateng Program Sinergi RAMtivi Berlangsung Meriah

      Ratusan pelaku UMKM se-Jawa Tengah mengikuti acara kopi darat (kopdar) pertama kalinya dalam Program Sinergi Sejuta UMKM RAMtivi di Desa Bahasa Borobudur, Magelang, Minggu (27/11/2022).

      Produk Fesyen Lokal Tak Gentar, Media Sosial jadi Patokan

      Produk fesyen lokal mulai digandrungi masyarakat, dengan media sosial yang menjadi ceruk promosi menarik konsumen baru.