Elon Musk Putuskan Lanjutkan Akuisisi Twitter

CEO Tesla Inc. Elon Musk kembali membuat kejutan dengan memutuskan tetap akan mengakuisisi Twitter Inc. dengan harga awal US$54,20 per saham. 

 Elon Musk bos Tesla dan SpaceX. (Youtube-TED)

SOLOPOS.COM - Elon Musk bos Tesla dan SpaceX. (Youtube-TED)

Solopos.com, JAKARTA–CEO Tesla Inc. Elon Musk kembali membuat kejutan dengan memutuskan tetap akan mengakuisisi Twitter Inc. dengan harga awal US$54,20 per saham. Dilansir Bloomberg, Rabu (5/10/2022), Elon Musk membuat keputusan tersebut dalam sebuah surat ke Twitter pada hari Senin (3/10/2022), menurut keterbukaan di Securities and Exchange Commission yang mengonfirmasi laporan Bloomberg sebelumnya.

Saham Twitter naik 22% ke US$52 per saham pada penutupan perdagangan di New York. Twitter yang berbasis di San Francisco mengatakan telah menerima surat itu dan bermaksud untuk menyelesaikan kesepakatan dengan harga yang disepakati, tanpa berkomentar secara khusus tentang bagaimana ia akan menanggapi Elon.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Bagi Twitter, kelanjutan rencana ini menjadi akhir dari perjuangan selama berbulan-bulan setelah orang terkaya di dunia tersebut sebelumnya memutuskan untuk membatalkan rencana akuisisi akibat keraguan atas jumlah akun bot di platform media sosial tersebut. Sebelum kembali berubah pikiran, Elon Musk berusaha untuk mengakhiri kesepakatan untuk mengakuisisi Twitter yang ditandatangani pada bulan April.

Baca Juga Putin Bertekad Gunakan Semua di Perang Rusia Vs Ukraina

Miliarder itu mulai menunjukkan tanda-tanda penyesalan rencana pembelian tak lama setelah kesepakatan diumumkan. Ia menuduh bahwa Twitter memberikan informasi menyesatkannya mengenai jumlah akun bot.

Elon secara resmi keluar dari perjanjian pada bulan Juli dan Twitter menggugatnya di Delaware Chancery Court untuk memaksanya melanjutkan akuisisi. Persidangan dijadwalkan akan dimulai pada 17 Oktober.

Hakim di Delaware pada hari Selasa (4/10)) meminta kedua belah pihak untuk mengajukan proposal mengenai bagaimana kasus tersebut sekarang dapat dilanjutkan. Pilihannya termasuk meminta Twitter berusaha untuk menghentikan kasus tersebut atau membuatnya terus mempertahankan yurisdiksi sampai kesepakatan ditutup, kata seseorang yang mengetahui persoalan ini.

Baca Juga Empat Wilayah di Ukraina Gelar Referendum Gabung Rusia

“Dia (Elon Musk) dan pendukungnya berniat untuk melanjutkan transaksi perjanjian merger yang disepakati pada 25 April 2022, dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan di dalamnya,” tulis pengacara Elon Musk dalam suratnya ke pengadilan.

Menjelang proses pengadilan di Delaware, pengacara kedua belah pihak kerap saling balas klaim untuk menghilangkan kesaksian dan bukti. Pihak Elon perlu menunjukkan bahwa Twitter melanggar ketentuan kesepakatan. Adapun Twitter menuduh Elon menggunakan masalah bot sebagai dalih untuk membatalkan kesepakatan yang menurutnya tidak lagi masuk akal secara ekonomi.

Tim hukum Elon merasa bahwa kasus itu tidak berjalan dengan baik, karena Hakim Kathaleen St. J. McCormick berulang kali memihak Twitter dalam putusan praperadilan.

Baca Juga Pemuda Rusia Ramai-Ramai Kabur dari Wajib Militer

Bahkan dengan munculnya whistleblower Twitter yang menuduh para eksekutif tidak mengindahkan masalah keamanan dan bot, ada kekhawatiran bahwa pihak Elon tidak akan dapat membuktikan efek negatif secara material, yang menjadi standar hukum yang diperlukan untuk keluar dari kesepakatan.

Dalam memo internal Selasa kepada staf Twitter, Penasihat Umum Sean Edgett berterima kasih kepada para pekerja atas kesabaran mereka saat perusahaan berupaya menyelesaikan permasalahan hukum ini.

“Saya akan terus menginfokan kepada Anda setiap pembaruan yang signifikan,” tulisnya.

Baca Juga Aremania Tak Masuk Tim Pencari Fakta

Perdagangan saham Twitter dihentikan setelah berita itu tersiar dan tidak dilanjutkan sampai setelah perusahaan mengonfirmasi penerimaan surat Musk. Pada 13 September lalu, pemegang saham Twitter menerima tawaran akuisisi Elon.

Perusahaan mengatakan pada saat itu bahwa 98,6% suara yang diberikan mendukung kesepakatan tersebut. Elon Musk dijadwalkan untuk menjawab pertanyaan mengenai kesepakatan ini di Austin, Texas, pada 6-7 Oktober mendatang.

Chief Executive Officer Twitter Parag Agrawal dijadwalkan untuk duduk untuk desposisinya pada hari Senin pekan depan.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Surprise! Elon Musk Putuskan Lanjut Akuisisi Twitter

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bangunan 31 Ponpes NU Roboh akibat Gempa Cianjur, 30 Santri Wafat

      Rata-rata pondok pesantren dibangun menggunakan skema swadaya atau gotong royong santri atau alumni sehingga konstruksi bangunan tidak sesuai dengan spesifikasi dan rawan terhadap gempa bumi.

      Polisi Terduga Penganiaya Selebgram Farah Diba Ditahan Polda Kalsel

      Selebgram Farah Diba mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM.

      Sembilan Gempa Guncang Indonesia Hari Ini, Termasuk Cianjur dan Sukabumi

      Sembilan kali peristiwa alam itu bisa dirasakan guncangannya oleh masyarakat yang tinggal di lokasi sekitar titik gempa.

      Menolak Dipayungi, Mensos Risma Hujan-hujanan di Lokasi Pengungsian Cianjur

      Mensos Risma menolak saat hendak dipayungi oleh seorang pengungsi ketika hujan mulai turun.

      Sebut Pemimpin Berambut Putih, Jokowi Dinilai Ingin Duetkan Prabowo-Ganjar

      Jokowi dianggap ingin menduetkan Ganjar Pranowo sebagai calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto.

      Situs Purba Gunung Padang Selamat dari Gempa Cianjur

      Juru Pelihara (Jupel) Menghalit Gunung Padang, Nanang Sukamana, memastikan tidak ada kerusakan di situs tertua di dunia yang terletak di Kecamatan Campaka itu.

      Tragedi Berdarah Enam Karyawan di Virginia Dipicu Aksi Perundungan

      Berdasarkan analisis forensik karyawan Walmart, Bing yang berusia 31 tahun itu mengeluh rekan kerja mengucilkan dan memusuhinya, bahkan menertawakannya.

      Mengenal SATU Indonesia Awards, Tema Tulisan Anugerah Pewarta Astra 2022

      Tulisan jurnalis diharapkan mengisahkan harapan, optimisme, dan ajakan untuk bangkit bersama-sama dari 493 penerima SATU Indonesia Awards.

      Basarnas Evakuasi Jenazah WNA asal Inggris di Hutan Ternate

      Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) mengevakuasi sesosok mayat warga negara asing (WNA) asal Inggris ditemukan di hutan Kastela dan Jambula, Kota Ternate.

      Dosen Farmasi UNS Beberkan 4 Cara Mudah Memastikan Keamanan Obat

      Jika obat dalam kondisi tidak baik atau rusak, sebaiknya tidak digunakan atau minta diganti.

      4 Jenazah Kembali Ditemukan, Korban Meninggal Akibat Gempa Cianjur Jadi 314

      Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan mengevakuasi empat jenazah korban gempa bumi di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022).

      Kasus Suap Rektor Unila, KPK Dalami Keterlibatan Politikus PDIP Utut Adianto

      KPK mendalami praktik penitipan calon mahasiswa baru di Universitas Negeri Lampung (Unila). Wakil Ketua Komisi I DPR Fraksi PDIP Utut Adianto turut diperiksa penyidik terkait dugaan penitipan calon mahasiswa baru.

      Solopos Hari Ini: Bebannya Besar Gajinya Kecil

      Masalah kesejahteraan guru termasuk kepastian status mereka sebagai aparatur sipil negara (ASN) masih membayangi peringatan Hari Guru Nasional tahun ini.

      Di Hadapan Relawan, Jokowi Singgung Pemimpin Rambut Putih yang Pikirkan Rakyat

      Di hadapan relawannya, Presiden Jokowi menyinggung soal pemimpin berambut putih yang memandakan pemimpin memikirkan rakyat.

      4 Alasan Bali Cocok Jadi Lokasi Event Internasional Menurut Pakar Wisata UNS

      Pakar Pariwisata Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., membeberkan faktor-faktor yang membuat Bali cocok dijadikan lokasi acara tingkat internasional.