Hutan Pinus Sigrowong, Wisata Temanggung yang Bikin Hati Tenang

Terdapat juga area perkemahan yang aman dan nyaman. Sumber air yang melimpah menjadikan area perkemahan ini bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Yesaya Wisnu - Solopos.com
Selasa, 30 November 2021 - 15:41 WIB

SOLOPOS.COM - Bumi perkemahan Hutan Pinus Sigrowong (Instagram/@omahpancawarna)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Kawasan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara memiliki lokasi wisata alam hutan pinus yang menawan, yaitu Hutan Pinus Sigrowong yang terletak di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tlogopucang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Candiroto atau wilayah Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Dilansir dari situs perhutani.co.id, Sabtu (27/11/2021), Hutan Pinus Sigrowong tidak lepas dari keberadaan gua yang ada di tengah hutan tersebut yang dikenal dengan nama Taman Gua Sigrowong, Menurut cerita, gua kecil berdiameter 80 cm dan berkedalaman sekitar 7 meter tersebut dulunya adalah tempat persembunyian para tentara pelajar di Kabupaten temanggung pada saat pasukan kolonial Belanda melakukan agresi dalam kurun waktu 1949-1950.

Kawasan hutan ini memiliki track untuk offroad yang menantang adrenalin. Selain itu, terdapat juga area perkemahan yang aman dan nyaman. Sumber air yang melimpah menjadikan area perkemahan ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Gazebo juga dipasang oleh pengelola tepat di atas pohon-pohon pinus menambah daya tarik tersendiri buat siapapun yang datang untuk sekedar menatap keindahan hutan dan berswafoto.

Baca Juga: Tol Semarang-Demak Seksi II Ditarget Rampung 28 Oktober 2022

Wisata di Hutan Pinus Sigrowong ini mulai dibangun pada akhir 2016 dan dibuka pada Juni 2017 dan dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), bekerjasama dengan Perhutani dan Karang Taruna warga sekitar Desa Gesing. Wakil Ketua Pengelola Hutan Sigrowong, Ari mengatakan bahwa pengunjung yang datang selama satu bulan setelah dibuka bisa mencapai 5.000 pengunjung.

Ari juga mengatakan bahwa pengunjung juga dapat melihat penanaman dan pengelolaan kopi di kawasan wisata tersebut yang produk kopinya sudah cukup dikenal hingga pasar internasional. Untuk dapat memasuki tempat wisata ini pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam.

Baca Juga: Bukit Gendol, Gunung Api Purbakala di Lereng Merapi

Lokasi wisata Hutan Pinus Sigrowong ini terletak sekitar 5 km dari pusat Kecamatan Kandangan. Seperti suasana hutan pada umumnya, udara yang ada di wisata hutan ini sangat sejuk serta menenangkan sehingga cocok sebagai tempat untuk break sejenak dari kesibukan keseharian. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp5000 saja per orang.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif