Bukit Gendol, Gunung Api Purbakala di Lereng Merapi

Bukit Gendol terbentuk secara vulkanik dari pembentukan lava yang terjadi secara institut atau terjadi di suatu tempat, bukan hasil dari longsoran lava

 Bukit Gendol, Muntilan, Kabupaten Magelang (Sumber: Youtube.com/Jogja Plus)

SOLOPOS.COM - Bukit Gendol, Muntilan, Kabupaten Magelang (Sumber: Youtube.com/Jogja Plus)

Solopos.com, MAGELANG — Bukit Gendol merupakan perbukitan yang ada di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Oleh beberapa pakar, bukit ini selalu dikaitkan dengan aktivitas vulkanologi pegunungan sekitarnya di mana keberadaan Bukit Gebdol adalah hasil dari longsoran dan lipatan batu.

Salah satu ahli geologi dari Belanda bernama Van Bemellen yang telah melakukan penelitian mengatakan bahwa Bukit Gendol merupakan hasil dari debris avalance atau puing-puing longsoran dari letusan Gunung Merapi pada 1006 Masehi. Peristiwa letusan Gunung Merapi tersebut juga mengakibatkan dipindahkannya pusat Kerajaan Mataram Kuno ke sisi timur pulau Jawa.

PromosiPembuktian BNI Jadi Pelopor Green Banking

Sedangkan berdasarkan pakar geologi dan vulkanologi Indonesia bernama Murwanto dan Subandrio mengatakan bahwa Bukit Gendol merupakan hasil dari lipatan batu dari Pegunungan Menoreh yang ada di sekitarnya. Namun anggapan itu dibantah melalui karya tesis penelitian Bukit Gendol pada 2016 lalu

Baca Juga: Bajingan, Kuliner Unik Temanggung

Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube JOGJA PLUS yang membahas karya tesis mahasiswa Pascasarjana bernama Alva Kurniawan, jurusan Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, membantah anggapan dari pakar geologi dan vulkanologi tersebut.

Alva yang hasil tesisnya sudah diuji dan dipublikasi secara daring di situs etd.repository.ugm.ac.id/ dengan judul Kajian Genesis Perbukitan Gendol di Daerah Muntilan-Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini menuliskan bahwa Bukit Gendol terbentuk secara vulkanik dari pembentukan lava yang terjadi secara institut atau terjadi di suatu tempat, bukan hasil dari longsoran lava seperti yang dikemukakan Van Bemellen.

Asumsi tersebut sesuai dengan penelitian dan pegujian yang dia lakukan dengan menganalisa batu penyusun yang ada di Bukit Gendol. Dari hasil penelitiannya tersebut menunjukan bahwa karakteristik batu penyusun Bukit Gendol berbeda jauh dari jenis batu pijar yang ada di Gunung Merapi. Hasil penelitian ini juga membantah bahwa Bukit Gendol adalah batu lipatan dari pegunungan Menoreh karena karakteristik batu dari Pegunungan Menoreh juga berbeda dengan batu penyusun di Bukit Gendol.

Baca Juga: Mitos Ratu Kalinyamat & Larangan Pria Kudus Nikahi Wanita Jepara

Dalam tesisnya, Alva mengatakan bahwa Bukit Gendol adalah hasil dari aktivitas vulkanisme purbakala dan sudah terbentuk berjuta-juta tahun yang lalu. Dengan kata lain, Bukit Gendol memiliki usia yang lebih tua daripada Gunung Merapi dan gunung-gunung lainnya. Erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada 1006 Masehi itu justru menimbun keberadaan Bukit Gendol yang sudah ada sebelumnya.

Bukit Gendol sendiri merupakan unit lahan terisolir yang memiliki relief kasar dan berada di antara rangkaian perbukitan sekitar, seperti Bukit Sari, Bukit Pring, Bukit Depok, Bukit Lempong, Bukit Tugel dan masih banyak lagi. Bukit Gendol juga dibagi menjadi dua, yaitu utara dan selatan dengan ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan laut (mdpl).  Bukit ini juga memiliki kemiringan yang sama sehingga dikenal dengan sebutan bukit simetris.

Sumber: Youtube.com

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Keistimewaan Purworejo, Kota Kelahiran Pejuang Bangsa Indonesia

Purworejo dijuluki sebagai Kota Pejuang karena kabupaten di Jawa Tengah ini merupakan tempat kelahiran deretan tokoh bangsa Indonesia.

Gunung Prau, Spot Golden Sunrise Terbaik di Jawa Tengah

Gunung Prau yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng merupakan spot golden sunrise terbaik di Jawa Tengah.

Ini Spot Nonton Pelepasan Lampion Waisak 2022 di Borobudur

Begini cara menyaksikan pelepasan ribuan lampion dalam puncak perayaan Waisak di Candi Borobodur pada Senin (16/5/2022).

Terbanyak di Jateng, Segini Jumlah Kiai di Pati

Kabupaten Pati ternyata menjadi wilayah yang memiliki jumlah kiai terbanyak di Jawa Tengah (Jateng).

Aksi Pembacokan di Jepara, Satu Pelaku Tertangkap Satunya Buron

Seorang pelaku pembacokan menggunakan sebilah pedang di desa Ujung watu, Kecamatan Donorojo, Jepara berhasil ditangkap polisi.

Jos! Desa di Pemalang Ini Bebas dari Status Miskin Berkat Pupuk Organik

Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, bisa terlepas dari status desa miskin berkat pengolahan pupuk organik.

Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Bandara Semarang, Ini Sebabnya

Pesawat Citilink bernomor penerbangan QG 483 dengan rute Banjarmasin ke Cengkareng mengalami kerusakan mesin dan akhirnya mendarat darurat di Semarang.

Bawa 146 Penumpang, Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Semarang

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 483 mendarat darurat di Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang.

Air Berkah Waisak Diambil di Umbul Jumprit, Airnya Bisa Bikin Awet Muda

Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung, memiliki sejarah panjang dan airnya dipercaya memiliki banyak khasiat.

Disemayamkan di Candi Mendut, Ini Makna Api Dharma Waisak dari Mrapen

Api Dharma Waisak 2566 Budhist Era (BE) yang diambil dari Sumber Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, disemayamkan di Candi Mendut, Kabupaten Magelang.

Air Berkah Waisak Diambil dari Umbul di Lereng Gunung Sindoro

Air berkah Waisak 2566 Buddhis Era (BE) diambil dari lereng Gunung Sindoro tepatnya Umbul Jumprit di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Kota Lama Semarang, Spot Wisata Favorit di Jawa Tengah

Kawasan Kota Lama Semarang menjadi objek wisata terfavorit di Jawa Tengah.

Gunung Manggir, Wisata Alam Ngehits di Blora

Gunung Manggir merupakan objek wisata alam ciamik di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sakral! Begini Ritual Waisak di Candi Borobudur

Perayaan Hari Raya Triusuci Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, telah menjadi daya tarik wisata.

Blora Penghasil Kayu Jati Terbaik di Dunia, Tapi...

Separuh wilayah Kabupaten Blora yang berada di kawasan Kendeng merupakan kawasan hutan, khususnya hutan pohon jati penghasil kayu terbaik di dunia.

Geger! Mayat Perempuan Misterius Ditemukan Warga Kebumen, Ini Cirinya

Sosok mayat perempuan tanpa identitas atau misterius ditemukan warga di sebuah ladang di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen.