Hutan Pinus Sigrowong, Wisata Temanggung yang Bikin Hati Tenang

Terdapat juga area perkemahan yang aman dan nyaman. Sumber air yang melimpah menjadikan area perkemahan ini bisa dinikmati oleh semua kalangan.

 Bumi perkemahan Hutan Pinus Sigrowong (Instagram/@omahpancawarna)

SOLOPOS.COM - Bumi perkemahan Hutan Pinus Sigrowong (Instagram/@omahpancawarna)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Kawasan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara memiliki lokasi wisata alam hutan pinus yang menawan, yaitu Hutan Pinus Sigrowong yang terletak di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tlogopucang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Candiroto atau wilayah Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

PromosiTelan 155 Korban Jiwa, Begini Kedahsyatan Banjir di Soloraya pada 1966

Dilansir dari situs perhutani.co.id, Sabtu (27/11/2021), Hutan Pinus Sigrowong tidak lepas dari keberadaan gua yang ada di tengah hutan tersebut yang dikenal dengan nama Taman Gua Sigrowong, Menurut cerita, gua kecil berdiameter 80 cm dan berkedalaman sekitar 7 meter tersebut dulunya adalah tempat persembunyian para tentara pelajar di Kabupaten temanggung pada saat pasukan kolonial Belanda melakukan agresi dalam kurun waktu 1949-1950.

Kawasan hutan ini memiliki track untuk offroad yang menantang adrenalin. Selain itu, terdapat juga area perkemahan yang aman dan nyaman. Sumber air yang melimpah menjadikan area perkemahan ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Gazebo juga dipasang oleh pengelola tepat di atas pohon-pohon pinus menambah daya tarik tersendiri buat siapapun yang datang untuk sekedar menatap keindahan hutan dan berswafoto.

Baca Juga: Tol Semarang-Demak Seksi II Ditarget Rampung 28 Oktober 2022

Wisata di Hutan Pinus Sigrowong ini mulai dibangun pada akhir 2016 dan dibuka pada Juni 2017 dan dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), bekerjasama dengan Perhutani dan Karang Taruna warga sekitar Desa Gesing. Wakil Ketua Pengelola Hutan Sigrowong, Ari mengatakan bahwa pengunjung yang datang selama satu bulan setelah dibuka bisa mencapai 5.000 pengunjung.

Ari juga mengatakan bahwa pengunjung juga dapat melihat penanaman dan pengelolaan kopi di kawasan wisata tersebut yang produk kopinya sudah cukup dikenal hingga pasar internasional. Untuk dapat memasuki tempat wisata ini pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam.

Baca Juga: Bukit Gendol, Gunung Api Purbakala di Lereng Merapi

Lokasi wisata Hutan Pinus Sigrowong ini terletak sekitar 5 km dari pusat Kecamatan Kandangan. Seperti suasana hutan pada umumnya, udara yang ada di wisata hutan ini sangat sejuk serta menenangkan sehingga cocok sebagai tempat untuk break sejenak dari kesibukan keseharian. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp5000 saja per orang.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Gelar Apel, Polres Grobogan Ingin Wujudkan Zero Knalpot Brong

Polres Grobogan hingga Kamis (27/1/2022) telah menindak dan memusnahkan 215 knalpot brong dengan cara dipotong kemudian dilindas.

Bupati Tak Ingin Ada Omicron di Kabupaten Grobogan

Pemkab Grobogan tetap melakukan antisipasi, namun tidak ingin ada kasus Omicron di Grobogan.

Netizen Geger! Bupati Husein Prediksi Omicron Sudah Masuk Banyumas

Bupati Banyumas Achmad Husein membuat geger netizen setelah menyebut virus SARS CoV-2 varian Omicron telah masuk Banyumas.

Tak Cuma di Semarang, Harta Pengusaha Terkaya Asia Tersebar Luas

Aset kerajaan bisnis yang dibangun pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham, bukan hanya berada di Indonesia. Melainkan tersebar di berbagai negara.

Misteri Akhir Hayat Pengusaha Terkaya Asia Semarang: Warisan Disita

Akhir hayat Oei Tiong Ham si pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, menyimpan misteri. Baik tentang penyebab kematian hingga sengketa harta warisan.

Dibuka, Penerimaan Anggota Polri dari Jalur Sarjana, Simak Caranya Lur!

Kepolisian Republik Indonesia atau Polri membuka pendaftaran siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 2022.

Triawan Munaf Kepincut Baju Adat Ganjar Pranowo, Seperti Apa Sih?

Komisaris Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia, Triawan Munaf, tertarik dengan baju adat yang dikenakan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Kerupuk Tayamum, Makanan Legend Khas Pantura Kriuk-Kriuk Shrpp

Kerupuk/krupuk tayamum alias kerupuk pasir atau kerupuk melarat merupakan salah satu makanan khas Pantura Jawa yang melegenda.

Istana Gergaji, Warisan Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Istana Gergaji merupakan salah satu warisan peninggalan kerajaan bisnis pengusaha terkaya Asia, Oei Tiong Ham, di Semarang, Jawa Tengah.

Intip Istana Megah Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Kondisi Istana Pamularsih, salah satu peninggalan pengusaha terkaya Asia dari Semarang kini sangat memprihatinkan.

Ini Total Harta Kekayaan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang

Tidak ada yang tahu pasti total harta kekayaan pengusaha terkaya Asia asal Semarang, Oei Tiong Ham, karena asetnya pun sulit didata saking banyaknya.

Mengulik Asal Kekayaan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang

Oei Tiong Ham, pengusaha terkaya Asia asal Semarang tak hanya dikenal sebagai Raja Gula dari Semarang, tapi juga perdagangan candu atau opium.

Ini Deretan Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang yang Disita

Inilah deretan harta warisan peninggalan si pengusaha terkaya Asia dari Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham.

Warisan Pengusaha Terkaya Asia dari Semarang Disita Rezim Sukarno?

Aset warisan pengusaha terkaya se-Asia dari Semarang, Jawa Tengah, Oei Tiong Ham, disita negara pada pemerintahan Presiden Sukarno tahun 1961.

Meski Jalan Putus, PLN Berhasil Pulihkan Listrik di Pekalongan

PLN berhasil pulihkan listrik pascabencana tanah longsor yang melanda Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan.

Polres dan BIN Gelar Vaksinasi di Grobogan, Tapi Beda Sasaran

Polres Grobogan melaksanaan vaksinasi booster untuk seluruh anggotanya, sedang vaksinasi oleh BIN Jateng sasarannya anak/pelajar.