Hukum Potong Rambut saat Haid Menurut Islam

Bagaimana hukum potong rambut saat haid?

 Ilustrasi potong rambut. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi potong rambut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagaimana sebenarnya hukum potong rambut saat haid menurut Islam? Ada pemahaman bahwa dilarang hukumnya bagi wanita yang sedang menstruasi memotong kuku dan rambut.

Alasannya adalah  karena wanita yang sedang dalam kondisi haid dianggap sedang tidak suci. Sehingga ketika memotong rambut, maka bagian yang terpisah itu akan menjadi tidak suci pula. Sehingga jika rambut dan kuku ini di buang maka akan bermasalah di hari kiamat kelak.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Sedangkan menstruasi merupakan sebuah kondisi biologis yang dialami perempuan yang telah memasuki masa baligh. Menstruasi adalah peristiwa dimana keluarnya darah segar dari lubang kewanitaan dalam siklus setiap satu bulan sekali. Adapun orang haid dan nifas hanya darahnya saja yang najis, bukan orangnya. Demikian pula bagi orang yang junub.

Baca Juga: Apakah Keluar Flek Cokelat saat Puasa Bisa Bikin Batal? Ini Hukumnya

Lalu bagaimanakah hukum potong rambut saat haid menurut Islam?  Dikutip dari lirboyo.net, Jumat (12/8/2022), salah satu hal makruh yang lebih baik ditinggalkan bagi wanita haid (datang bulan/menstruasi) atau seseorang yang memiliki kewajiban mandi besar (junub) adalah menghilangkan sebagian anggota tubuhnya sebelum melakukan mandi wajib, seperti kuku, rambut, dan semacamnya.

Syekh Nawawi al-Bantani menjelaskan dalam salah satu karyanya yang berjudul Nihayah Az-Zain dengan ungkapan berikut:  “Barang siapa yang wajib mandi maka agar tidak menghilangkan satu pun dari anggota badannya walau hanya berupa darah atau kuku sehingga mandi, karena semua anggota badan akan kembali kepadanya di akherat. Jika dia menghilangkannya sebelum mandi maka hadats besar akan kembali kepadanya sebagia teguran kepadanya.”

Baca Juga: Kenali Endometriosis, Penyebab Nyeri Hebat Saat Haid

Salah satu alasan kemakruhannya adalah karena kelak di akhirat anggota yang terpotong tersebut akan kembali kepadanya dalam keadaan junub (belum suci). Pendapat ini senada dengan apa yang dipaparkan oleh Al-Ghazali dalam karya monumentalnya, Ihya ‘Ulumuddin.

Namun ulama lain tidak sependapat perihal hukum potong rambut saat haid adalah dilarang. Salah satunya adalah Imam al-Bujairomi, ia menjelaskan bahwa anggota tubuh yang dikembalikan padanya di hari kiamat adalah anggota yang ada pada saat dia meninggal dunia, bukan yang telah terpotong sebelumnya.

Sebagaimana penjelasan beliau yang dikutip dalam kitab Hasyiyah As-Syarwani berikut: “Ungkapan Al-Bujairomi: Perlu dipertimbangkan dalam pendapat tersebut, karena anggota tubuh yang dikembalikan adalah adalah anggota yang ada pada saat dia meninggal dunia, bukan seluruh kuku yang dia potong selama hidupnyaya, begitu juga bukan seluruh rambutnya.”

Hukum potong rambut saat haid ini sering disamakan dengan orang yang berkurban. Hal ini berdasarkan salah satu hadis saat Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang berkurban dilarang untuk memotong rambut dan kuku, terhitung saat memasuki tanggal 1 Zulhijjah,” (HR Muslim).

Baca Juga: Ketahui Komplikasi Trombositopenia Seperti Diidap Remaja Asal Sragen

Sebenarnya, tidak ada riwayat yang melarang potong rambut saat haid.  Demikian pula, tidak terdapat riwayat yang memerintahkan agar rambut perempuan haid yang rontok untuk dicuci bersamaan saat mandi setelah haid.

Dalam sebuah hadis disebutkan, ketika Aisyah mengikuti haji bersama Nabi SAW, sesampainya di Mekkah beliau mengalami haid. Kemudian Nabi SAW bersabda: “Tinggalkan umrahmu, lepas ikatan rambutmu dan bersisirlah,” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari sini bisa disimpulkan bahwa Rasulullah SAW tidak melarang potong rambut saat haid. Rasul bahkan menyuruh Aisyah untuk menyisir rambut.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Ujung Tanduk Nasib Piala Dunia U-20 setelah Tragedi Kanjuruhan

      Ujung Tanduk Nasib Piala Dunia U-20 setelah Tragedi Kanjuruhan

      Nasib sepak bola Indonesia berada di ujung tanduk. Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 153 orang berpotensi mengganjal Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023. Indonesia pun terancam mendapat sanksi berat lainnya dari FIFA.

      Berita Terkini

      Guru Besar FKUI Jelaskan Kerongkongan Bergeser seperti Kabar Lesti Kejora

      Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Tjandra Yoga Aditama beri penjelasan seputar kemungkinan kerongkongan bergeser seperti kabar yang berembus terkait kondisi Lesti Kejora.

      Ahli Imbau Anak-Anak Suntik Vaksin Gegara Kasus Covid Anak Naik

      Tren kasus positif Covid-19 anak-anak kian meningkat. Menurut Guru Besar Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), MTroPaed terjadinya peningkatan Covid-19 ini akibat adanya aktivitas di ruang publik, termasuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah.

      Arti Mimpi Pasangan Selingkuh

      Terasa menakutkan, berikut ini arti mimpi pasangan selingkuh.

      Ketahui Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikolog

      Ada sejumlah ciri suami selingkuh menurut psikolog.

      5 Langkah yang Harus Dilakukan Para Korban KDRT seperti Lesti Kejora

      Saat menjadi korban KDRT, ketahui langkah apa sajakah yang harus diambil.

      Dialami Lesti Kejora, Begini Hukum KDRT dalam Islam

      Dialami oleh penyanyi dangdut Lesti Kejora, begini hukum KDRT dalam Islam menurut pandangan Nahdlatul Ulama (NU online).

      Arti Mimpi Dikejar Anjing Memiliki Pertanda Baik dan Buruk

      Tak selalu menakutkan, berikut ini arti mimpi dikejar anjing.

      Menakar Untung Rugi Cukai Minuman Berpemanis dalam Kemasan

      Pengenaan cukai untuk minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) ini memiliki dua tujuan mulia yaitu untuk tujuan menjaga kesehatan penduduk Indonesia serta memberi tambahan pemasukan negara.

      Ketahui Dampak Buruk saat Anak Terpapar Gula Tambahan Terlalu Dini

      Orang tua patut lebih bijak dalam memilih makanan dan minuman dalam kemasan yang baik untuk dikonsumsi buah hati agar anak tidak terkena dampak buruk terpapar gula tambahan. 

      Ukuran Payudara Besar Lebih Berisiko Terkena Kanker Ternyata Hanya Mitos

      Kenali gejala, faktor risiko, dan juga sederet mitos dari kanker payudara.

      Arti Mimpi Melahirkan Bukan Pertanda Buruk

      Arti mimpi melahirkan sangat beragam tergantung kondisi Anda saat mendapatkan bunga tidur itu.

      Akhir Petualangan Serigala Berbulu Domba, Ayah Sejuta Anak yang Menjual Anak

      Suhendra sempat mendapat julukan sebagai “Ayah Sejuta Anak” karena menampung 55 bayi yang kelahirannya di dunia tidak diinginkan orang tuanya. Namun, ia akhirnya ditangkap polisi karena terlibat kasus penjualan anak.

      Tips Menabung agar Gaji Tidak Menguap

      Agar gaji tidak menguap begitu saja, sebaiknya terapkan tips menabung berikut ini.

      Doa yang Dibaca saat Rabiul Awal, Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW

      Berikut ini terdapat doa yang dibaca saat Rabiul Awal, bulan Maulid Nabi Muhammad SAW.

      Khutbah Jumat Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

      Berikut ini terdapat contoh teks khutbah Jumat bertemakan tentang hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.