SOLOPOS.COM - Ilustrasi nyeri haid. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Jika mengalami nyeri hebat saat haid, sebaiknya waspada lantaran rasa sakit tersebut bisa jadi merupakan salah satu dipicu oleh endometriosis. Kendati demikian beberapa wanita merasakan nyeri hebat di bagian perut ketika dalam masa menstruasi.

Namun, masalah nyeri haid hebat tersebut sering dianggap hal biasa bahkan sepele bagi beberapa wanita. Rasa sakit tersebut seringkali menjadi suatu hal yang normal juga terabaikan bagi wanita. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Spesialis Obstetri & Ginekologi Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, dokter M. Luky Satria, Sp.OG – KFER, menjelaskan endometriosis merupakan tumbuhnya jaringan endometrium atau lapisan dinding rahim yang tumbuh di luar rahim.  “Tempat yang seharusnya berada di dalam rahim, tapi ini tumbuh di luar rahim, seperti otot rahim. Itu namanya endometriosis,” kata Luky, dikutip dari keterangan resmi, seperti dikutip dari Antara pada Rabu (23/3/2022).

Baca Juga:  Ladies, Begini Cara Redakan Nyeri Haid Tanpa Obat

Endometriosis merupakan suatu penyakit yang semakin lama dapat semakin memburuk jika tidak mendapat penanganan yang tepat. Penderita endometriosis akan mengalami nyeri hebat ketika menstruasi. Namun, bagi sebagian orang menganggap hal tersebut wajar dan tidak perlu dilebih-lebihkan.

“Nyeri haid itu gejala endometriosis yang paling umum diketahui. Masalahnya, orang-orang awam menganggap nyeri haid berlebihan itu wajar,” kata Luky.

Kerap kali, orang yang mengalami nyeri haid sampai terpaksa bolos sekolah atau kerja dianggap ratu drama, padahal nyeri yang dialaminya memang berat, hanya saja dianggap biasa sehingga tidak diperiksakan kepada dokter.  “Nyeri saat haid tidak boleh disepelekan dan diabaikan begitu saja,” kata Luky.

Baca Juga: 5 Alasan Berat Badan Bertambah Saat Menstruasi

Pusat Fertilitas Bocah Indonesia sepanjang Maret menyebarkan edukasi tentang Endometriosis juga meluncurkan paket Endometriosis khusus bagi para perempuan yang mengalami gangguan endometriosis agar kaum Hawa peduli mengenai penyebab nyeri haid berlebihan dan dapat mengatasinya sejak dini.

Dikutip dari Mayo Clinic dan hellosehat.com pada Rabu (23/3/2022), jika Anda mengalami penyakit ini, jaringan dinding rahim yang tumbuh di luar rahim juga akan ikut meluruh saat mengalami haid.  Namun, jaringan yang meluruh itu tidak keluar melalui vagina seperti jaringan normal yang terdapat di dalam rahim.

Baca Juga: Menstruasi Menunjukkan Organ Reproduksi Berfungsi

Sisa-sisa endometrium yang luruh tersebut akan mengendap di sekitar organ reproduksi.  Lama-lama, endapan ini akan menyebabkan peradangan, kista, jaringan parut, dan akhirnya menimbulkan berbagai gangguan. Kista endometriosis adalah jenis kista yang terbentuk ketika jaringan endometrium tumbuh di ovarium (indung telur). Isinya berupa cairan berukuran besar pada indung telur, bahkan dapat membungkusnya.

Pada kebanyakan kasus, kondisi ini muncul akibat endometriosis yang tak diobati dengan cepat dan tepat. Itu sebabnya, beberapa wanita dengan kondisi ini berisiko mengalami kista endometriosis. Kista endometriosis memengaruhi wanita selama beberapa tahun dan dapat menyebabkan nyeri panggul kronis yang terkait dengan menstruasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya