SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Klaten masuk ke sumur di Desa Kanoman, Kecamatan Karangnongko untuk mengevakuasi seekor kucing, Sabtu (1/10/2022). (Istimewa/Satpol PP dan Damkar Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten kembali melakukan penyelamatan satwa yang tercebur ke sumur. Kali ini, penyelamatan dilakukan terhadap seekor kucing yang tercebur sumur sedalam belasan meter di Desa Kanoman, Kecamatan Karangnongko, Klaten. 

Penyelamatan seekor kucing itu dilakukan tim Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sabtu (1/10/2022) sore. Awalnya, seorang warga Dukuh Medelan, Desa Kanoman bernama Aulia melaporkan kucing miliknya tercebur sumur.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Mendapati laporan itu, regu 1 Damkar Klaten mendatangi lokasi. Penyelamatan kucing itu dilakukan tim Damkar Klaten bersama SAR Klaten.

Menggunakan teknik vertical rescue, salah satu anggota Damkar Klaten masuk ke dasar sumur dengan diameter 1,5 meter dan kedalaman 15 meter. Proses penyelamatan dilakukan di bawah guyuran hujan.

Tak ada kendala pada proses penyelamatan itu. Kucing berhasil dibawa ke permukaan sumur dan diserahkan ke pemiliknya dalam kondisi hidup.

Baca Juga: Jangan Lupa Bawa Payung, Prakiraan Cuaca Klaten Hari Ini bakal Hujan Lebat

“Menurut informasi pelapor, kucing tersebut sudah terjebak di sumur selama satu pekan,” kata salah satu anggota Damkar Klaten, Eddy Setyawan, saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (2/10/2022).

Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, menjelaskan proses penyelamatan dilakukan mulai pukul 15.15 WIB hingga 19.10 WIB.

Saat proses penyelamatan berlangsung, kawasan di wilayah Kanoman dan sekitarnya diguyur hujan. “Untuk kendala nihil. Tadi sempat diguyur hujan cukup deras. Dengan pertimbangan keselamatan petugas, proses evakuasi sempat ditunda sementara hingga hujan reda,” kata Sumino.

Baca Juga: Minggu Ada Tambahan! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

Sebagai informasi, belakangan laporan dan penanganan penyelamatan di Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten lebih banyak  ketimbang laporan dan penanganan kebakaran. Selama Januari-Agustus 2022, Damkar Klaten menangani 75 kebakaran. Sementara, laporan dan penanganan penyelamatan sebanyak 241 kegiatan.

Ratusan kegiatan itu meliputi penyelamatan ancaman hewan liar, penyelamatan domestik termasuk di dalamnya evakuasi kucing, penyelamatan kecelakaan transportasi, penyelamatan operasi darurat, penanganan pohon tumbang, sert apembersihan tumbahan oli atau bahan bakar di jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya