SOLOPOS.COM - Randal Kolo Muani mencetak gol kedua untuk Prancis saat melawan Maroko pada semifinal Piala Dunia 2022 di Stadion Al-Bayt, Al-Khor, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLOPrancis memastikan tampil di final Piala Dunia 2022 setelah menghentikan kejutan Maroko dengan skor 2-0 pada semifinal di Stadion Al-Bayt, Al-Khor, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Prancis sudah ditunggu Argentina di partai puncak yang dijadwalkan digelar Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Gol Prancis ke gawang Maroko dipersembahkan oleh Theo Hernandez ketika pertandingan baru berjalan lima menit. Satu gol lagi dicetak pemain pengganti Randal Kolo Muani pada menit ke-79. Dua gol itu lahir dari upaya Kylian Mbappe menembus pertahanan kukuh Maroko.

Baca Juga: Peserta Piala Dunia 2026 Tambah 16 Negara, Indonesia Realistis Saja

Pada laga ini Maroko lebih banyak menguasai ball possession 61,2 persen menurut catatan Transfermarkt. Namun Prancis lebih banyak melakukan percobaan tembakan ke gawang 14 kali sedangkan Maroko 13 kali.

Gol pertama Prancis lahir dari penetrasi Antoine Griezmann dan Kylian Mbappé yang melepaskan tembakan keras kaki kiri dari bagian tengah kotak penalti. Hernandez datang di sisi kanan kotak 6 yard dan melepaskan tembakan kaki kiri menyilang tanpa bisa diantisipasi penjaga gawang Maroko Yassine Bounou.

Maroko berupaya membalas gol Hernandez melalui peluang yang didapat Azzedine Ounahi dan Hakim Ziyech. Namun upaya mereka masih belum tepat sasaran.

Baca Juga: Susunan Pemain Prancis vs Maroko: Deschamps Lakukan 2 Perubahan

Olivier Giroud justru nyaris menggandakan keunggulan Les Bleus pada menit ke-17. Upayanya menyambut umpan Ibrahima Konate masih mengenai tiang gawang sebelah kiri Maroko.

Pada menit 21 Maroko memasukkan Selim Amallah menggantikan Romain Saiss karena cedera. Pertandingan agak berjalan keras dan wasit memberikan kartu kuning kepada pemain Maroko Sofiane Boufal pada menit ke-27.

Prancis beberapa kali mendapat peluang untuk memperbesar keunggulan melalui Giroud dan Mbappe namun masih membentur pertahanan kukuh Maroko. Demikian juga upaya Raphael Varane menyambut umpan Griezmann melanjutkan sepak pojok.

Baca Juga: Jelang Prancis Vs Maroko, Lloris Tak Mau Bernasib seperti Portugal dan Spanyol

Jelang babak pertama berakhir, Maroko nyaris menyamakan kedudukan jika tidak penjaga gawang Hugo Lloris terbang menghalau bola di sudut kanan bawah hasil tembakan El Yamiq.

Skor 1-0 pun bertahan dengan kemenangan Prancis di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Maroko berinisiatif menyerang untuk menyamakan kedudukan. Maroko memasukkan Attiat-Allah menggantikan Noussair Mazraoui. Pemain baru ini langsung mengancam gawang Lloris pada menit ke-53. Namun tembakannya masih meleset ke kanan gawang.

Baca Juga: Skenario Semifinal Prancis vs Maroko: Mbappe vs Hakimi

Pada menit ke-65, Prancis menarik Giroud dan memasukkan Marcus Thuram untuk mengamankan kemenangan. Dua menit kemudian, Maroko juga memasukkan darah segar Zakaria Aboukhlal menggantikan Sofiane Boufal dan Abderrazak Hamdallah menggantikan Youssef En-Nesyri.

Pertandingan berjalan dalam tempo melambat dan kendali permainan lebih banyak dipegang Maroko yang berupaya menyamakan kedudukan. Sementara Prancis lebih banyak mengandalkan serangan balik.

Beberapa kali tekanan Maroko selalu mentok di sepertiga akhir lapangan. Tidak puas dengan hal itu, pelatih Walid Reragui kembali memasukkan pemain baru pada menit ke-78. Abdessamad Ezzalzouli masuk menggantikan Selim Amallah.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Semifinal Prancis vs Maroko: Les Bleus Lebih Superior

Pergantian itu diikuti oleh Prancis dengan memasukkan Randal Koli Muani menggantikan Ousmane Dembele. Upaya Les Bleus ini langsung membuahkan hasil di menit ke-79.

Diawali oleh aksi Marcus Thuram menyodorkan umpan ke Mbappe, bola ditembakkan ke arah kiri gawang yang disambar dengan sempurna oleh Randal Koli Muani.

Unggul dua gol membuat Prancis makin di atas angin meskipun terus mendapat tekanan dari Maroko. Prancis dibombardir lewat tembakan-tembakan Abdessamad Ezzalzouli, Azzedine Ounahi dan Abderrazak Hamdallah.

Baca Juga: Messi dan Alvarez Ancaman Nyata di Final Piala Dunia 2022



Beruntung semuanya bisa dimentahkan barisan pertahanan tim Ayam Jantan yang digalang Raphael Varane dkk. Skor 2-0 tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai.

 

Strating XI Prancis vs Maroko:

Prancis (4-3-3)

Hugo Lloris (kapten); Jules Kounde, Raphael Varane, Ibrahima Konate, Theo Hernandez; Antoine Griezmann, Aurelien Tchouameni, Youssouf Fofana; Ousmane Dembele, Olivier Giroud, Kylian Mbappe. Pelatih: Didier Deschamps (Prancis)

 

Maroko (3-4-3)

Yasin Bounou; Jawad El Yamiq, Romain Saiss (kapten), Nayef Aguerd; Achraf Hakimi, Sofyan Amrabat, Azzedine Ounahi, Noussair Mazraoui; Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri, Sofiane Boufal. Pelatih: Walid Reragui (Maroko)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya