Heboh Sepatu Berlogo PKI Dijual di Jalan Kramat Jaya, Cek Faktanya
Sepatu sneakers berlogo PKI yang diklaim dijual di Jakarta. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Jagat media sosial kembali digegerkan postingan foto palu arit di salah satu gedung di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat. Beredar unggahan foto yang memperlihatkan sejumlah sepatu dengan logo palu dan arit yang diklaim mirip simbol PKI atau komunis.

Video Viral Sitkom Bajaj Bajuri 2002 Bahas Virus Corona, Cek Faktanya!

Sempat dikabarkan gedung itu dijadikan markas para pendukung ideologi komunis. Dalam unggahan foto itu, disebutkan sebuah narasi yang menilai foto itu menjadi langkah berani PKI untuk membuktikan eksistensinya di Indonesia.

"Kebenaran info ini: Alhamdulillah sudah kelacak, atas izin Allah.... Markas komunis sedang direnovasi. Kantornya sebelah Hotel Akasia, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Mari kita gagalkan !!!," tulis caption foto yang belakangan dikonfirmasi adalah hoax.

Kabar Penjahat Turun Serentak dan Gerilya di Solo Dipastikan Hoaks, Cek Faktanya!

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto menegaskan bahwa posting tersebut merupakan berita hoax. "Itu sudah dua minggu lalu viral. Gak bener tuh. Hoaks," tegasnya, sebagaimana dilansir Okezone, Rabu (3/6/2020).

Oleh sebab itu, Heru meminta agar masyarakat tidak mudah percaya dan terprovokasi dengan postingan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Pihak kepolisian juga tengah melakukan penyelidikan dan perburuan pelaku yang memposting gambar tersebut.

Beredar Video Perampokan di Alfamart Baluwarti Solo? Cek Faktanya!

Sepatu PKI Hoax

Ditelusuri Solopos.com, Rabu (3/6/2020) foto serupa diunggah dengan bahasa Spanyol. Foto yang diunggah pengguna Facebook Akhwat DiRantau juga ditemukan dalam unggahan akun Instagram @hytrape.sneakers yang dikenal sebagai akun reseller dengan produk-produk dari produsen perorangan.

Sepatu berlogo palu arit berasal dari akun berbahasa Spanyol. (Istimewa)
Sepatu berlogo palu arit berasal dari akun berbahasa latin. (Istimewa)

Dalam keterangannya, sepatu bergambar palu arit dibuat oleh perancang Spanyol Tete Calvente. Bahkan, sepatu itu memang sengaja dirancang dengan tema "Air Communist".

Lebih lanjut, tema ini dapat dibuktikan dari segi tampilan sepatu itu yang memang terdapat logo palu arit.

Sumber: Okezone


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho