Beredar Video Perampokan di Alfamart Baluwarti Solo? Cek Faktanya!
Potongan video perampokan yang sempat disebut di Alfamart Baluwarti Solo.

Solopos.com, SOLO — Video perampokan yang disertai keterangan lokasi di Alfamart Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) beredar melalui pesan berantai. Tentu hal itu sangat meresahkan, terutama bagi warga Solo.

Berdasarkan video yang diunggah, tampak dua orang menggunakan helm masuk ke minimarket dan menodongkan senjata tajam.

Mereka kemudian mengobrak-abrik mesin kasir dan menganbil sejumlah uang sebelum kabur.

Namun benarkah video perampokan itu terjadi di Alfamart Baluwarti Solo?

Berdasarkan analisa tim Solopos.com, Sabtu (18/4/2020), lokasi peristiwa pada video viral itu bukan di Alfamart Baluwarti Solo. Ada sejumlah kejanggalan yang ditemukan pada video dengan keterangan yang beredar.

Kumpulan Lirik Lagu

Yang pertama, kantong kresek yang diberikan kasir kepada pelanggan tak bertuliskan Alfamart, namun 99 Speedmart yang biasanya ada di Malaysia.

Hal itu diperkuat dengan seragam oranye yang dikenakan kasir. Kasir Alfamart biasanya mengenakan seragam merah.

UPDATE Kabar Terbaru Virus Corona di Solo

Display dagangan pada video viral itu juga sangat berbeda dan ada beberapa dagangan seperti susu dan minyak goreng yang tampak asing jika ada di Alfamart.

Model helm yang dikenakan para perampok juga tak lazim digunakan warga Indonesia. Helm seperti pada video viral itu biasanya dipakai kebanyakan warga Malaysia.

Kumpulan Kisah Misteri, Klik di Sini!

Kejanggalan selanjutnya adalah adanya seorang anak dengan seragam sekolah. Seragam sekolah yang dikenakan si anak tampak bukan seragam yang lazim dikenakan di Indonesia.

Berdasarkan penelusuran tim Solopos.com di Google Image, keterangan pada video yang menyebut perampokan di Alfamart Baluwarti itu memang salah.

Curiga Terpapar Virus Corona Tanpa Gejala? Periksa Kaki Anda

Buktinya, Google Image menyebut video itu merupakan perampokan di 99 Speedmart dan diunggah di Youtube pada 16 April 2019 silam. Dapat disimpilkan itu adalah video lama.

Dilaporkan The Star, peristiwa pada video tersebut terjadi di Seksi 17, Shah Alam, Selangor Malaysia, pada 8 Maret 2019.

Demi Rp 1,5 Juta, Pria Ini Jual Pacar & Harus Video Call Pas Lagi Main

Hal itu dipertegas polisi di Petaling Jaya, Malaysia. Pasalnya, video lawas itu juga kembali viral di Malaysia dengan keterangan salah.

"Kami mendesak publik untuk memverifikasi video atau informasi apa pun yang disampaikan kepada mereka. Jangan menyebarkan informasi yang tidak diverifikasi," kata kepolisian di Petaling Jaya, Malaysia.

Berita Kriminal Terbaru

Dengan fakta yang terungkap, bisa disimpulkan bahwa video perampokan dengan keterangan lokasi di Alfamart Baluwarti Solo memuat informasi yang salah. Lokasi kejadian yang benar adalah di Shah Alam, Selangor, Malaysia pada 8 Maret 2019.

Keren! Warga Solo Diterima Kuliah di 11 Universitas Ternama Amerika



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom