SOLOPOS.COM - Aksi seorang maling membobol kotak amal di Masjid Al Mama Tawangmangu terekan kamera CCTV. (istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Maling kotak amal di masjid Al Mama di RT 002/RW 003 Kelurahan Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar terekam kamera CCTV. Pelaku seorang diri nekat membobol dua kotak amal sekaligus di masjid tersebut. Pencurian tersebut terjadi pada Senin (18/4/2022) sekitar pukul 02.00 WIB.

Takmir Masjid Al Mama, Kimbi, menuturkan pembobolan kotak amal di masjid merupakan kali kedua dalam beberapa tahun terakhir. “Dulu kotak amal dibobol saat masjid belum dipasang kamera CCTV. Tapi yang kemarin [Senin 18/4/2022] terekam kamera CCTV,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com pada Rabu (20/4/2022).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dari rekaman kamera CCTV, pelaku masuk ke area masjid sekitar pukul 02.00 WIB. Pelaku seorang diri dan wajahnya terekam di kamera CCTV. Dalam aksinya ini, pelaku membobol dua kotak amal dengan cara mencongkelnya. Kotak amal yang berisi sejumlah uang pun langsung dibawa lari pelaku.

Baca Juga: Terpantau Kamera CCTV, Pencuri Kotak Amal Masjid di Sragen Ditangkap

“Uangnya kemungkinan tidak banyak. Karena setiap Jumat kotak amal selalu dibuka. Jadi uang didalam kotak amal tidak banyak,” kata dia.

maling kotak amal
Kotak amal di Masjid Al Mama di Tawangmangu, Karanganyar yang dbobol pencuri. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Ada empat kamera CCTV yang terpasang di area masjid. Kamera CCTV tersebut bantuan dari seseorang setelah kejadian pertama pencurian kotak amal masjid. Namun meski telah terpasang kamera CCTV, pelaku tetap nekat membobol kotak amal tersebut.

Guna mengantisipasi kasus serupa terjadi lagi, pihak pengelola masjid akan menambah jangkauan kamera CCTV. Sebab kamera CCTV yang terpasang saat ini tidak bisa menjangkau seluruhnya.

“Jadi kami tidak tahu pelaku datang menggunakan sepeda motor atau apa. Karena CCTV-nya tidak menjangkau area luar,” katanya.

Baca Juga: Tepergok Curi Kotak Amal di Sukoharjo, Pria Matesih Diamankan Polisi

Kasi Humas Polres Karanganyar, AKP Agung Purwoko, mengatakan polisi telah menerima laporan pencurian kotak amal di Masjid Al Mama Tawangmangu. Kasus tersebut masih dalam penyelidikan. Selain itu polisi juga mengumpulkan keterangan saksi dan bukti-bukti terkait salah satunya rekaman kamera CCTV.

“Kejadian berlangsung hari Senin  18 April 2022 jam 02.00 WIB. Saat ini masih penyelidikan,” katanya.

Pelaku bertindak seorang diri. Dari rekaman CCTV, pelaku masuk ke area masjid tanpa melepas helm sehingga diduga menggunakan sepeda motor saat menjalankan aksinya. Atas kasus tersebut, pihak masjid diduga mengalami kerugian sekitar Rp100.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya