Heboh BTS Meal Timbulkan Kerumunan, Ini Analisis Pakar Advertising UNS

BTS Meal merupakan menu kolaborasi perusahaan makanan cepat saji asal Amerika Serikat (AS) dengan boyband asal Korea Selatan, BTS.

Heboh BTS Meal Timbulkan Kerumunan, Ini Analisis Pakar Advertising UNS

SOLOPOS.COM - Pakar advertising Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Monika Sri Yuliarti, M.Si. (Solopos.com-Humas UNS)

Solopos.com, SOLO – Peluncuran BTS Meal di sejumlah kota bikin heboh dan menimbulkan kerumunan. Fenomena ini pun menarik perhatian pakar adverstising UNS untuk memberikan analisisnya.

Untuk diketahui BTS Meal merupakan menu kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan cepat saji asal Amerika Serikat (AS) dengan boyband asal Korea Selatan (Korsel), BTS. Sehingga mendapatkan animo yang luar biasa dari masyarakat, khususnya penggemar setia BTS, ARMY.

Bagaimana tidak, BTS Meal yang dirilis di Indonesia pada Rabu (9/6/2021) kemarin, membuat angka pemesanan luar biasa. Baik melalui aplikasi pesan antar makanan juga layanan drive thru di berbagai kota. Akibatnya, puluhan gerai yang menjual produk itu ditutup oleh Satpol PP karena menimbulkan kerumunan.

Baca juga: Cerita Ojol Solo: Yang Susah Dan Yang Senang Di Tengah Heboh Promo BTS Meal McD

Pakar advertising Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Monika Sri Yuliarti, M.Si., menyatakan bahwa kehebohan tersebut masih wajar. Sebab, BTS memiliki ARMY, yang dikenal sebagai fanbase terbesar di Asia.

“Namun, jika ditilik dari strategi advertising, yang dilakukan oleh perusahaan makanan cepat saji tersebut lebih berfokus pada digital advertising,” kata dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS ini, Kamis (10/6/2021).

Iklan BTS Meal yang ditampilkan di Youtube dan Instagram, dikemas sebagai video advertisement dan printed advertisement. Namun, Monika Sri Yuliarti, menilai dari segi isi pesan, sebenarnya tidak begitu spesial.

“Di unggahan yang berbentuk foto, tidak ada copy yang spesifik [narasi dalam unggahan]. Bahkan, termasuk caption yang juga tidak menggunakan kalimat-kalimat punchline [menghentak dan merebut perhatian netizen],” ujar Monika.

Baca juga: 1.900 Pendaftar Minati Jadi Dosen UNS Solo, Ini Lowongannya

Straight Sell

Ia menambahkan, pada unggahan lain di Instagram tentang BTS Meal yang berbentuk video, hanya berdurasi kurang lebih lima detik. Narasi salah satu member BTS, “Get the BTS Meal at M****” juga tidak secara spesifik mendesain narasi yang khas. Atau berbau ala-ala tagline sesuai campaign-nya.

“Dalam unggahan lain di Youtube, video campaign ini ditampilkan dalam versi yang lebih panjang. Berdurasi sekitar 30 detik, di mana masing-masing member BTS menyebutkan item makanan dan minuman dari paket BTS Meal,” tambahnya.

Iklan BTS Meal di Youtube tersebut dinilai Monika dalam lingkup teori strategi periklanan sebagai straight sell atau factual message. Karena, member BTS mendeskripsikan produk yang dijual secara spesifik dengan menyebutkan isi makanan dalam BTS Meal.

Baca juga: Ramai Lagi, Ini 5 Fakta Tersembunyi dari Pasar Ikan Balekambang Solo

Apakah iklan menjadi salah satu faktor penjualan BTS Meal membludak, Monika yang juga mengajar mata kuliah Advertising, Public Relations, Radio, Media, dan Gender ini mengatakan kesuksesan sebuah iklan harus dilihat secara menyeluruh dari tujuan komunikasi dan tujuan pemasarannya.

Jika kedua hal itu terpenuhi, maka iklan BTS Meal dapat dikatakan sukses. Ia mengatakan, kolaborasi dengan BTS merupakan cara perusahaan makanan cepat saji asal AS tersebut untuk meningkatkan angka penjualan di saat pandemi Covid-19.

“Secara hitungan biasanya memang campaign begini bisa mendongkrak keuntungan. Yang terjadi, saya yakin bisa meningkatkan keuntungan. Sehingga bisa dikatakan kemungkinan besar tujuan pemasarannya akan tercapai,” katanya.

Fanatisme ARMY

Monika mengatakan walau terjadi kehebohan pembelian BTS Meal di sejumlah kota. Tetap saja orang-orang yang tidak begitu menyukai K-Pop memandang fenomena ini sebagai sesuatu yang berlebihan.

Namun, di balik fanatisme ARMY yang rela mengantri dan menunggu lama untuk bisa merasakan BTS Meal, jika dilihat dari advertising appeal-nya, strategi yang digunakan dalam pengemasan iklan merupakan kombinasi antara informational dan emosional appeals.

Ia menjelaskan, disebut informational karena member BTS menjelaskan item dari makanan yang akan diterima konsumen. Disebut emotional karena BTS Meal ini berkaitan dengan keberadaan boyband asal Korsel yang mampu memberikan efek psikologis pada konsumen. Terutama bagi ARMY.

“Kalau bicara tentang fanbase, saya pikir tidak ada strategi khusus. Menggunakan selebritis yang memiliki basis fanbase sangat luas, itu saja sudah cukup. Sedang fans, tidak akan memikirkan produk apa yang mereka dapat juga tagline iklan. Yang penting, kalau selebritis idola mereka sudah muncul, sudah pasti akan langsung maju. Bahkan rela menunggu hingga 2-4 jam demi mendapatkan paket tersebut,” ucap Monika.

Baca juga: Kemesraan UNS dan Charoen Pokphand Berbuah Closed House Broiler

Selain itu ada fenomena penjualan bungkus bekas BTS Meal di sejumlah toko online. Dari pantauan uns.ac.id harga yang dipatok untuk bungkus bekas tersebut mencapai ratusan ribu rupiah.

Monika menilai fenomena ini sebagai sesuatu yang luar biasa. Namun, kehebohan itu tak lepas dengan fanatisme ARMY. Mereka sangat berperan dalam mengiklankan BTS Meal.

“Kalau ditanya wajar atau tidak, melihat ada atau tidaknya campur tangan influencer/ selebritis. Tapi kalau sudah berkaitan dengan fandom, hal-hal semacam ini sangat wajar,” pungkasnya.

 

Berita Terkait

Espos Premium

Isu Bisnis Pejabat di Balik Obat Ivermectin

Isu Bisnis Pejabat di Balik Obat Ivermectin

ICW menyatakan PT Harsen Laboratories, salah satu produsen obat Ivermectin terkait dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan politikus PDIP Ribka Tjiptaning.

Berita Terkini

IKA UNS Launching Kegiatan Gotong Royong Peduli Covid-19

Kegiatan Gotong Royong IKA UNS Peduli Covid-19 merupakan bentuk partisipasi keluarga alumni UNS dalam membantu Pemerintah menangani Covid-19.

Sidang Senat ISI Solo Tetapkan 3 Calon Rektor, Ini Sosoknya

Tiga nama ditetapkan sebagai calon Rektor Institut Seni Indonesia atau ISI Solo dalam sidang senat tertutup yang berlangsung Kamis, 22 Juli.

3 Calon Rektor ISI Solo Terpilih Secara Musyawarah Mufakat, Siapa Saja Mereka?

Peserta Sidang Senat Tertutup memutuskan secara musyarawah mufakat menetapkan tiga calon Rektor ISI Solo 2021-2025 tanpa urutan ranking.

UNS Kembangkan Nasal Cannula untuk Pasien Covid-19

Fakultas Teknik (FT) UNS Solo tengah mengembangkan nasal cannula atau selang alat bantu pernapasan pada lubang hidung pada pasien Covid-19.

Subsidi Kuota Internet Diperpanjang Sampai Akhir 2021

Pemerintah menambah alokasi anggaran untuk subsidi bantuan kuota Internet untuk pelajar dan tenaga pengajar hingga Desember 2021. 

Yayasan Pendidikan Warga Solo, Cerdaskan Anak Bangsa Sepanjang Masa

Yayasan Pendidikan Warga Solo yang telah berdiri sejak 1904 ini terus berkomitmen mencerdaskan anak bangsa sepanjang masa.

Manfaatkan Peluang, Alumnus UNS Ini Sukses Bangun Rahmat Pullet Farm di Karanganyar

Rahmat, alumnus Peternakan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang menggeluti usaha peternakan dengan merintis Rahmat Pullet Farm sejak duduk di bangku kuliah.

Dosen Prodi Teknik Kimia dan Fisika UNS Gelar Pelatihan Perakitan Sepeda Listrik

Dosen Prodi Teknik Kimia dan Fisika UNS Solo menggelar Pelatihan Perakitan Sepeda Listrik dengan Baterai Lithium.

Keren! 31 Mahasiswa ITNY Magang di Kementerian ATR/BPN

Seluruh peserta yang diterima magang di Kementerian ATR/BPN diwajibkan mengikuti pembekalan dari PPSDM selama sekitar satu bulan.

Peringati Dies Natalis ke-37, UT Surakarta Adakan Disporseni

Untuk memperingati Dies Natalis ke-37 pada September 2021, UT Surakarta dan UT daerah lainnya menggelar Disporseni.

Kuliah di UT Surakarta Ternyata Fleksibel Banget, Lulusannya Banyak yang Jadi PNS Lho

Di bawah ini terdapat berbagai keunggulan kuliah di UT Surakarta yang sifanya fleksibel banget. Lulusannya banyak yang jadi PNS lho!

UT Surakarta Jadi Pioner Pembelajaran Online Perguruan Tinggi di Indonesia

Sejak berdiri 1984 lalu, UT Surakarta menjadi pionir pembelajaran online atau e-learning perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Dua Prodi UNS Buka Kelas Internasional, Ini Keunggulannya

Keunggulan dari kelas internasional UNS ini adalah mahasiswa berkesempatan mengikuti pertukaran pelajar, summer course, sampai double degree.

Webinar FP UNS: Mahasiswa Mainkan Peran Penting dalam Implementasi CSR

Setidaknya terdapat tiga peran penting mahasiswa dalam mengkampanyekan program CSR, yakni sebagai student, organisatoris, dan agen of change. 

UNS Buka Jalur Mandiri Sarjana Gelombang Kedua, Yuk Daftar

Seleksi Mandiri UNS adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN

Pegawai UIN Raden Mas Said Solo Meninggal Positif Covid-19, Kampus Tidak Lockdown

Seorang pegawai Universitas Islam Negeri atau UIN Raden Mas Said Solo meninggal dunia saat menjalani perawatan di RS karena positif Covid-19.

Unik, Wisuda Luring-Daring UNS Plus Peragaan Busana Bernuansa Adat

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengadakan wisuda periode III secara luring (luar jaringan) dan daring (dalam jaringan).

Bangkitkan Potensi Lokal, Tim UNS Gelar Pelatihan Pengolahan Bekatul di Sukoharjo

Tim Pengabdian Riset Lingkungan dan Pengelolaan SDA UNS menggelar pelatihan pemberdayaan masyarakat non produktif untuk mengolah bekatul di Sukoharjo.

UNS Fintech Center Gelar Capacity Building Pelaksana Pengelolaan Keuangan Daerah

UNS Fintech Center memberikan edukasi bagi pegawai pemerintah Kota Salatiga di bidang kesehatan seperti pengelola Puskesmas, lalu mahasiswa dan masyarakat.

UNS Jalin Kerja Sama dengan Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Ini Tujuannya

Rektor UNS Solo, Prof. Dr. Jamal Wiwoho menandatangani nota kesepahaman antara Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dengan UNS.

3 Dosen Meninggal karena Covid-19, UNS Solo Gelar Doa Bersama Secara Daring

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo menggelar doa bersama secara daring mengingat ada tiga dosen yang meninggal karena Covid-19.

Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Tim pengabdian Riset Grup Plasma Science and Technology FMIPA UNS menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami cegah Covid-19.

Masuk Daftar Universitas Terbaik Versi QS World University Rankings 2022, Ini Komentar UNS Solo

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo masuk daftar universitas terbaik versi QS World University Rankings 2022 dengan enam aspek penilaian.

Perkuat Laboratorium Pangan, FP UNS Gandeng Balai Besar Pasca Panen 

Fakultas Pertanian UNS bersama Balai Besar Pasca Panen Kementerian Pertanian menandatangani kerja sama untuk memperkuat FP UNS sebagai laboratorium pangan.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kreativitas Mahasiswa UNS Rintis Makosta, Masker Khusus Anak

Starter-pack Makosta rintisan mahasiswa UNS merupakan paket produk masker, konektor, dan strap khusus anak-anak berbahan alami.

Heboh BTS Meal Timbulkan Kerumunan, Ini Analisis Pakar Advertising UNS

BTS Meal merupakan menu kolaborasi perusahaan makanan cepat saji asal Amerika Serikat (AS) dengan boyband asal Korea Selatan, BTS.

1.900 Pendaftar Minati Jadi Dosen UNS Solo, Ini Lowongannya

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka lowongan dosen nonpegawai negeri sipil untuk mengisi sejumlah prodi.

Kemesraan UNS dan Charoen Pokphand Berbuah Closed House Broiler

Kandang Closed House Broiler dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Prodi S-1 Peternakan FP UNS semaksimal mungkin sebagai laboratorium praktik.

Charoen Pokphand Indonesia Hibahkan Close House kepada FP UNS

Closed house yang dibangun di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, ini juga sebagai salah satu bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) atau CSR.

Halalbihalal Alumni Sastra Inggris UNS Digelar Hangat dan Penuh Kenangan

Halalbihalal dan Kongkow Virtual yang digelar Organisasi Alumni Sastra Inggris (OASIS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berlangsung hangat dan akrab.

UNS Bangun Menara 11 Lantai di Eks Rumah Rektor

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo membangun menara berketinggian 11 lantai di lahan eks rumah dinas rektor UNS yang selesai akhir 2021.

UNS Bangun Tower Sebelas Lantai, Ada Fasilitas Olahraganya, Keren!

Tower UNS berada di rumah dinas rektor yang terletak di samping boulevard UNS Solo.

UNS Kerja Sama Dengan CRUA Panama, Ini Yang Didapatkan

Kedua belah pihak sepakat untuk memformalisasi kerja sama melalui kesepakatan yang dituangkan ke dalam Letter of Collaboration (LoC).

UNS Jawametrik 2021: UNS Peringkat Satu, UI dan UGM Sepuluh Besar

Pemeringkatan oleh PUI Javanologi UNS merupakan sistem yang mampu menghubungkan satu institusi dengan institusi lain guna pengembangan budaya Jawa.

Rektor UNS: Silaturahmi Idulfitri Momentum Menyinkronkan Hati

Rektor mengajak keluarga besar LPPM UNS, Risnov, DIH dan Biro RPM dapat membangun jalinan komunikasi yang semakin baik melalui silaturahmi.

Heroik, Ini Kisah SAR UNS Evakuasi Korban Perahu Terbalik di WKO Boyolali

SAR UNS Solo berhasil mengevakuasi tiga korban meninggal dalam insiden perahu terbalik yang mengangkut 20 penumpang di Waduk Kedung Ombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

Gelar Silaturahmi, Rektor UNS Tekankan Esensi Idulfitri

Kemampuan dalam menjalani ibadah puasa di tengah pandemi merupakan buah dari asupan nutrisi keimanan dan ketaqwaan.

Teknik Sipil UNS Membahas Lokasi Ibu Kota Negara, Aman dari Gempa?

Meskipun ibu kota negara terletak di pesisir Kalimantan, tetapi batu-batuannya merupakan batuan tua.

Dosen Pertanian UNS Solo Bimbing Petani Wonogiri Hasilkan Mete Bibit Unggul

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo membimbing petani untuk menghasilkan mete bibit unggul dengan harga terjangkau.

Dosen FEB UNS Menang Research Grant Bank Indonesia, Singkirkan 1.334 Peneliti Internasional

Dosen FEB UNS Solo Tastaftiyan Risfandy memenangkan Research Grant Bank Indonesia (RGBI) 2021 mengalahkan 1.334 peneliti internasional.

UNS Raih Pendanaan PKM Terbanyak ke-6 Tingkat Nasional

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil menempati urutan ke-6 dalam pendanaan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kemendikbud.

UNS Jalin Kerja Sama dengan Kedubes Indonesia untuk Afghanistan

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menandatangani nota kesepahaman dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia untuk Afghanistan,

Revisi Sistem Penyuluhan Pertanian, DPD RI Jaring Aspirasi ke UNS

UNS dipilih sebagai salah satu lokasi seminar karena dinilai memiliki sumber daya manusia (SDM) di bidang penyuluhan pertanian yang diperhitungkan di tingkat nasional.

Video Karya Mahasiswa UNS Juara di Wonderfull Village Video’s

Wonderfull Village Video’s Contest 2021 merupakan rangkaian event Festival Online Desa Wisata 2021 dari mata kuliah Event Manajemen FEB UKSW.

Keren, Mahasiswa UNS Raih Most Intelligent Kece Cari Presenter Unesa

Bima Maulana Rahmad Hidayat mahasiswa Fisip UNS Solo berhasil menyabet juara Most Intelligent dalam Kece Cari Presenter.

Menilik Etlo.id, Industri Kreatif Produk Ecoprint Pendidikan Biologi UNS

Berawal dari Digitalpreneur UNS 2020, kini produk-produk Etlo.id sudah dipasarkan secara luring maupun daring.

Dosen Psikologi UNS Paparkan Bantuan Psikologis Pada Kekerasan Seksual

Bantuan psikologis yang diberikan secara tepat bertujuan untuk membuat korban merasa lebih aman, terhubung dengan orang lain, dan memiliki harapan.

Erick Thohir: Sinergi BUMN-Perguruan Tinggi Dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Erick Thohir mengatakan sinergi dengan perguruan tinggi tidak hanya memberikan hasil optimal untuk menghasilkan produk berkualitas dan memiliki daya saing tetapi juga membangun talenta dan generasi muda yang unggul dan siap memasuki dunia kerja.

Wisuda Masih Daring, UNS Luluskan 1.272 Orang

Meskipun sudah sempat menggelar kuliah tatap muka uji coba sejak beberapa waktu lalu, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masih mengadakan wisuda secara daring.

Dorong Optimalisasi Skill dan Kapasitas Pemuda, Impact Circle Bikin Kegiatan di UNS

Impact Circle  menggelar kegiatan #YOUthInAction: Boost Your Personal Capacity Through Social Media in Pandemic Covid-19 di Universitas Sebelas Maret (UNS).

Cerello UNS Bukukan Prestasi di Festival Ajisaka UGM 2020+

Tim Cerello UNS Solo membukukan prestasi meraih juara pertama lomba Kehumasan Risk Management di Festival Ajisaka 2020+ di UGM.

Mulai Kuliah Tatap Muka, Begini Penerapan Prokes di UNS Solo

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai membuka kuliah tatap muka uji coba, Rabu (7/4/2021). Untuk pekan ini, kuliah tatap muka di UNS hanya dibuka pada 3 fakultas,

Resmi Dikukuhkan, OASIS Diharap Berkontribusi bagi Alumni dan Prodi Sastra Inggris UNS

Pengurus Organisasi Alumni Sastra Inggris (OASIS) Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi dikukuhkan di Kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

2 Universitas Luar Negeri Masuk 10 Nomine UNS Jawametrik

UNS Jawametrik merupakan sebuah pemeringkatan berbasis TI untuk memberikan informasi tentang institusi/lembaga pengembang budaya Jawa,