Tutup Iklan

Kemesraan UNS dan Charoen Pokphand Berbuah Closed House Broiler

Kandang Closed House Broiler dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Prodi S-1 Peternakan FP UNS semaksimal mungkin sebagai laboratorium praktik.

 Peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan kandang closed house broiler kerjasama UNS Solo dan PT Charoen Pokphand Indonesia, di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. (Solopos.com-Humas UNS)

SOLOPOS.COM - Peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan kandang closed house broiler kerjasama UNS Solo dan PT Charoen Pokphand Indonesia, di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. (Solopos.com-Humas UNS)

Solopos.com, SOLO – Kerjasama antara Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dengan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk yang sudah terjalin lama berbuah dibangunnya Closed House Broiler.

Peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan kandang closed house broiler dilakukan di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Peletakan dihadiri Rektor UNS Solo, Prof. Jamal Wiwoho, Kamis (3/6/2021).

Ikut hadir, Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan, Dekan FP UNS Prof. Samanhudi. Serta perwakilan pimpinan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk.

Kandang Closed House Broiler dibangun untuk kepentingan praktik mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Peternakan Fakultas Pertanian (FP) UNS. Lahan yang digunakan merupakan hibah dari PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk.

Baca juga: Charoen Pokphand Indonesia Hibahkan Close House kepada FP UNS

Dalam sambutannya, Prof. Jamal mengatakan hubungan antara UNS dan PT Charoen Pokphan Indonesia sudah sejak lama. Sehingga membuat kedekatan di antara kedua belah pihak menjadi sangat mesra.

Pada 2018, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk pernah memberikan beasiswa kepada 20 mahasiswa FP UNS yang berasal dari keluarga kurang mampu. Masing-masing mahasiswa mendapat beasiswa sebesar Rp5 juta per semester hingga lulus.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Ini bukan yang pertama karena tahun 2018 sudah ada kerja sama. Saya yakin seyakin-yakinnya ini bukan juga yang terakhir dan semoga ada kelanjutannya,” ujar Jamal.

Hibah lahan dari PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk kepada Prodi S-1 Peternakan FP UNS untuk Kandang Closed House Broiler, lanjut Jamal, merupakan bentuk nyata kolaborasi antara perguruan tinggi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Baca juga: UNS Bangun Tower Sebelas Lantai, Ada Fasilitas Olahraganya, Keren!

Kampus Merdeka

Hal itu tentunya sesuai dengan amanat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Inovasi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim. Yang mendorong agar perguruan tinggi dapat membangun ekosistem Kampus Merdeka untuk menyelesaikan berbagai isu sosial masyarakat. Tantangan industri, dan masalah perguruan tinggi melalui kemitraan dengan industri, dunia usaha, dan dunia kerja, dan masyarakat.

“Ini bentuk-bentuk pendanaan antara UNS dengan DUDI. Mas Menteri sudah menginisiasi matching fund. UNS dengan PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk malah sudah direalisasi,” tambah Rektor UNS.

Untuk mendukung pembangunan Kandang Closed House Broiler ini, Prof. Jamal menyebut dana yang dikucurkan sebesar Rp2,3 miliar. Selain itu, UNS juga menyiapkan dana pendamping sebesar Rp800 juta.

“Saya yakin tahun-tahun ke depan bisa berbalik [untung]. Luar biasa karena UNS menjadi mitra ke-11 dari PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Tetapi, saya berharap kerja sama ini bisa berjilid,” ungkapnya.

Baca juga: Pesisir Wonogiri Diklaim Aman dari Tsunami, Tapi Kudu Waspada Gempa

Prof Jamal meminta agar Kandang Closed House Broiler dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Prodi S-1 Peternakan FP UNS semaksimal mungkin sebagai laboratorium praktik.

Ia juga mengingatkan agar hasil yang dicapai dari Kandang Closed House Broiler tidak hanya mendatangkan manfaat bagi UNS saja. Namun masyarakat di sekitar juga harus merasakan dampak positifnya.

“Hibah ini luar biasa karena ini juga merupakan realisasi dari gagasan besar Mas Menteri. Saya yakin dengan dibangunnya Kandang Closed House Broiler ini para mahasiswa kalau teori bisa di Kentingan dan praktiknya ada di sini. Saya berharap anak-anak mampu mengunakan ini sebagai laboratorium praktik. Untuk belajar bagaimana mempraktikkan, memanage, sampai mendistribusikan ayam,” pungkas Prof. Jamal

 

 


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.