Hari Raya Waisak, Candi Borobudur Tetap Buka Untuk Umum Lur

Pengelola Candi Borobudur di Magelang tetap akan membuka objek wisata itu untuk umum pada Hari Raya Waisak. Namun dengan sejumlah pengaturan.

 Rangkaian perayaan perayaan Waisak 2566 BE di wisata super prioritas Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. (Istimewa/GM Borobudur).

SOLOPOS.COM - Rangkaian perayaan perayaan Waisak 2566 BE di wisata super prioritas Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. (Istimewa/GM Borobudur).

Solopos.com, MAGELANG — Selama rangkaian perayaan Waisak 2566 BE, destinasi wisata superprioritas Candi Borobudur, Magelang, tetap akan dibuka untuk kunjungan umum. Kentadi demikian, pengaturan pengunjung akan diberlakukan.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro, mengatakan pengaturan pengunjung mulai dilakukan Sabtu (14/5/2022) ini saat pembagian sembako. “Sesuai dari arahan dan rapat koordinasi kemarin, pengunjung tetap diperbolehkan masuk selama kegiatan perayaan Waisak 2022,” kata Aryono saat dimintai konfirmasi, Sabtu (14/5/2022).

Promosi2030, Kuda Nil Kokain Pablo Escobar Berpotensi Jadi Wabah di Kolombia

Pada Senin 16 Mei 2022 pihaknya akan megatur arus wisatawan yang bekunjung ke Candi Borobudur. Sebab, pada hari tersebut akan belangsung prosesi jalan kaki dari Candi Mendut ke Candi Borobudur.

“Dari arahan Polres Magelang, wisatawan yang berasal dari arah Jogja dan mau ke Borobudur akan diarahkan ke simpang tiga Blondo atau Gerbang Kalpataru. Begitu juga yang dari arah Semarang dan Magelang [diarahkan ke simpang tiga Blondo],” imbuh dia.

BAca Juga: Pusat Perayaan Waisak, Candi Borobudur Simpan Misteri Siapa Penguburnya

Pengatuan tersebut sudah pengelola sosialisasikan kepada masyarakat di antaranya melalui media sosial. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Borobudur yang melalui gerbang timur atau Singa Balbapang dari pagi sudah ditutup sampai jam 14.00 WIB.

Aryono mengaku sudah menggandeng Polres dan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk antisipasi kejadian tidak diinginkan seperti halnya copet dan abainya protokol kesehatan (prokes).

“Kemudian kalau wisatawan sudah sampai Borobudur, wisatawan akan berbagi atau membaur dengan umat yang melaksanakan kegiata ibadah. Harapan saya tidak saling menggangu, semoga bisa membaur, wisatawan menikmati dan umat bisa beribadah tanpa tergganggu,” harap dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Cegah Kecelakaan, Objek Wisata Diminta Sediakan Tempat Istirahat Sopir

Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, mendesak pemerintah segera membuat kebijakan yang mewajibkan tempat wisata menyediakan tempat istirahat bagi sopir bus pariwisata.

Rob Mulai Surut, Truk Antre Masuk ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Banjir rob yang melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sudah mulai surut pada Jumat (27/5/2022).

Ganjar Ikut Salati Jenazah Buya Syafii Maarif

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, hadir secara langsung ke Kota Jogja untuk melayat jenazah mantan Ketua PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif.

Jejak Harimau di Banjarnegara Misterius, Ini Hasil Penelusuran BKSDA

Berikut hasil penelusuran BKSDA Jawa Tengah (Jateng) terkait kabar kemunculan harimau di kawasan perkebunan di dekat permukiman warga desa di Banjarnegara.

Asl-Usul Cilacap, Bekas Kekuasaan Pajajaran & Mataram Islam

Asal-usul Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah memiliki kisah sejarah yang unik.

Hampir Seluruh Pantura Jawa Tengah Tergenang Rob, Pati Paling Parah!

Kabupaten Pati disebut sebagai wilayah yang terdampak banjir rob paling parah di pesisir pantura Jawa Tengah.

Momok Sejak 1990, Ini Penyebab Utama Banjir Rob di Semarang

Penyebab banjir rob di Semarang menjadi momok yang telah diperingatkan para akademisi sejak 1990.

Pasar Kelet Jepara Kebakaran, 4 Kios Ludes Terbakar

Pasar Kelet yang ada di Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengalami kebakaran.

Menteri PUPR: Cepat Tutup Tanggul Jebol di Semarang Pakai Karung Pasir!

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memerintahkan agar tanggul yang jebol di Semarang lekas ditutup memakai karung pasir terlebih dahulu.

Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun 4 Truk di Alas Roban Batang

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Jalan Lingkar Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022) siang.

Tabrakan Karambol 4 Truk di Alas Roban, 1 Meninggal

Tabrakan karambol yang melibatkan empat truk terjadi di Alas Roban, Kabupaten Batang, Jateng, Kamis (26/5/2022).

BKSDA Jateng Sebut Jejak Satwa Liar di Banjarnegara Bukan Tapak Harimau

Warga di Desa Penawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menemukan jejak satwa liar di area persawahan dan kebun sekitar hutan Jlegong desa setempat.

Cegah Air Masuk, Pembangunan Tanggul Darurat di Tanjung Emas Dikebut

Pembangunan tanggul laut darurat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dikebut.

Ngeri! Begini Kronologi Penganiayaan Hingga Korban Tewas di Jepara

Begini kronolohi kejadian sekelompok warga menganiaya tiga pemuda hingga akhirnya satu korban meninggal dunia.

Banjir Rob, 4 Kapal Batal Bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Empat kapal gagal bongkar muat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, karena banjir rob yang menggenangi kawasan itu.