Pusat Perayaan Waisak, Candi Borobudur Simpan Misteri Siapa Penguburnya

Candi Borobudur akan digunakan sebagai pusat perayaan Waisak Indonesia pada tahun ini, di mana candi tersebut masih menyimpan misteri siapa atau apa yang menguburnya di masa lalu hingga ditemukan pada 1814.

 Pengunjung menerbangkan lampion perdamaian saat perayaan Waisak 2563 BE/2019 di Taman Lubini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/5/2019). Pelepasan ribuan lampion itu merupakan simbol perdamaian serta menjadi rangkaian perayaan Tri Suci Waisak.(ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO)

SOLOPOS.COM - Pengunjung menerbangkan lampion perdamaian saat perayaan Waisak 2563 BE/2019 di Taman Lubini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/5/2019). Pelepasan ribuan lampion itu merupakan simbol perdamaian serta menjadi rangkaian perayaan Tri Suci Waisak.(ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO)

Solopos.com, MAGELANG — Candi Borobudur akan digunakan sebagai pusat perayaan Waisak Indonesia pada tahun ini setelah absen selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19, di mana candi tersebut masih menyimpan misteri siapa atau apa yang menguburnya di masa lalu hingga ditemukan pada 1814. Kondisi saat ditemukan, sebagian bangunannya tertimbun lapisan abu gunung api setebal 200 sentimeter dan semak belukar. 

Saat itu, bahkan, bangunan candi yang menjadi pusat ibadah umat Buddha tersebut sudah terkubur selama ratusan tahun. Konon, Candi Borobudur dibangun di tengah danau dan digambarkan bak ceplok bunga teratai yang tumbuh di tengah kolam. Menurut cerita, arsiteknya adalah pendeta Buddha bernama Gunadharma.

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Terpopuler Hari Ini

Kronologi Anak Ridwan Kamil Hilang Terseret Arus Sungai Aare Swiss

Insiden anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, hilang di Sungai Aare Bern Swiss bermula saat dia berenang di Sungai Aare, Bern, bersama adik dan kawannya.

Gempar! Ditemukan Mayat Membusuk Di Pinggir Bengawan Solo Karanganyar

Mayat laki-laki yang tak diketahui identitasnya ditemukan sudah membusuk di pinggir Sungai Bengawan Solo wilayah Sroyo, Jaten, Karanganyar.

Viral! Cerita Wisatawan Dipaksa Naik Jip ke Bunker Kaliadem Merapi

Rombongan wisatawan yang hendak ke obyek Bunker Kaliadem dipaksa untuk menggunakan jasa mobil jip, cerita itu kemudian viral di media sosial.

Kondisi Terkini Anak Ridwan Kamil yang Hilang di Swiss

Begini kondisi terkini anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, yang hilang saat berenang di Sungai Aaree, Bern, Swiss.

BREAKING NEWS: Anak Ridwan Kamil Hilang Terseret Arus Sungai di Swiss

Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D Hadad mengatakan insiden anak Ridwan Kamil terseret Sungai Aaree di Bern, Swiss, terjadi pada Kamis (26/5/2022).

Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun 4 Truk di Alas Roban Batang

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Jalan Lingkar Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022) siang.

Terkuak! Ini Identitas Lelaki Ditemukan Meninggal di Tepi Bengawan Solo

Identitas jenazah lelaki yang ditemukan dalam kondisi memprihatinkan di tepi aliran Sungai Bengawan Solo pada Kamis (26/5/2022) malam, akhirnya terungkap.

Profil Eril Khan, Anak Ridwan Kamil yang Hilang di Swiss

Inilah profil anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz alias Eril, yang hilang terseret arus di Sungai Aaree.

Tim Gabungan Sisir Wonogiri Kota Semalam, Ada Apa?

Tim gabungan Polres Wonogiri, Kodim 0728/Wonogiri, dan Satpol PP Wonogiri menyisir area perkotaan Wonogiri pada Kamis (26/5/2022) malam.

Sejarah Hari Ini: 27 Mei 2006, Gempa Bumi Guncang Jogja

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 27 Mei.

Fakta Unik Sungai Aaree, Lokasi Anak Ridwan Kamil Terseret Arus

Inilah sederet fakta unik Sungai Aare di Bern, Swiss, lokasi anak Ridwan Kamil hilang terseret arus.

Timnas Indonesia U-19 Bawa 22 Pemain ke Toulon Cup, 2 dari Persis Solo

Timnas Indonesia U-19 telah menuntaskan pemusatan latihan di Stadion Madya Senayan Jakarta sejak 16 Mei 2022 untuk menghadapi Toulon Cup Prancis.

Pemain Naturalisasi Jordi-Sandy Diajak Gabung Latihan Timnas Indonesia

Pemain baru naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh diajak bergabung latihan dengan Timnas Indonesia jelang laga FIFA Match Day.

Cepat Banget! Segini Waktu Tempuh Solo Balapan-Palur Naik KRL

Waktu tempuh Solo Balapan-Palur menggunakan kereta rel listrik atau KRL jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan bus.

BREAKING NEWS: Muhammadiyah Berduka, Buya Syafii Maarif Wafat

Mantan Ketum PP Muhammadiyah Syafii Maarif wafat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, DI Yogyakarta.

Prabowo Hingga Surya Paloh, Ketum Parpol Hadiri Pernikahan Adik Jokowi

Selain menteri dan pejabat tinggi kepolisian dan TNI, tampak sejumlah pimpinan parpol menghadiri pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua MK Anwar Usman di Solo.