Ini Tiga Kota di Jateng dengan Trafik Internet Tertinggi Versi XL Axiata, Kotamu Masuk?

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group mengakhiri agenda liputan di Semarang pada hari kedua Minggu (5/12/2021) sore.

 Solopos.com/Bony Eko Wicaksono
Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mengunjungi XL Axiata Center di Semarang, Minggu (5/12/2021).

SOLOPOS.COM - Solopos.com/Bony Eko Wicaksono Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mengunjungi XL Axiata Center di Semarang, Minggu (5/12/2021).

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021Solopos.com, SEMARANG – Perkembangan ekonomi digital tidak terlepas dari peran industri jasa telekomunikasi. Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group berkesempatan berbincang dengan tim XL Axiata untuk memotret kontribusi mereka dalam mendukung ekonomi digital di Tanah Air.

PromosiMengapa Penangkapan Pengguna Narkotika Tak Mengurangi Kasus

Pada hari kedua ekspedisi, Minggu (5/12/2021) sore, tim mengunjungi kantor XL Axiata Semarang yang berlokasi di Simpang Lima.  Sebagai informasi, Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 merupakan program Solopos Media Group yang didukung oleh Bank Nasional Indonesia (BNI), Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Candi Elektronik, Artugo, Galeri 24, Prodia, dan XL Axiata. Ekspedisi dilaksanakan selama enam hari mulai 4 Desember-9 Desember.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Layanan Prodia Mobile Paling Diminati

Head of Sales XL Axiata Area Kudus, Solo, dan Semarang, Heriantoni, mengatakan XL Axiata berkomitmen mendukung upaya pemerintah mewujudkan terus mengembangkan beragam layanan telekomunikasi yang membantu kelompok masyarakat maupun pelaku usaha dalam menjalakan roda bisnisnya. “Di Jawa Tengah, trafik data dan Internet tertinggi di tiga daerah yakni Brebes, Tegal dan Kota Semarang,” kata Heriantoni.

Bersama tim XL Axiata, Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 juga mengupas banyak hal tentang pengembangan infrastruktur yang sudah direalisasikan XL Axiata untuk mendukung transformasi digital sektor riil termasuk bagaimana XL membangun jaringan 4G hingga ke pelosok-pelosok desa terutama di Jawa Tengah.

XL Axiata terus berkembang dan memberikan kontribusi ke masyarakat. Di tengah pandemi Covid-19 juga XL Axiata mendukung berbagai kegiatan masyarakat, ke arah transformasi digital.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital, Suspensi Mitsubishi Xpander Unggul di Tol

Jaringan XL Axiata terus diperluas di berbagai daerah hingga pelosok. XL Axiata terus berkontribusi ikut membantu para pelajar dapat mengikuti pendidikan secara daring. Kemudian medukung juga ekonomi. Banyak sektor yang didukung, mulai dari UMKM [Usaha Mikro Kecil dan Menengah], kemudian sektor wisata, sektor perindustrian. Kami ikut serta mendukung pemerintah ke arah ekonomi digital.

pemberangkatan ekspedisi ekonomi digital 2021
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo (pegang bendera start, kanan) dan Sekda Solo, Ahyani (pegang bendera start, kiri) memberangkatkan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pagi. (Solopos.com-Kurniawan)

Beberapa waktu lalu, Chief Corporate Affairs XL Axiata Marwan O. Baasir menyebut di Indonesia, masyarakat memiliki kemampuan digital yang luar biasa, yang dapat dikembangkan. Hanya saja, menurut Marwan kedepan perlu didorong lagi agar memperluas jaringan ke luar, ada kemauan terus belajar, dan tidak mudah puas dengan capaian yang telah ada.

Dia mengatakan teknologi, telekomunikasi terus berkembang saat ini. Salah satunya juga teknologi untuk 5G, yang diharapkan dapat semakin maksimal dimanfaatkan masyarakat. Bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan operator lain, XL Axiata mendukung untuk mempersiapkan hal itu.

Baca Juga: Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Dari Semarang, tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 segera menuju Jakarta. Di Jakarta, beberapa agenda peliputan sudah menanti tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021. Di antaranya, memotret layanan digital Prodia Mobile bersama Direktur Transformasi Layanan Digital dan Teknologi Informasi Prodia, Andri Hidayat, kemudian memotret layanan digital jual beli emas di Galeri24. Tim juga mengagendakan berbincang bersama Pakar Ekonomi Digital Institute for Development of Economic and Financial (Indef), Nur Komaria.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Tengah Malam di Bangunan Tua Rumah Jagal Solo, Serem Lur!

Rumah jagal atau pemotongan hewan di kompleks Kantor DKPP Solo merupakan salah satu bangunan tua dari awal 1900-an yang masih terjaga keasliannya.

Pandemi Belum Berakhir, Tim Gabungan Solo Gencarkan Lagi Razia Masker

Petugas gabungan TNI, Polri, dan Pemkot Solo kembali menggencarkan razia masker untuk mengingatkan masyarakat yang mulai abai menerapkan protokol kesehatan padahal pandemi belum berakhir.

Kasus Covid-19 Wonogiri Naik, Jekek Minta PTM 100 Persen Dievaluasi

Jekek menilai perlu ada strategi baru untuk mencegah penularan Covid-19 varian Omicron di lingkungan satuan pendidikan.

Waduh, Banyak Naskah Kuno Berharga di Mangkunegaran Solo Hampir Rusak

Kondisi naskah-naskah atau manuskrip kuno di perpustakaan Reksa Pustaka Mangkunegaran Solo hampir rusak sementara upaya penyelamatan terkendala sarpras.

BBWSBS Hitung Lagi Kebutuhan Anggaran Revitalisasi Rawa Jombor

BBWSBS sebelumnya sudah mengusulkan ke Kemen PUPR agar mengalokasikan anggaran Rp68 miliar untuk kegiatan revitalisasi Rawa Jombor pada 2023.

Giliran Soropaten, Mranggen, & Manjungan Klaten Dapat SK Desa Wisata

Tiga desa yang memperoleh SK bupati Klaten tentang desa wisata, yakni Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom; Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, dan Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen.

Tambah Terus, 200-An Pemulung Mengais Rezeki di TPA Putri Cempo Solo

Jumlah pemulung yang mengais rezeki di antara tumpukan sampah TPA Putri Cempo Mojosongo, Solo, terus bertambah dari tahun ke tahun,

Sibangga Jadi Wadah Polres Sukoharjo Gali Permasalahan Masyarakat

Kapolres menambahkan permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat bukan hanya menjadi tanggung jawab kepolisian melainkan juga ada peran masyarakat di dalamnya.

Molor, Proyek 2021 Jalan Watuondo-Pogog Wonogiri Tak Kunjung Rampung

Hingga Januari ini proyek jalan Watuondo, Kecamatan Bulukerto-Pogog, Kecamatan Puhpelem senilai Rp3,985 miliar belum rampung.

Buat yang Mau Wisata Lampion Imlek, Dapat Pesan dari Kapolresta Solo

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak memberikan sejumlah pesan kepada warga yang ingin berwisata menikmati keindahan lampion Imlek di Pasar Gede dan Balai Kota Solo.

Kasus Naik Lagi, Jekek: Covid-19 Enggak Bisa Ditangkal dengan Akik

Joko Sutopo menegaskan Covid-19 tidak dapat ditangkal hanya dengan akar bahar, akik, atau benda lain yang dianggap memiliki kekuatan tertentu.

Duh, Kasus Aktif Covid-19 di Wonogiri Naik Lagi

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wonogiri menilai kasus aktif Covid-19 di Wonogiri naik lagi lantaran penerapan protokol kesehatan kendur.

Penyelesaian Sengketa Lahan Sriwedari Solo Bisa Jadi Legacy Gibran

Penyelesaian sengketa lahan Sriwedari Solo antara Pemkot dengan ahli waris RMT Wirjodiningrat bisa menjadi legacy atua warisan Gibran sebagai Wali Kota kelak.

Bupati Wonogiri Buka Ruang Audiensi dengan Tenaga Honorer

Bupati Joko Sutopo menyampaikan sampai saat ini belum mengetahui yang dimaksud pemerintah pusat mengenai penyelesaian masalah tenaga honorer dengan batas waktu 2023.

BIN Gelar Vaksinasi Dosis Kedua di SDN 2 Tegalgede Karanganyar

BIN menggelar vaksinasi dosis kedua untuk anak usia 6-11 Tahun di SDN 2 Tegalgede, Karanganyar.