SOLOPOS.COM - Panitia menyiapkan TPS pilkades di Pendapa Kantor Desa Jaten, Selogiri, Wonogiri, Selasa (24/9/2019). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Warga 186 desa di Wonogiri akan memilih calon kepala desa (cakades) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Rabu (25/9/2019) ini.

Pantauan Solopos.com, Selasa (24/9/2019), di beberapa desa para anggota panitia pilkades sibuk mempersiapkan tempat pemungutan suara (TPS). Mereka menata meja, kursi, bilik suara, dan sebagainya

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Di sejumlah desa diprediksi bakal terjadi persaingan ketat antarcalon, seperti Desa Jaten dan Desa Singodutan di Kecamatan Selogiri. Pilkades yang juga bakal panas persaingannya antara lain Pokoh Kidul, Bulusulur, Purworejo, dan Purwosari di Kecamatan Wonogiri.

Pertarungan pilkades di desa lain pun tak kalah sengit, seperti di Conto (Bulukerto). Pertarungan di Jaten diperkirakan kompetitif karena dua cakades sama-sama memiliki pengaruh.

Jaten adalah desa tempat tinggal Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. Meski lelaki yang akrab disapa Jekek itu tak menyatakan secara terang-terangan mendukung salah satu cakades, warga menilai ada cakades yang mendapat dukungan darinya.

Kedua cakades memiliki latar belakang berbeda. Cakades nomor urut 1, Kenthut Wahyuni, merupakan pengacara, sedangkan cakades nomor urut 2, Joko Santoso, anggota staf pemerintah desa setempat.

Persaingan di Singodutan juga diprediksi panas, karena dua cakades sama-sama berpengalaman di bidang pemerintahan desa. Cakades nomor urut 1, Karsanto, merupakan petahana.

Cakades nomor urut 2, Slamet Riyadi, adalah kades periode sebelum Karsanto menjabat. Sementara itu, kontestasi di pilkades lain diprediksi adem ayam, terutama yang cakadesnya merupakan pasangan suami-istri (pasutri), saudara/kerabat, bahkan ada cakades berstatus bapak dan anak.

Cakades pasutri tercatat 27 pasangan, sedangkan cakades pasangan saudara/kerabat/keluarga ada 18 pasangan. Cakades pasutri seperti di di Sonoharjo (Wonogiri), Tremes (Sidoharjo), Kulurejo (Nguntoronadi), dan Minggarharjo (Eromoko). Cakades pasangan bapak-anak ada di Ngadirojo Kidul (Ngadirojo).

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 Pilkades Jaten, Agus N.Y., saat ditemui Solopos.com di desanya, mengatakan penataan TPS hampir selesai.

Semua logistik sudah siap dan tinggal digunakan saat pencoblosan, hari ini. TPS dibagi tiga. Berdasar pembagian pemilih dalam DPT, cakades nomor urut 1 mencoblos di TPS 3, cakades nomor urut 2 di TPS 1, dan Bupati di TPS 2.

“Sore nanti [Selasa] panitia menggelar simulasi untuk memantapkan kesiapan,” kata Agus.

Wakil Ketua Panitia Pilkades Singodutan, Sariyono, menyampaikan hal senada. Dia memastikan persiapan TPS rampung 100 persen, Selasa sore atau malam. Logistik pun sudah siap dan tinggal digunakan saat pemungutan suara, Rabu ini.

Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Wonogiri, Zyqma Idatya Fitha, persiapan TPS di sebagian besar desa pelaksana pilkades sudah rampung pada Selasa.

Namun, ada beberapa desa yang belum menyelesaikan proses pelipatan surat suara. Dia meyakini persiapan selesai sebelum pencoblosan dimulai, Rabu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya