Harga Kebutuhan Pokok di Salatiga Naik Wajar Jelang Nataru
Wali Kota Salatiga, Yuliyanto. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Harga kebutuhan pokok masyarakat di Kota Salatiga, Jawa Tengah, relatif stabil atau naik dalam batas yang wajar menjelang Hari Natal dan Tahun Baru.

Dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari siaran resmi, informasi tersebut diketahui dari pemantauan harga kebutuhan pokok masyarakat yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto, Senin (23/12/2019).

“Dari pantauan harga hari ini, di tiga titik yaitu SPBE, SPBU dan juga pasar, diketahui bahwa ketersediaan bahan bakar gas LPG 3 kg, BBM sudah memadai. Demikian pula untuk kebutuhan pokok seperti daging, telur dan sebagainya, ketersediaan cukup bagus dan tidak ada lonjakan harga atau relatif stabil,”  ujarnya.

Yulianto berharap agar kestabilan harga tersebut dapat terus dipertahankan sampai akhir liburan Hari Natal dan Tahun Baru ini. Tujuannya agar masyarakat dapat menikmati liburan dengan nyaman. Namun, apabila di pasar terjadi lonjakan-lonjakan harga komoditas tertentu, Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Pasar akan melakukan operasi pasar, supaya lonjakan tersebut tidak memberatkan masyarakat.

“Insya Allah pemerintah akan turun tangan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pedagangan Kota Salatiga Kusumo Aji menjelaskan bahwa kenaikan di beberapa komoditas masih relatif wajar. Sebagai contoh, harga cabai merah naik dari Rp40.000/kg menjadi Rp50.000.kg, dan daging sapi dari Rp110.000/kg naik menjadi Rp115.000/kg.

“Untuk gas LPG 3 kg, kuota Kota Salatiga tahun 2019 adalah 2.402.667 tabung dan realisasi sampai dengan November 2019 adalah 2.145.190 tabung. Dengan kata lain, stok aman,” paparnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Bisnis


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho