SOLOPOS.COM - Pekerja menjemur gabah di salah satu usaha penggilingan padi di Kecamatan Ceper, Klaten, Rabu (1/2/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Kenaikan harga beras ini dipicu harga gabah yang semakin mahal, serta ongkos produksi yang meningkat. Bahkan, harga gabah tiap jam berubah sehingga membuat harga beras ikut terkerek naik.

Kenaikan harga beras di Solo terjadi sejak Desember 2022, harga terus naik hingga saat ini. Tren kenaikan harga beras ini menjadi penyumbang inflasi pada Januari 2023 yang dipicu oleh inflasi pangan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kenaikan harga beras ini dipicu harga gabah yang semakin mahal, serta ongkos produksi yang meningkat. Hal ini diungkapkan oleh pengusaha beras asal Sragen, Putriyunda, “Harga beras lagi tinggi sekali. Harga gabah juga mahal, harga bahan juga mahal. [Harga gabah] ganti jam ganti harga, kalau belum naik lagi harga gabah sekarang sektar Rp6.300/kg ,” ujar Putri saat dihubungi Solopos.com, pada Jumat (3/2/2023).

Ia menguraikan harga gabah terkerek naik juga disebabkan karena persaingan pabrik swasta yang berani membeli harga lebih mahal dari petani secara langsung. Pengusaha beras lainnya, Wiwit, menguraikan bahwa memang harga beras mengalami kenaikan, ia memprediksi harga beras akan normal kembali pada puncak panen 2023.

“Kemarin-kemarin belum ada panen. Sekarang sudah mulai ada panen dan dilakukan OP SPHP [Operasi Pasar Beras sebagai bagian dari program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan] dari Bulog. Alhamdulillah sudah mulai stabil,” ujar salah satu mitra Bulog Kantor Cabang Solo ini.

Panen raya akan terjadi mulai akhir Januari hingga puncak panen pada Maret 2023 nanti. Hal ini berdasarkan laman, pangannews.id.

Di Pasar Legi Solo, saat ini harga beras IR 64, dibanderol dengan harga Rp10.500/kg, harga beras premium Rp13.500/kg, harga beras mentik Rp15.000/kg, harga beras naga delanggu, Rp12.500/kg, dan harga beras Bulog, Rp9.400/kg. Data ini diperoleh dari Kepala Pasar Legi, Nur Rahmadi.

Sementara itu Kepala Pasar Nusukan, Giyarto, menguraikan, harga beras C4, dibanderol dengan harga Rp10.200/kg, harga beras Bulog medium Rp9.400/kg, harga beras IR 64 Rp12.000/kg, harga beras mentik, Rp14.000/kg, dan harga beras Bulog premium, Rp11.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya