SOLOPOS.COM - daging sapi-ilustrasi

daging sapi-ilustrasi

 

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

JOGJA-Harga daging sapi di pasar tradisional di DIY diprediksi masih akan tinggi. Adapun saat ini harga daging sapi di pasaran sudah mencapai Rp96.000 per kilogramnya.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM DIY Riyadi Ida Bagus tingginya harga daging sapi tersebut akan terjadi selama alokasi sapi impor untuk tahun ini belum masuk.

“Prediksinya akan tetap di angka Rp96.000 hingga impor masuk dan mudah-mudahan tidak naik lagi. Untuk kapan impor masuk kami belum juga masih belum pasti,” katanya, Senin(18/2/2013).

Riyadi mengungkapkan untuk impor sapi potong pada 2013 direncanakan sebanyak 80.000 ton. Jumlah tersebut, turun drastis jika dibandingkan 2012 lalu yang mencapai 600.000 ton. Namun menurutnya kebijakan impor ini cukup dilematis, karena jika dengan angka impor mencapai 80.000 ton untuk satu tahun, maka cukup sulit harga daging bisa kembali normal dibawah Rp90.000 per kilogramnya.

“Namun jika keran impor dibuka maka akan mematikan peternak dalam negeri, memang cukup dilematis kebijakan tersebut,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain karena pasokan, harga daging sapi hidup di DIY saat ini juga naik. Dimana saat ini harga sapi hidup mencapai Rp33.000 hingga Rp34.000 per kilogramnya, naik dari tadinya hanya Rp25.000 per kilogramnya.

Meski, harga cukup tinggi, namun pihaknya memastikan untuk stok sapi DIY sampai saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di DIY yang setiap harinya mencapai 3.000 sapi potong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya