SOLOPOS.COM - Jurbir Pemerintah Achmad Yurianto mengonfirmasi perihat pasien Solo yang meninggal positif virus corona. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA -- Jumlah pasien corona sembuh di Indonesia kini bertambah. Ini menjadi harapan di tengah terus meningkatnya jumlah pasien yang positif terpapar virus Corona (Covid-19) dan jumlah pasien yang meninggal dunia (19 orang).

"Ada penambahan jumlah pasien yang sebelumnya positif kini menjadi negatif," ucap Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto, Rabu (18/3/2020).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Jika hingga Selasa (17/3/2020) kemarin jumlah pasien yang sembuh hanya 9 orang, kini bertambah menjadi 11 orang. "Yang dinyatakan sembuh itu, dari Banten satu orang, DKI Jakarta sembilan orang, dan Jawa Barat satu orang," ucap Yuri.

Naik Tajam! Jumlah Pasien Positif Corona Indonesia 227, 19 Meninggal Dunia

Sebelumnya, Yuri, sapaan Achmad Yurianto, mengatakan bahwa pasien yang sembuh itu harus memenuhi beberapa syarat. Mereka telah dua kali pemeriksaan laboratorium dan hasilnya negatif serta tidak lagi menunjukkan gejala ke arah Covid-19.

"Sudah kami periksa 2 kali berturut-turut untuk virus ini dan benar-benar negatif, artinya secara fisik tidak ada lagi keluhan, secara laboratoris sudah tidak ada virusnya,'' kata Yuri pada Senin (16/3/2020) lalu.

Sebelum mengumumkan jumlah pasien corona sembuh di Indonesia itu, Yuri juga mengatakan bahwa terdapat tambahan 55 pasien baru yang terpapar virus Corona. Kini total pasien positif terinfeksi virus Corona menjadi 227 orang yang positif terpapar virus Corona.

Rasio Kematian Penyakit Covid-19 Indonesia Tertinggi di Dunia

Sedangkan yang meninggal kini bertambah menjadi 19 orang, setelah sebelumnya hanya lima orang, per Selasa kemarin.

"Kenapa jumlahnya bertambah cukup signifikan? Karena sejumlah rumah sakit belum memberikan data sejak 12 Maret lalu. Mereka baru memberikan sekarang," ucap Yuri.

Berdasarkan data yag dikeluarkan pemerintah per Rabu (18/3/2020), terdapat tambahan 55 pasien baru yang terpapar virus Corona.

Prediksi Kasus Positif Corona Indonesia Jika Diabaikan: 31 Maret Tembus 35.000

19 Meninggal Dunia

Kini total pasien positif terinfeksi virus Corona menjadi 227 orang yang positif. Bahkan, pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia kini mencapai 19 orang.

"Per pukul 12.00 Rabu 18 Maret 2020, memang terdapat penambahan jumlah pasien yang positif cukup signifikan. Total kini 227 kasus," ucap Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto, Rabu (18/3/2020). Sebelumnya, pada Selasa (17/3/2020) kemarin, jumlah pasien positif adalah 172 orang.

Penambahan jumlah pasien positif virus corona Indonesia itu tersebar di 9 provinsi. Perinciannya adalah Banten empat kasus positif, DIY Yogyakarta (1 pasien), DKI Jakarta (30 pasien), Jawa Barat (12 pasien), Jawa Tengah (2 pasien), Sumatra (1 pasien), Lampung (1 pasien), Riau (1 pasien), dan Kalimantan Timur (1 pasien).

Waspada! Solo Wilayah Penularan Lokal Virus Corona

Dengan demikian, jumlah pasien corona sembuh di Indonesia masih di bawah jumlah pasien yang meninggal dunia. Namun angka kesembuhan itu bisa meningkat dalam pekan-pekan berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya