Hanya di Kota Pekalongan, Golkar Bisa Usung Calon Sendiri di Pilkada
Ketua Harian DPD I Partai Golkar Jateng H.M. Iqbal Wibisono. (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Ketua Harian DPD I Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah Iqbal Wibisono mengakui hanya bisa mengusung pasangan calon sendiri pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020 pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Pekalongan.

"Kendati demikian, Partai Golkar ingin berpartisipasi aktif untuk mengusung atau mendukung pasangan calon peserta pilkada di 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah pada tahun ini," kata Iqbal Wibisono di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (1/1/2020).

Dalam hal ini, lanjut Iqbal, Partai Golkar bukan hanya mengusung kader sendiri, tetapi juga ikut mendukung pasangan calon dari kader parpol lainnya yang menurut kriteria memang patut untuk mendapat dukungan dari partainya. Karena dari 21 daerah, hanya di satu daerah yang bisa maju sendiri, pihaknya harus berkoalisi atau bergabung dengan partai lain.

Menyinggung target kemenangan pada Pilkada Serentak 2020 di Jawa Tengah, Iqbal mengatakan bahwa pihaknya menargetkan minimal 30 persen dari 21 kabupaten/kota yang menggelar pilkada. Iqbal lantas menyebutkan sejumlah kader Partai Golkar yang untuk sementara siap, yakni Hajah Balqis Diab (ketua DPRD Kota Pekalongan) sebagai calon wali kota, Joko Santoso (wakil bupati Demak) sebagai calon wakil bupati, Sudono (ketua DPD II Partai Golkar Purbalingga) sebagai calon wakil bupati. Selain mereka, lanjut Iqbal, Yoga Hardaya (ketua DPD II Partai Golkar Klaten) dan Yuli Astuti (wakil bupati Purworejo) juga menyatakan siap menjadi calon wakil bupati di daerah masing-masing.

Iqbal menyebutkan ke-21 daerah yang akan menyelenggarakan pemungutan suara pilkada, 23 September 2020, yakni Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Magelang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Rembang, dan Kota Solo. Berikutnya, Kabupaten Purbalingga, Boyolali, Blora, Kendal, Sukoharjo, Wonosobo, Wonogiri, Purworejo, Sragen, Klaten, Pemalang, Grobogan, dan Demak.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho