Halalbihalal di Loji Gandrung Solo, PA GMNI Soloraya Beri Pesan Ini

Persatuan Alumni GMNI Soloraya mengadakan acara halalbihalal di rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Laweyan, Minggu (22/5/2022).

 Anggota Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Soloraya berfoto bersama seusai halalbihalal di Loji Gandrung Jl Slamet Riyadi, Lweyan, Solo, Minggu (22/5/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Anggota Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Soloraya berfoto bersama seusai halalbihalal di Loji Gandrung Jl Slamet Riyadi, Lweyan, Solo, Minggu (22/5/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia atau GMNI Soloraya menggelar halalbihalal di Rumah Dinas (Rumdin) Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Jl Slamet Riyadi Solo, Minggu (22/5/2022).

Kegiatan itu dihadiri Wakil Ketua DPD GMNI Jawa Tengah (Jateng), Turtiantoro, 64, dan pengurus DPC PA GMNI dari kabupaten/kota di Soloraya. Dalam kesempatan itu, Turtiantoro menekankan pentingnya pemahaman anggota terhadap tugas mereka.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Secara konseptual ideologis apa sing perlu disinauni, apa sing perlu didiskusikan. Dalam ranah strategis apa yang perlu dilakukan, formula seperti apa dalam merespons situasi yang perlu ditindaklanjuti sebagai implementasi kebijakan,” ujarnya.

Selain itu, Turtiantoro melanjutkan alumni GMNI di Soloraya harus memahami secara menyeluruh ihwal praktik dari konsep dan ranah strategis itu. “Baik secara organisasi di cabang-cabang maupun secara individu. Mereka harus punya kesadaran itu,” katanya.

Kesadaran itu, menurut Turtiantoro, terkait prinsip normatif ideologi nasionalisme, marhaenisme dan Soekarnoisme. Setelah itu tataran ideologis harus diturunkan dalam ranah strategis yang lebih konkret dalam langkah nyata kebijakan seperti apa.

Baca Juga: Aklamasi, Hakim MK Arief Hidayat Terpilih Jadi Ketua DPP PA GMNI

Kualitas Alumni

“Misalnya untuk menanggapi dinamika isu lingkungan hidup sekarang yang banyak menimbulkan kegaduhan politik. Itu kalau dilihat dari perspektif alumni GMNI seperti apa, serta langkah strategis yang harus dilakukan seperti apa,” sambung Turtiantoro.

Sedangkan Ketua DPC PA GMNI Solo, Sutarto, dalam sambutannya mengatakan jumlah anggota PA GMNI Soloraya saat ini sebanyak 150 orang. Tapi ia meyakini jumlah itu akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu dan dinamika politik.

“Walau pun jumlahnya sedikit, secara kualitas para alumni GMNI telah mampu berkiprah di segala bidang kehidupan. Ada yang menjadi ASN atau PNS, komisioner KIP, komisioner KPU, anggota legislatif, dosen, guru,” urainya.

Baca Juga: Terpilih Secara Aklamasi, Bambang “Pacul” Wuryanto Pimpin PA GMNI Jateng

Sutarto juga bangga ada dua alumni GMNI Soloraya yang menjadi Komisioner KPU yakni Yulianto Sudrajat dari Sukoharjo, dan Handoko asal Boyolali yang menjadi komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP). “Semoga kian banyak yang jadi komisioner lembaga politik,” harapnya.

Sutarto menjelaskan DPC PA GMNI di Soloraya terbentuk melalui konferensi cabang atau Konfercab pada 14 Maret 2021. Walau baru berjalan satu tahun, dia menilai organisasi itu mempunyai potensi besar untuk terus berkembang.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Jembatan Mojo Solo Diperbaiki, Ini Jalur Alternatif yang Disiapkan

Arus lalu lintas yang melewati jalur alternatif bakal dipecah ke jalan perdesaan di wilayah Kecamatan Mojolaban dan Kecamatan Polokarto selama perbaikan Jembatan Mojo.

Ada 1.201 Bayi di Karanganyar Alami Kurang Gizi, Apa Langkah Pemkab?

Dinkes Karanganyar menyebut ada 1.201 bayi di Bumi Intanpari yang mengalami kurang gizi berdasarkan data 2021. Di sisi lain ada perbedaan data soal jumlah stunting antara versi Pemkab Karanganya dan Pemprov Jateng. 

Wow! TSJK Kumpulkan Jutaan Rupiah Per Malam Untuk Masjid Sriwedari Solo

Taman Sunan Jogo Kali (TSJK) Solo mengadakan acara charity untuk membantu dana pembangunan Masjid Taman Sriwedari dan berhasil mengumpulkan jutaan rupiah per malam.

Ortu Siswa yang Namanya Hilang di PPDB SMAN 1 Gondang Lapor Polisi

Yakin ada indikasi tindak kriminal, dua orang tuan calon siswa yang namanya hilang dari daftar PPDB 2022 di SMAN 1 Gondang, Sragen, melapor ke polisi.

Isu Pelecehan Seksual JKT48 di Mal Sukoharjo, Ini Tanggapan Pihak JKT48

Manajemen The Park Mall dan Manajemen JKT48 membantah isu pelecehan seksual member JKT48 di saat konser tur di The Park Mall Solo Baru beberapa waktu lalu.

Asyik! Gibran Akan Tambah Rute Bus BST Sampai Alun-Alun Karanganyar

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan akan menambah rute layanan bus BST Solo sampai ke alun-alun di pusat kota Karanganyar.

Manajemen The Park Mall Solo Baru Bantah Isu Pelecehan Seksual JKT48

The Park Mall melalui Bussiness and Marketing Director The Park Mall, Danny Johannes membantah kasus dugaan pelecehan seksual dalam acara konser tur JKt48 bertajuk 10th Anniversary Tour di The Park Mall

Gubernur Didesak Ambil Kebijakan Untuk Nasib 8 Siswa di Sragen

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, diminta mengambil kebijakan untuk menentukan nasib delapan siswa yang namanya tiba-tiba hilang di daftar PPDB SMAN1 Gondang, Sragen.

Maling Obrak-abrik Ladang Sayuran Petani di Matesih Karanganyar

Tanaman kol dan cabai di ladang petani Matesih, Kabupaten Karanganyar, jadi sasaran pencurian yang diketahui Minggu (3/7/2022). Kejadian ini bukan kali yang pertama.

Warga Grogol Korban Pantai Drini Dikenal Ramah dan Sederhana

Warga asal Dusun Jetis, Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Rini Hastuti, yang meninggal dunia saat wisata di Pantai Drini dikenal ramah dan sederhana.

Nama 8 Siswa Sragen Hilang, Panitia PPDB: Kode Pembajak dari Jatim

Panitia PPDB 2022 Provinsi Jawa tengah mendeteksi ada orang lain yang menggunakan akun milik calon siswa yang namanya hilang. Dari alamat IP, diketahui kodenya dari Jawa Timur.

Sudah Dimulai, Kontraktor Ungkap Skenario Pengerjaan Jembatan Mojo Solo

Kontraktor proyek rehab Jembatan Mojo, Solo, membeberkan skenario pengerjaan jembatan penghubung Solo dengan Sukoharjo tersebut.

Nama 8 Siswa di Sragen Tiba-Tiba Menghilang, Sekolah Lapor ke Provinsi

Nama delapan calon siswa SMAN 1 Gondang Sragen mendadak hilang dari daftar PPDB 2022 sekolah tersebut. Diduga ada orang yang membatalkan pendaftaran delapan siswa tersebut.

Tragis! Anak Semata Wayang Korban Pantai Drini Sebentar Lagi Menikah

Putra semata wayang wisatawan asal Grogol, Sukoharjo, yang menjadi korban terseret ombak di Pantai Drini, Gunungkidul, berencana menikah akhir bulan ini.

Ssstt...Bakal Ada Universitas Baru Lagi di Karanganyar Lur

Kabupaten Karanganyar akan kedatangan universitas baru. Pemkab tengah menyiapkan lahan 10 hektare untuk pembangunan gedung universitas negeri tersebut.